Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Perangkat Lunak Grafis Berbasis Vektor

 

Konsep Perangkat Lunak Grafis Berbasis Vektor

Perangkat Lunak Pengolah Grafis Berbasis Vektor

Ketika kita ingin mengolah sebuah gambar maupun desain, pastinya harus menggunakan sebuah aplikasi atau software yang mendukung.

Perangkat Lunak Pengolah Grafis Berbasis Vektor Sebagai berikut:

  • Software desain grafis berbasis bitmap

  • Adobe Photoshop

  • Corel Paint Shop Pro

  • Corel Photo-Paint

  • Adobe Illustrator

  • Adobe Indesign

Desain grafis berasal dari dua kata yaitu,desain dan grafis.kata “desain”yang berarti proses untuk mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Setelah itu “grafis”yang berarti titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.dengan demikian bisa disimpulkan bahwa desain grafis adalah: kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto, dan ilustrasi yag sangat membutuhkan pemikiran khusus untuk menggabungkan elemen-elemen tersebut,sehingga bias menghasilkan sesuatu yang berguna dan menarik dalam gambar tersebut.

Tipe-tipe desain grafis,pada dasarnya desain grafis mempunyai dua tipe yaitu :

  • Gambar berbasis bitmap

  • Gambar berbasis bitmap atau yang sering disebut raster terdiri atas sekumpulan titik-titik yang berdiri sendiri,dan mempunyai warna sendiri.gambar dengan format bitmap memerlukan ruang penyimpanan data yang relative besar, sebanding dengan ukuran dan revolusi gambar yang dimiliki.semakin besar revolusi gambar yang dimiliki gambar bitmap semakin besar juga ukuran file pada gambar tersebut.

  • Gambar berbasis vector

  • Gambar berbasis vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector.kumpulan dari beberapa garis dan kurva tersebut nantinya akan membentuk suatu obek dan gambar.

Software desain grafis berbasis bitmap

Desain grafis berbasis bitmap adalah sebuah desain yang dimana objek grafis atau gambarnya tersusun dari raster/pixel/dot sehingga jika gambar diperbesar maka akan tampak blur.

Secara singkat pengertian grafis berbasis bitmap seperti itu. Jika ingin membaca atau memahami lebih dalam lagi mengenai desain bitmap, anda bisa membaca pada artikel sebelumnya yang membahas secara lengkap tentang desain grafis bitmap.

Software yang biasanya digunakan mengolah grafis berbasis bitmap biasa dikenal dengan istilah Paint Software. File tipe yang dihasilkanpun juga bermacam macam.

Berikut macam software desain grafis pengolah bitmap:

Adobe Photoshop

Siapa yang tidak kenal dengan software yang satu ini. Sebagian besar masyarakat pasti sudah mengenal atau paling tidak mendengar aplikasi garapan Adobe ini.

Adobe Photoshop sebuah aplikasi yang termasuk keluarga adobe yang sudah sangat terkenal dan fenomenal dalam dunia desain. Software ini termasuk software pengolah desain grafis berbasis bitmap.

Photoshop merupakan sebuah software yang fokus mengolah foto dan gambar yang dimana fiturnya sangatlah lengkap dan hingga saat ini masih dikembangkan.

Tapi pada dasarnya software ini bukan untuk mengolah desain, melainkan untuk kebutuhan edditing foto dan juga gambar.

Tapi tidak sedikit para desainer yang menggunakan software ini untuk membuat desain, yang di antaranya membuat desain banner, stiker, logo dan lainnya.

Photoshop salah satu software yang direkomendasikan untuk mengolah desain berbasis bitmap. Tidak sedikit yang juga menggunakan photoshop untuk membuat desain.

Format file yang dihasilkan software ini juga bermacam macam di antaranya JPG, PNG, JPEG, JPE, dan masih banyak lainnya

Corel Paint Shop Pro

Software selanjutnya yaitu Corel Pain Shop Pro. Software ini merupakan sebuah aplikasi pengolah gambar yang dimana untuk menciptakan sebuah gambar yang indah.

Dengan menggunakan software ini, dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan edditing foto dan juga untuk pengolahan desain yang nantinya akan menghasilkan sesuatu yang profesional.

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Corel. Perusahaan tersebut mengklaim jika PaintShop Pro dibekali dengan teknologi koreksi gambar yang sangat kuat dan begitu sempurna, atau Athentech Imaging yang terkenal.

Banyak keunggulan keunggulan dari software ini salah satunya yaitu software yang sering digunakan untuk mengolah bitmap pada waktunya. Selain itu file tipe yang dihasilkan juga bermacam macam.

Corel Photo-Paint

Software selanjutnya yaitu Corel Photo-Paint. Aplikasi ini masih satu perusahaan pembuatannya dengan software sebelumnya. Dengan software ini dapat mengolah gambar yang berbasis bitmap.

Corel Photo Paint merupakan software yang dikhususkan untuk edditing foto/gambar dan dapat membuat efek seperti pada Adobe Photoshop.

Software ini sering kali digunakan oleh para fotografer digital dan juga sebuah perusahaan periklanan. Perangkat ini biasanya dijual satu pake dengan produk lain, salah satunya Corel Draw.

Banyak sekali efek efek yang dapat dibuat dengan software ini. Tidak kalah bagus nya dengan efek efek yang terdapat pada Photoshop, dan file tipe yang dihasilkan juga bermacam-macam.

GIMP

GIMP adalah sebuah perangkat lunak yang befungsi untuk mengedit sebuah foto. Software ini dapat di download dengan gratis.

Beda halnya dengan Corel ataupun Photoshop yang harus membayar dulu agar dapat menikmati semua fiturnya. Tapi tidak dengan aplikasi yang satu ini. Anda dapat menikmati semua fitur yang ada dengan gratis.

Software Gimp termasuk salah satu software yang mendukung untuk mengolah sebuah gambar bitmap. Dengan fitur yang bermacam macam dan juga pemaikan yang mudah software ini sangat rekomendasi.

Selain itu karna software ini gratis atau tidak berbayar jadi software ini sering digunakan oleh para editor. Baik yang menggunakan untuk keperluan komersil ataupun keperluan pribadi.

Awalnya software ini dikembangkan hanya untuk desktop X11 yang berjalan pada sistem operasi Linux. Tapi setelah dikembangkan lagi akhirnya software ini sudah dapat digunakan pada sistem operasi lainnya, seperti windows dan juga Mac.


Software desain grafis berbasis vektor

Desain grafis berbasis vektor adalah suatu objek gambar yang dimana menggunakan sebuah titik koordinat dan rumus tertentu. Sehingga ketika gambar di perbesar maka tidak akan pecah.

Banyak keunggulan yang didapat ketika melakukan pengolahan desain vektor. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis desain ini, anda dapat membaca pada artikel yang sudah dibuat di situs ini mengenai pengertian desain grafis berbasis vektor.

Setiap mengolah gambar pastinya butuh sebuah software yang mendukung. Sama halnya ketika ingin mengolah desain berbasis vektor butuh sebuah software yang memumpuni atau memiliki fitur fitur yang mendukung.

Beriku macam macam software pengolah desain grafis berbasis vektor yang sering digunakan:

Adobe Illustrator

Jika pada desain bitmap ada Adobe Photoshop maka pada vektor terdapat Adobe Illustrator. Adobe Illustrator merupakan salah satu software pengola desain vektor yang hingga saat ini makin banyak penggunanya.

Software ini merupakan software yang dibuat oleh perusahaan Adobe. Perangkat ini sangatlah mendukung untuk mengolah sebuah desain berbasis vektor.

Dengan fitur yang sangat lengkap dan memiliki kuatlitas yang sangat bagus bukan hal yang langka jika software ini banyak digunakan oleh para desainer.

Sebagian besar client, baik dari dalam negri ataupun luar negri sudah pada meminta file berekstensi Ilustrator, maka dari itu para freelancer desain sebagian besar sudah pindah menggunakan Adobe Ilustrator ini.

Dengan software ini berbagai desain dapat di buat, dengan fitur yang sangat mendukung inilah yang membuat Adobe Ilustrator mudah digunakan.

File tipe yang dihasilkan oleh software ini juga bermacam macam, selain itu dengan software ini dapat mendesain sebuah web.

Corel Draw

Software pengola desain berbasis vektor yang kedua yaitu Corel Draw. Aplikasi ini merupakan aplikasi dengan berbagai fitur yang tidak kalah lengkap dengan Ilustrator, software ini juga termasuk software yang sering digunakan untuk mengolah sebuah desain berbasis vektor.

Pengertian secara umumnya Corel Draw adalah sebuah software atau perangkat luna yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini awal dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Corel yang berlokasi di Ottawa, Kanada.

Corel Draw sendiri memliki fungsi dan kegunaan yang paling penting untuk mengolah sebuah gambar. Oleh karna itu software ini sering kalidigunakan untuk pekerjaan dalam bidang desain, publikasi atau, percetakan dan juga berbagai pekerjaan lainnya yang membutuhkan proses visualisasi.

Dengan software ini dapat membuat berbagai macam desain yang diantaranya, desain logo, WPAP, Banner, Kaos, Vektor wajah dan masih banyak lainnya.

Adobe Indesign

Software pengolah desain vektor selanjutnya yakni Adobe Indesign. Software ini juga termasuk software yang hingga saat ini banyak digunakan oleh para desainer.

Tidak bisa dipungkiri lagi jika perusahaan Adobe mengeluarkan berbagai perangkat lunak yang sangat berfungsi atau mempermudah sebuah pekerjaan, salah satunya software ini yang juga termasuk produk buatan Adobe.

Dari segi penggunaan, Adobe indesign sangat mudah digunakan dan juga lebih baik dari software yang serupa.

Bisa dibuktikan banyak para desainer yang baru menggunakan software ini tidak perlu waktu yang banyak untuk beradaptasi. Jadi software ini sangat mudah dioprasikan dan sudah banyak tutorial cara penggunanyaa.

Dalam software Adobe Indesign banyak fitur fitur yang sangat mendukung dan mudah digunakan. Selain itu dengan software ini juga dapat membuat berbagai desain, dan format file yang dihasilkannya pun juga bermacam macam.

Inkscape

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak pengolah gambar atau desain berbasis vektor. Software ini dibuata atau dibawah lisensi GNU GPL, yang dimana bersifat gratis tanpa biaya apapun jika ingin menggunakan software ini.

Walaupun software ini gratis dan dibawah lisensi GNU tapi software ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Mac OS, Unix, dan Windows.

Tetapi software ini bisa dibilang dengan software yang belum sempurna. Masih banyak kekurangan yang ada pada software ini.

Tapi walaupun begitu software ini termasuk software yang sering digunakan karna bersifat gratis. Beda hal nya dengan software pengola desain vektor yang lainnya yang perlu membayar perbulannya.


Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa macam software desain grafis terbaik berbasis vektor dan bitmap.

Dari beberapa software tersebut bisa disimpulkan bahwa masih banyak perangkat lunak pengola desain lainnya.

Tapi software di atas merupakan software yang paling sering digunakan pada saat ini, dan bisa dibilang mudah dioprasikan.

Posting Komentar untuk "Konsep Perangkat Lunak Grafis Berbasis Vektor"