Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2

Materi Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2
Materi Desain Grafis

Dasar desain grafis merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah SMK untuk kompetensi keahlian Multimedia, Rekayasa perangkat lunak dan Teknik komputer dan jaringan. Mata pelajaran hanya ada di kelas 10, namun untuk menekuni lebih dalam kalian bisa masuk ke jurusan multimedia, karena jurusan ini akan naik level dalam mempelajari desain grafis.

Jika kita ingin fokus untuk editing foto atau gambar maupun video, sangat cocok kita ambil jurusan multimedia, karena jurusan ini fokus dalam hal tersebut. Untuk yang ingin fokus lebih dalam lagi khusus ke dalam editing foto saja sampai ke bagian print outnya sangat cocok jika kita mengambil jurusan desain grafika.

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang memanfaatkan elemen grafis, seperti gambar, teks, warna, dan sebagainya untuk menyampaikan informasi secara efektif. Contoh penerapan desain grafis selain pada kemasan produk, di antaranya poster, papan iklan, brosur, dan masih banyak lagi.

Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Kategori Desain Grafis

Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:

  1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer,          pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  2. Web Desain: desain untuk halaman web.
  3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
  4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional     yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
  5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

Mengetahui apa saja hasil karya desain grafis dan begitu pula arti desain grafis, saatnya kita akan memahas apa saja yang harus dikuasai pertama kali oleh seorang desainer grafis

1. Nirmana

Nirmana adalah ilmu yang mempelajari tentang elemen-elemen desain grafis beserta prinsip-prinsip desain grafis. Didalamnya kita akan mempelajari tentang garis, bentuk, ruang, tekstur, warna dan lain sebagainya.

2. Typografi

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

3. Pewarnaan

Pewarnaan penting bagi pencitraan hasil karya desin grafis, karena dengan warna seseorangan akan memahami estetika dari gambar yang kita buat. Warna masuk dalam ilmu nirmana tetapi sebegitu pentingnya sehingga pewarnaan saya buat point tersendiri.

4. Software
      
Software adalah pendukung dari apa yang bisa Anda hasilkan, dilihat dari bidangnya software desain terbagi menjadi dua sofware pengolah grafis 2 dimensi dan pengolah grafis tiga dimensi. Menurut medianya terbagi menjadi tiga, yaitu media cetak, digital dan multimedia.

5. Scetch
  
Lebih mudah dinamai dengan menggambar dengan tangan. Kemampuan menggambar tidak begitu mempengaruhi hasil karya Anda dalam bidang desain grafis, namun orisinalitas dalam menggambar manual akan sangat terasa dan efeknya adalah memudahkan Anda dalam mengolah karya desain menggunakan software.

6. Kemampuan umum

Kemampuan umum ini adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses membuat sebuah karya grafis. Kemampuan umum dalam bidang grafis seperti pengetahuan tentang website ( website grafis seperti flickr, deviantart dsb, website ecommerce untuk menjual karya desain dsb )

Pilar keilmuan yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis.
  1. Wawasan Teknologi
  2. Wawasan Sains
  3. Wawasan Seni
  4. Wawasan Sosial dan Budaya
  5. Wawasan Filsafat dan Etika

Prinsip Dasar Desain Grafis

Untuk menghasilkan desain yang baik, maka para desainer grafis haruslah memahami prinsip-prinsip desain grafis yang ada. Prinsip-prinsip tersebut bertujuan untuk membantu menghasilkan desain yang baik dan menarik.

Dengan menerapkan prinsip desain, maka desainer akan dengan mudah menggabungkan berbagai elemen atau menyatukan komposisi dalam sebuah tata letak, sehingga pesan dapat tersampaikan.

1. Kesatuan (Unity)

Prinsip pertama adalah kesatuan, yang memiliki arti sebegai salah satu prinsip dasar desain grafis yang sangat penting.

Apabila tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya desain akan terlihat kacau dan tidak sedap dipandangnya. Prinsip dari kesatuan dalam komposisi adalah semua bagian bentuk harus saling memiliki keterkaitan.

Keterkaitan bisa diciptakan dari sebuah bentuk lainnya yang saling menghubungkan seluruh bentuk tersebut atau disebut dengan prinsip hubungan.

Kesatuan membantu membuat elemen-elemen pada sebuah objek saling berdekatan, sehingga mereka akan terlihat bersatu/milik bersama.

2. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan secara visual diartikan sebagai suatu kondisi yang sama, baik itu secara horizontal (kanan-kiri) maupun vertikal (atas-bawah.)

Unsur keseimbangan desain meliputi bentuk, tekstur, nilai, ukuran, dan warna. Keseimbangan dalam sebuah desain, dibuat agar orang yang dapat dengan nyaman melihatnya.

Keseimbangan terbagi menjadi dua macam, yakni keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris.

  • Keseimbangan simetris (formal balance) adalah susunan elemen yang meratakan sisi pusat atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. Keseimbangan ini sifatnya sederhana dan formal.
  • Keseimbangan asimetris (informal balance) adalah pengaturan berbeda dengan berat yang sama dari komposisinya pada setiap sisi halaman. Keseimbangan asimetris biasanya banyak digunakan untuk desain kontemporer atau desain modern.

3. Proporsi (Proportion)

Desain juga harus memenuhi prinsip proporsi yakni perbandingan ukuran yang digunakan untuk membantu membandingkan panjang dan lebar, antara gambar dengan bidang gambarnya.

Untuk membuat desain yang proporsional, kalian bisa menggunakan kotak untuk membuat kerangka dengan margin, kolom, dan jarak sehingga membentuk suatu kekeserasian.

4. Irama (Rhythm)

Selanjutnya ada prinsip irama yang menjadi sebuah pola pengulangan terus menerus secara teratur, yang dibuat dari adanya unsur-unsur yang berbeda.

Irama dapat mengajak mata kita untuk mengikuti pergerakan objek. Dalam desain, prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulanya dari berbagai bentuk-bentuk indir rupa, yang menjadi kunci visual ritme.

5. Kontras

Tak kalah penting, terdapat hal untuk menghindari elemen desain dalam satu halaman yang terlihat sama atau serupa yang disebut dengan kontras.

Kontras diciptakan dari suatu hal yang berbeda, perbedaan tersebut bisa dilihat dari warna perbedaan ukuran sekarang bentuk dan lain sebagainya.

Terkadang, kontras menjadi visualisasi yang paling menarik perhatian orang dalam melihat sebuah halaman tersebut.

6. Harmoni

Selanjutnya ada prinsip harmoni atau keserasian yang memiliki fungsi sebagai faktor yang mengamankan agar suatu desain tidak terkesan terlalu raman.

Jika, kontras memberikan kesan kuat dan aktif sehingga menarik perhatian, harmoni justru akan menunjukan kesan pasif.

7. Penekanan (Emphasis)

Terakhir, desain perlu memiliki prinsip penekanan yang berarti suatu hal yang menjadi fokus atau yang mendapatkan perhatian pertama.

Pada bagian penekanan ini, tata letak merupakan kebutuhan yang penting untuk menarik pandangan orang.

Berikut Materi Pembelajaran Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2

Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis (DDG) merupakan mata pelajaran yang masuk ke dalam kelompok C2 sesuai Kurikulum K13 revisi tahun 2017 yang digunakan. Secara umum mata pelajaran DDG mempelajari tentang prinsip prinsip desain, cara membuat seuatu desain sampai pada tahap pembuatan Desain menggunakan Aplikasi Corel Draw X7.

Kompetensi Yang akan di pelajari  Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2

Bab 1 Menempatkan Unsur Tata Letak Garis, Ilustrasi, Tipografi, Warna, Gelap Terang, Tekstur, dan Ruang

A. Unsur-Unsur Tata letak / Pengertian Desain Grafis / Jenis Desain Grafis / Istilah Desain Grafis / Manfaat Menjadi Desainer Grafis

B. Unsur Penunjang Desain Grafis

Uji Kompetensi

Bab 2 Menempatkan Berbagai Fungsi dan Unsur Warna

A. Unsur Warna

B. Kombinasi Warna

C. Model Warna

D. Gamut Warna

Uji Kompetensi

Bab 3 Menerapkan Hasil Prinsip-Prinsip Tata Letak atau Layout

A. Pengertian dan Unsur Tata Letak (Layout) 

B. Prinsip Komposisi dan Tata Letak (Layout)

Uji Kompetensi

Bab 4 Menempatkan Berbagai Format Gambar

A. Konsep Format Gambar

B. Format Gambar Berbasis Bitmap

C. Format Gambar Berbasis Vektor

D. Format File Multimedia

Uji Kompetensi

Bab 5 Melakukan Proses Scanning Gambar/ Ilustrasi/Teks dengan Scanner

A. Pengetahuan tentang Scanner

B. Langkah-Langkah Scanning Dokumen

Uji Kompetensi 

Bab 6 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vector

A. Konsep Perangkat Lunak Grafis Berbasis Vektor

B. Jenis-Jenis Perangkat Lunak Berbasis Vektor

C. Pengenalan Tool Perangkat Lunak Berbasis Vektor

D. Pembuatan Logo dan Objek Sederhana dengan Tool-Tool CorelDraw

Uji Kompetensi 

Bab 7 Memanipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek

A. Cara Manipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek 

B. Menyimpan Hasil Desain

Uji Kompetensi 

Bab 8 Membuat Desain Berbasis Gambar Vektor

A. Produk-Produk Desain Grafis

B. Desain Poster

C. Langkah Membuat Desain CD/DVD Label

Uji Kompetensi

Bab 9 Membuat Desain Berbasis Gambar Bitmap

A. Konsep Perangkat Lunak Berbasis Bitmap

B. Pengenalan Perangkat Lunak Berbasis Bitmap

C. Manipulasi Gambar Berbasis Bitmap

D. Menyimpan Manipulasi Gambar Berbasis Bitmap

Uji Kompetensi

Bab 10 Memanipulasi Gambar Raster/Bitmap dengan Menggunakan Fitur Efek 

A. Konsep Fitur Efek pada Gambar Bitmap

B. Pengenalan Tool Pada Adobe Photosop

C. Jenis-Jenis Efek pada Teks

Uji Kompetensi

Bab 11 Membuat Desain Berbasis Gambar Bitmap (Raster)

A. Konsep Desain Berbasis Gambar Bitmap (Raster) 

B. Retouching Gambar Bitmap

C. Membuat Desain Foto Kolase

Uji Kompetensi 

Posting Komentar untuk "Materi Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2"