Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memanipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek

 

Memanipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek

Manipulasi gambar merupakan teknik memadukan gambar agar terlihat lebih menarik. Manipulasi vector menggabungkan gambar yang sudah ada sebelumnya namun dengan penambahan berupa teks, logo maupun ilustrasoi lainnya dalam sebuah gambar. Dalam kehidupan sehari-hari manipulasi adalah melakukan penambahan, persembunyian, penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah realitas.

Manipulasi gambar adalah aplikasi edit gambar yang menggunakan berbagai teknik menggunakan ilusi dan penipuan untuk membuat gambar menjadi lebih menarik (tidak dengan tambahan atau koreksi yah readers), menggunakan cara-cara analog dan digital. Pada digital editing, foto-foto biasanya akan diambil menggunakan kamera digital dan di input langsung pada komputer. Transparansi, atau foto cetakan juga bisa didigitalkan dengan menggunakan scanner, atau juga bisa dengan cara gambar diperoleh dari database stok dalam fotografi.

Dalam pengeditan atau pemanipulasian gambar biasanya digunakan beberapa aplikasi pendukung seperti photoshop, photo editing, photo card, photo grid dan lain-lain. Dalam aplikasi tersebut biasanya fitur-fitur yang disediakan sudah memadai, seperti fitur penggantian warna background menjadi warna-warna yang disukai, maka dalam aplikasi itu GReader sudah disediakan berbagai macam warna yang disukai pengguna. Tidak hanya ada pilihan warna tetapi aplikasi editor biasanya juga menyediakan berbagai tambahan seperti jenis tulisan dan berbagai emoji lainnya.. Dalam penggunaannya kita juga dapat menyisipkan sebuah foto pada foto yang kita edit tersebut. Aplikasi-aplikasi foto ini biasanya juga untuk mengedit sebuah template desain untuk web, biasanya aplikasi yang digunakan adalah aplikasi photoshop karena fiturnya yang sangat cocok dan lengkap untuk mendukung pengeditan.

Gambar Vektor adalah gambar yang terbuat dari unsur garis dan kurva. Sedangkan manipulasi gambar vektor adalah teknik yang dilakukan pada gambar yang sudah ada sebelumnya dengan menambahkan efek dan objek gambar lain yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu agar lebih menarik.

Ciri-ciri gambar vektor adalah sebagai berikut :

Ø  Terbentuk dari unsur garis dan kurva

Ø  Tidak terlihat pecah saat diperbesar

Ø  Kualitas gambar vektor tidak tergantung pada resolusi

Ø  Ukuran file gambar relatife kecil

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pengintegrasian manipulasi gambar pada perangkat lunak pengolah vektor adalah :

1.       Menjadikan gambar lebih menarik

2.       Memperindah gambar sesuai kebutuhan cetak

3.       Memperbaiki kualitas gambar

4.       Membuat gambar desain menyerupai gambar aslinya

5.       Menghasilkan efek sketsa pada objek

Perangkat lunak dalam pengolahan desain grafis dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu perangkat lunak berbasis raster dan perangkat lunak berbasis vector. Yang termasuk dalam perangkat lunak berbasis vector adalah Corel Draw, Adobe Illustrator, Macromedia Free Hand, dan Macromedia Flash.

Dasar Pembuatan Objek

Sebelum kita melakukan manipulasi kita harus mempelajari dasar-dasar fitur yang akan digunakan pada CorelDraw. Fitur ini berfungsi memudahkan kita dalam membuat, menghapus maupun memindahkan objek dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya kita simak materi berikut.

Dasar-dasar Objek Vektor

Jenis atau teknik yang sering digunakan dalam mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar adalah sebagai berikut :

1.    Line Art

Line art adalah seni grafis yang menggunakan unsur garis sebagai basic atau dasar untuk membuat ilustrasi.

2.    Tracing Foto

Tracing foto adalah proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector dengan fitur yang ada pada software.

3.    Anime Version

Teknik anime version adalah merubah foto menjadi mirip dengan tokoh kartun anime atau manga.

4.    Vector Art

Vector Art adalah membuat foto menjadi seperti kartun dan hasilnya hamper menyerupai seperti aslinya.

5.    Siluet Art

Siluet art adalah representasi dua dimensi dari garis besar objek sebagai guntingan atau menggambar konfigurasi dan diisi dengan warna (biasanya warna hitam), seperti sketsa bayangan yang membentuk sebuah objek, biasanya berupa sketsa wajah.

6.    Karikatur

Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Karikatur berasal dari kata Italia Caricare yang artinya memberi muatan atau melebih-lebihkan.

7.    Sketch Art

Sketch Art adalah lukisan sketsa berupa teknik merubah foto atau gambar menjadi sebuah sketsa.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang cara mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar dengan aplikasi Corel Draw, yang akan dibuat adalah teknik line art.

1.     Buka aplikasi Corel Draw

2.     Import file yang akan dijadikan vector line art


3.     Kemudian menggunakan Pen Tool Mulailah menggambar bagian objek pada wajah.

4.     Beri warna hitam pada bagian yang sudah dilukis dengan pen tool



5.     Setelah selesai melukis atau menyeleksi bagian wajah maka akan tercipta hasil gambar seperti di bawah ini.


6.     Kemudian lanjutkan dengan mengeksport file yang sudah dijadikan vector line art menjadi file dengan format lain.


7.     Hasil akhirnya dapat dilihat seperti di bawah ini.



Posting Komentar untuk "Memanipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek"