Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Label DVD dengan Corel Draw

Langkah Membuat Desain CD/DVD Label

Untuk Desain Label CD/DVD tentunya tidak hanya menarik tapi juga kita harus tau ukuran agar saat di cetak yang keluar bisa sesuai hasil yang maksimal. Banyak tools-tools yang bisa untuk membuat label CD yang menarik namun kebanyakan prosesnya juga ada yang sedikit memakan waktu.

Ukuran Desain Label CD/DVD. 

CD atau DVD merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk menyimpan data pada komputer yang sangat fleksibel karena bisa dibawa kemana mana.

Akan tetapi media penyimpanan ini memiliki kelemahan, yaitu jika CD/DVD tersebut ada goresan atau patah maka akan menimbulkan masalah yang berakibat fatal, sehingga CD/DVD tersebut menjadi error atau tidak bisa dibaca oleh komputer.

Maka dari itu kita harus memanfaatkan fungsi dari Cover Box Label pada CD/DVD yang biasa digunakan untuk melindungi bagian CD/DVD supaya terhindar dari kerusakan yang diakibatkan oleh benturan maupun goresan pada CD/DVD.

Selain itu Desain Label CD/DVD juga sering digunakan untuk memberikan label atau sampul pada CD atau DVD supaya lebih mudah untuk membedakan dengan dokumen pada CD/DVD lainnya jika diarsipkan maupun untuk dikoleksi.

Meskipun demikian, baik itu CD-R, CD-RW ataupun DVD memiliki kelemahan, apabila terkena goresan pada bagian bawah CD maka media penyimpanan tersebut akan rusak dan eror sehingga tidak bisa lagi terbaca oleh komputer.

Maka dari itu biasanya CD atau DVD yang berisi file penting akan disimpan kedalam Cover Box. Selain itu fungsi lain dari Cover Box adalah untuk memberikan label CD sehingga kita dapat dengan mudah untuk membedakannya dengan isi file CD lainnya.

Untuk membuat ukuran Desain Label CD/DVD ataupun kaset CD/DVD, kita harus mengetahui ukuran kertasnya agar saat kita print tidak terjadi kesalahan. Untuk mengetahui ukuran Cover CD/DVD yang pas maka harus memilih cover yang paling umum digunakan. Meskipun demikian, baik itu CD-R, CD-RW ataupun DVD memiliki kelemahan, apabila terkena goresan pada bagian bawah CD maka media penyimpanan tersebut akan rusak dan eror sehingga tidak bisa lagi terbaca oleh komputer.

Maka dari itu biasanya CD atau DVD yang berisi file penting akan disimpan kedalam Cover Box. Selain itu fungsi lain dari Cover Box adalah untuk memberikan label CD sehingga kita dapat dengan mudah untuk membedakannya dengan isi file CD lainnya.

Untuk membuat ukuran label pada Cover Box ataupun kaset CD/DVD, kita harus mengetahui ukuran kertasnya agar saat kita print tidak terjadi kesalahan. Untuk mengetahui ukuran Cover CD/DVD yang pas maka harus memilih cover yang paling umum digunakan. 

Mengatur Ukuran Desain Label CD/DVD Di Software Corel Draw, Adobe Illustrator Dan Adobe Photoshop

Cara Membuat Label CD menggunakan Corel Draw

Label CD merupakan stiker atau kertas yang di tempelkan di bagian atas CD, Biasanya CD di beri Label untuk kepentingan suatu Projek seperti Label CD Projek Skripsi, CD Game, CD Aplikasi dan lain sebagainya. Label CD bisa di buat menggunakan corel draw dengan membuat beberapa lingkaran yang kemudian di gabungkan.

Berikut Membuat Label CD:

  1. Buka CorelDraw nya, Dalam tutorial ini saya menggunakan CorelDraw X7
  2. Buatlah Halaman kerja dengan ukuran kertas A4 (bisa dengan ukuran yang lain)
  3. Kemudian Buatlah 4 Buah Lingkaran Dengan Ukuran

            - Lingkaran 1 = 12 x 12 Cm

            - Lingkaran 2 = 11.7 x 11.7 Cm

            - Lingkaran 3 = 3.7 x 3.7 Cm

            - Lingkaran 4 = 1.5 x 1.5 Cm

Perhatikan Gambar di bawah ini :

            - Untuk pengukurannya seperti pada gambar di atas, jadi kalian hanya membuat lingkaran                       kemudian sesuaikan ukurannya

            - Kemudian setelah selesai membuat ke 4 lingkaran, langkah selanjutnya adalah menyatukan ke               4 lingkaran tersebut seperti pada gambar di atas.

4. Setelah semua lingkaran di satukan maka Desain awal Label CD selesai di buat.

5. Untuk Mempercantik Tampilannya, kalian bisa menambahkan Text ataupun Gambar ke dalam desain tersebut (sesuaikan dengan kebutuhan)

6. Kemudian Tempatkan hasil Desain kalian di bagian Kertas Kerja Kemudian Print.

* Sebagai Catatan, Pada gambar di atas terlihat hasil gabungannya berada di luar kertas kerja maka kalian harus memindahkannya ke bagian kertas kerja. JIka tidak? maka tidak akan tercetak.

Tahapan di atas merupakan Langkah-langkah dalam membuat Label CD, Label CD ini bisa dan sangat di anjurkan untuk kalian yang sedang membuat Projek Skripsi ataupun Projek yang lainnya. Karna dengan menggunakan Label CD Kalian akan mendapatkan nilai tambah atas projek yang kalian kerjakan. Kemudian Dalam Projek yang akan kalian jual juga harus menggunakan Label CD karna itu bisa membuat daya tarik pelanggan semakin baik.

Lebih lengkapnya Desain Label CD/DVD dibawah ini:

Tekan Ctrl+N untuk membuat kanvas kerja baru dengan ukuran A4.

Ganti ukuran unit kerja menjadi centimeter.

Pilih Ellipse Tool atau tekan F7.

Klik-tahan Ellipse Tool dan tarik secara diagonal sambil menekan Ctrlagar terbentuk lingkaran yang sempurna.

Pastikan objek lingkaran masih dalam keadaan terpilih. Di Properti Bar, ganti ukuran diameter lingkaran menjadi 11,8 cm x 11,8 cm lalu tekanEnter. Setelah itu tekan P, untuk menempatkan lingkaran tersebut tepat di tengah kanvas kerja.

Tekan Ctrl+I dan imporlah sebuah gambar. Sebagai contoh lihat di bawah ini:

Pastikan gambar yang kita impor masih dalam keadaan terpilih. Di Menu Bar klik Effects>PowerClip>Place Inside Container. Setelah kursor berubah menjadi tanda panah, klik di sisi area lingkaran untuk memasukkan ke dalamnya.

Di Menu Bar klik Effects>PowerClip>Edit Contents.

Klik gambar yang kita import tadi. Sesuaikan ukuran dan penempatan posisinya. Bila telah sesuai, tekan P untuk menempatkannya di tengah kanvas kerja. Akhiri dengan menekan Effects>PowerClip>Finish Editing This Level di Menu Bar.

Pilih Pick Tool di Toolbox. Klik objek lingkaran, kemudian klik Outline Pendan pilih No Outline untuk menghilangkan outline lingkaran.



Buat objek lingkaran yang baru dengan ukuran 11 cm x 11 cm. Tekan F12. Dalam kotak dialog Outline Pen, pilih Color dengan warna putih dan isiWidth: 2.0 pt. Tekan OK. Setelah itu tekan P untuk menempatkannya di tengah kanvas kerja.

Buat lagi sebuah lingkaran dengan ukuran 10.7 cm x 10.7 cm. Tekan F12. Dalam kotak dialog Outline Pen, pilih Color dengan warna putih dan isiWidth: 1.0 pt. Tekan OK. Setelah itu tekan P untuk menempatkannya di tengah kanvas kerja.

Buat lagi sebuah lingkaran dengan ukuran 1.8 cm x 1.8 cm. Isi dengan warna putih dan hilangkan outline-nya. Kemudian tekan P untuk menempatkannya di tengah kanvas kerja.

Anda bisa menambahkan teks dan gambar lainnya. Hasil akhir nantinya kira-kira seperti gambar di bawah ini.


Posting Komentar untuk "Desain Label DVD dengan Corel Draw"