Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Tool Pada Adobe Photoshop

 

Pengenalan Tool Pada Adobe Photoshop

Photoshop merupakan sebuah software komputer yang bisa di gunakan untuk melakukan edit foto mulai dari edit foto secara sederhana hingga edit foto dengan teknik – teknik yang rumit. Nah untuk kamu yang ingin mahir dalam menggunakan Photoshop, tentu saja kamu harus mengetahui tools – tools pada Photoshop

Karena mengetahui tools – tools pada Photoshop merupakan salah satu hal paling dasar yang harus kamu ketahui jika kamu sering menggunakan software Photoshop ini. Tools tersebut merupakan alat atau fitur yang bisa membantu kamu dalam menggunakan Photoshop.

Misalnya saja pada saat kita hendak membangun sebuah bangunan, maka kita memerlukan peralatan yang mendukung misalnya saja skop, cangkul, ember, dan lain sebagainya. Begitu juga jika kita ingin membuat sebuah desain pada Photoshop.

Tentu saja kita memerlukan bantuan alat – alat yang mendukung misalnya saja Moving tool yang berfungsi untuk memilih atau memindahkan objek. Marquee tool yang berfungsi untuk menyeleksi objek yang kita inginkan, dan masih banyak lainnya.

Photoshop dan fungsi dari masing-masing tools

Toolbar adalah tempat Photoshop menyimpan banyak tools yang harus kita gunakan untuk keperluan desain . Ada tools untuk membuat pilihan, untuk memotong dan memperbaiki gambar, untuk menambahkan bentuk, dan banyak lagi!

Kita akan mulai dengan mempelajari toolbar, termasuk bagaimana toolbar diatur dan bagaimana mengakses banyak tools yang tersembunyi di dalamnya. Kemudian kita akan melihat setiap tools di toolbar dengan fungsinya.

Fungsi Tool Photoshop

Hampir semua tools pada Photoshop mempunyai subtools kecuali Move tool dan tentu saja setiap tools mempunyai fungsi yang lebih spesifik lagi. Penasaran apa saja tools pada Photoshop dan juga fungsi tool di photoshop. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Toolbar Photoshop

Toolbar Photoshop terletak di sepanjang kiri layar:


Secara default, toolbar muncul sebagai kolom tunggal yang panjang. Tapi itu bisa diperluas menjadi kolom ganda yang lebih pendek dengan mengklik panah ganda di bagian atas. Klik panah ganda lagi untuk kembali ke toolbar kolom tunggal:



Layout Tools Photoshop

Mari kita lihat bagaimana toolbar Photoshop diatur. Meskipun tampaknya tools tersebut terdaftar secara acak, sebenarnya ada urutan logis, dengan tools terkait yang dikelompokkan bersama.

Di bagian atas, Photoshop memiliki Move and Selection tools. Dan tepat di bawahnya adalah Crop and Slice tools. Di bawah ini adalah Measurement tools, diikuti oleh Retouching and Painting tool.

Berikutnya adalah Drawing and Type tools. Dan akhirnya, memiliki Navigation tools di bagian bawah:


Tools Photoshop Tersembunyi pada Toolbar

Setiap tools di toolbar diwakili oleh ikon, dan ada lebih banyak tool yang tersedia. Panah kecil di sudut kanan bawah ikon tools berarti ada lebih banyak tools yang bersembunyi di baliknya:

Untuk melihat tools tambahan, klik dan tahan ikon. Atau klik kanan (Win) / Control-klik (Mac) pada ikon. Menu fly-out akan membuka daftar tools yang tersedia.

Misalnya, jika Anda mengklik dan menahan ikon Rectangular Marquee Tool, menu fly-out memberi tahu Anda bersama dengan tools tersebut terdapat Elliptical Marquee Tool, Single Row Marquee Tool, dan Single Column Marquee Tool yang dikelompokkan.

Untuk memilih salah satu tools tambahan, klik namanya dalam daftar. Kita akan memilih Elliptical Marquee Tool:


Default Tools Photoshop

Tools yang awalnya ditampilkan di setiap tempat di toolbar dikenal sebagai default tool. Misalnya, Rectangular Marquee Tool adalah default tool untuk tempat kedua dari atas. Tapi Photoshop tidak selalu menampilkan default tools. Sebagai gantinya, akan menampilkan tools terakhir yang Anda pilih.

Perhatikan bahwa setelah memilih Elliptical Marquee Tool dari menu fly-out, Rectangular Marquee Tool tidak lagi ditampilkan di toolbar. Elliptical Marquee Tool telah menggantikannya

Untuk memilih Rectangular Marquee Tool pada titik ini, Anda perlu mengklik dan menahan, atau klik kanan (Win) / Control-klik (Mac), pada ikon Elliptical Marquee Tool. Kemudian Anda bisa memilih Rectangular Marquee Tool dari menu:


Tool Photoshop dan Fungsinya

Jadi sekarang kita telah mempelajari bagaimana toolbar Photoshop diatur, mari kita lihat tools itu sendiri. Di bawah ini adalah ringkasan dari masing-masing tools Photoshop, dengan deskripsi singkat tentang fungsi masing-masing tools. Tools tersebut terdaftar secara berurutan dari atas ke bawah.

Tanda bintang (*) setelah nama tools menunjukkan default tools, dan huruf dalam kurung adalah shortcut keyboard untuk mengakses tools secara cepat. Untuk menelusuri tools dengan shortcut keyboard yang sama, tekan dan tahan Shift saat Anda menekan huruf tersebut.

Move and Selection tools

Ikon Tools
Nama Tools dan Fungsi
Move Tool * ( V )

Move Tool digunakan untuk memindahkan layer, seleksi, dan panduan dalam dokumen Photoshop. Aktifkan “Auto-Select” secara otomatis memilih lapisan atau grup yang Anda klik.

Artboard Tool ( V )

Artboard Tool memungkinkan Anda mendesain beberapa web atau UX (user experience) dengan mudah untuk berbagai perangkat atau ukuran layar.

Rectangular Marquee Tool * ( M )

Rectangular Marquee Tool menarik garis seleksi persegi panjang. Tekan dan tahan Shift saat Anda menyeret untuk menggambar pilihan persegi.

Elliptical Marquee Tool ( M )

Elliptical Marquee Tool menarik garis seleksi elips. Tekan dan tahan Shift untuk menggambar pilihan dalam lingkaran sempurna.

Single Row Marquee Tool

Single Row Marquee Tool di Photoshop memilih satu baris piksel pada gambar dari kiri ke kanan.

Single Column Marquee Tool

Gunakan Single Column Marquee Tool untuk memilih satu kolom piksel dari atas ke bawah.

Lasso Tool * ( L )

Dengan Lasso Tool, Anda dapat menggambar garis seleksi bentuk bebas di sekitar objek.

Polygonal Lasso Tool ( L )

Klik di sekitar objek dengan Polygonal Lasso Tool untuk mengelilinginya dengan garis seleksi poligonal bermata lurus.

Magnetic Lasso Tool ( L )

Lasso Tool Magnetic terkunci garis seleksi ke tepi objek saat Anda memindahkan kursor mouse Anda di sekitarnya.

Object Selection Tool * ( W )

Object Selection Tool memungkinkan Anda memilih salah satu objek hanya dengan menyeret garis seleksi kasar di sekitar itu.

Quick Selection Tool ( W )

Quick Selection Tool memungkinkan Anda memilih salah satu objek hanya dengan lukisan di atasnya dengan brush. Aktifkan “Auto-Enhance” di Options Bar untuk pilihan kualitas yang lebih baik.

Magic Wand Tool ( W )

Magic Wand Tool Photoshop memilih area dengan warna yang sama dengan satu klik. Nilai “Toleransi” di Options Bar mengatur rentang warna yang akan dipilih.

 

Crop & Slice tools

Ikon Tools
Nama Tools dan Fungsi
Crop Tool * ( C )

Gunakan Crop Tool di Photoshop untuk memotong gambar dan menghapus area yang tidak diinginkan. Hapus centang “Delete Cropped Pixels” di Option Bar untuk memotong dan tidak merusak gambar.

Perspective Crop Tool ( C )

Gunakan Perspective Crop Tool untuk memotong gambar dan memperbaiki distorsi umum atau masalah perspektif.

Slice Tool ( C )

Slice Tool membagi gambar atau layout menjadi bagian yang lebih kecil (irisan) yang dapat diekspor dan dioptimalkan secara terpisah.

Slice Select Tool ( C )

Gunakan Slice Select Tool untuk memilih irisan individu yang dibuat dengan Slice Tool.

Frame Tool * ( K )

Baru pada Photoshop CC 2019, Frame Tool memungkinkan Anda menempatkan gambar ke dalam bentuk persegi panjang atau elips.


Measurement Tools

Ikon Tools
Nama Tools dan Fungsi
Eyedropper Tool * ( I )

Eyedropper Tool Photoshop mengambil sampel warna dalam sebuah gambar. Tingkatkan “Ukuran Sampel” di Options Bar untuk representasi warna area sampel yang lebih baik.

3D Material Eyedropper Tool ( I )

Gunakan 3D Material Eyedropper Tool untuk mengambil sampel bahan dari model 3D di Photoshop.

Color Sampler Tool ( I )

Color Sampler Tool menampilkan nilai warna untuk area yang dipilih (diambil sampelnya) dalam gambar. Hingga empat area dapat dijadikan sampel sekaligus. Lihat informasi warna di panel Info Photoshop.

Ruler Tool ( I )

Ruler Tool mengukur jarak, lokasi, dan sudut. Bagus untuk memposisikan gambar dan elemen tepat di tempat yang Anda inginkan.

Note Tool ( I )

Note Tool memungkinkan Anda untuk melampirkan catatan berbasis teks ke dokumen Photoshop Anda, baik untuk diri sendiri atau orang lain yang mengerjakan proyek yang sama. Catatan disimpan sebagai bagian dari file .PSD.

Count Tool ( I )

Gunakan Count Tool untuk menghitung secara manual jumlah objek dalam gambar, atau agar Photoshop secara otomatis menghitung beberapa area yang dipilih dalam gambar.

 

Retouching dan Painting tools

Ikon Tools
Nama Tools dan Fungsi
Spot Healing Brush Tool * ( J )

Spot Healing Brush di Photoshop cepat menghilangkan noda dan daerah kecil lainnya dalam sebuah gambar. Gunakan ukuran kuas sedikit lebih besar dari noda untuk hasil terbaik.

Healing Brush Tool ( J )

Healing Brush memungkinkan Anda memperbaiki masalah daerah yang lebih besar dalam sebuah gambar dengan mengecat atas mereka. Tahan Alt (Windows) / Option (Mac) dan klik untuk mengambil sampel tekstur yang baik, lalu cat di atas area untuk memperbaikinya.

Patch Tool ( J )

Dengan Patch Tool gambarkan garis seleksi bentuk bebas di sekitar area masalah. Kemudian perbaiki dengan menyeret garis seleksi di atas area dengan tekstur yang lebih baik.

Content-Aware Move Tool ( J )

Gunakan Content-Aware Move Tool untuk memilih dan memindahkan bagian dari gambar ke area yang berbeda. Photoshop secara otomatis mengisi lubang di tempat asli menggunakan elemen dari area sekitarnya.

Red Eye Tool ( J )

Red Eye Tool menghilangkan masalah mata merah yang umum pada foto yang dihasilkan dari lampu kilat kamera.

Brush Tool * ( B )

Brush Tool adalah alat lukisan utama Photoshop. Gunakan untuk melukis sapuan kuas pada layer atau pada layer mask.

Pencil Tool ( B )

Pencil Tool adalah alat melukis Photoshop lainnya. Sementara Brush Tool bisa melukis sapuan kuas dengan tepi lembut, Pencil Tool melukis dengan tepi yang keras.

Color Replacement Tool ( B )

Gunakan Color Replacement Tool di Photoshop untuk mengganti warna objek dengan warna yang berbeda dengan mudah.

Mixer Brush Tool ( B )

Berbeda dengan Brush Tool standar, Mixer Brush di Photoshop dapat mensimulasikan elemen lukisan nyata seperti mencampur dan menggabungkan warna.

Clone Stamp Tool * ( S )

Clone Stamp Tool adalah yang paling dasar dari retouching tool Photoshop. Ini sampel piksel dari satu area gambar dan melukisnya di atas piksel di area lain.

Pattern Stamp Tool ( S )

Gunakan Pattern Stamp Tool untuk melukis pola di atas gambar.

History Brush Tool * ( Y )

History Brush Tool melukis snapshot dari langkah sebelumnya (status history) ke versi gambar saat ini. Pilih status sebelumnya dari panel History.

Art History Brush Tool ( Y )

Art History Brush juga melukis snapshot dari status sejarah sebelumnya ke dalam gambar, tetapi melakukannya menggunakan sapuan kuas.

Eraser Tool * ( E )

Eraser Tool di Photoshop secara permanen menghapus piksel pada layer, juga dapat digunakan untuk melukis dalam keadaan history sebelumnya.

Background Eraser Tool ( E )

Background Eraser Tool menghapus area warna yang sama dalam sebuah gambar dengan mengecat atas mereka.

Magic Eraser Tool ( E )

Magic Eraser Tool mirip dengan Magic Wand Tool karena memilih area dengan warna yang sama dengan satu klik. Tapi Magic Eraser Tool secara permanen menghapus area tersebut.

Gradient Tool * ( G )

Gradient Tool Photoshop menggambar campuran bertahap antara beberapa warna. Gradient Editor memungkinkan Anda membuat dan menyesuaikan gradien Anda sendiri.

Paint Bucket Tool ( G )

Paint Bucket Tool mengisi area dengan warna yang sama dengan warna Foreground atau pola Anda. Nilai “Toleransi” menentukan rentang warna yang akan terpengaruh di sekitar area yang Anda klik.

3D Material Drop Tool ( G )

Digunakan dalam pemodelan 3D, Alat Drop Bahan 3D memungkinkan Anda mengambil sampel bahan dari satu area dan kemudian menjatuhkannya ke area lain dari model, mesh atau 3D layer.

Blur Tool *

Alat Blur mengaburkan dan melembutkan area yang Anda cat dengan alat ini.

Sharpen Tool

Sharpen Tool mempertajam area yang Anda cat.

Smudge Tool

Smudge Tool di Photoshop mencoreng dan mencoreng area yang Anda cat. Ini juga dapat digunakan untuk membuat efek lukisan jari.

Dodge Tool * ( O )

Lukis di atas area gambar dengan Dodge Tool untuk mencerahkannya.

Burn Tool ( O )

Burn Tool akan menggelapkan area yang Anda cat.

Sponge Tool ( O )

Cat di atas area dengan Sponge Tool untuk menambah atau mengurangi saturasi warna.

 

Drawing dan Type tools

Ikon Tools
Nama Tools dan Fungsi
Pen Tool * ( P )

Pen Tool Photoshop memungkinkan Anda menggambar path, bentuk vektor, atau pilihan yang sangat presisi.

Freeform Pen Tool ( P )

Freeform Pen Tool memungkinkan Anda menggambar path atau bentuk dengan tangan bebas. Titik jangkar secara otomatis ditambahkan ke path saat Anda menggambar.

Curvature Pen Tool ( P )

Lengkung Pen Tool adalah lebih mudah, versi sederhana dari Pen Tool. Baru pada Photoshop CC 2018.

Add Anchor Point Tool

Gunakan Add Anchor Point Tool untuk menambahkan anchor point tambahan di sepanjang path.

Delete Anchor Point Tool

Klik pada titik jangkar yang ada di sepanjang path dengan Delete Anchor Point Tool untuk menghapus titik tersebut.

Convert Point Tool

Pada sebuah path, klik pada titik jangkar yang mulus dengan Convert Point Tool untuk mengubahnya menjadi titik sudut. Klik titik sudut untuk mengubahnya menjadi titik halus.

Horizontal Type Tool * ( T )

Dikenal hanya sebagai Type Tool di Photoshop, gunakan Horizontal Type Tool untuk menambahkan tipe standar ke dokumen Anda.

Vertical Type Tool ( T )

Menambahkan tipe secara vertikal dari atas ke bawah.

Vertical Type Mask Tool ( T )

Vertical Type Mask Tool membuat garis seleksi dalam bentuk tipe vertikal.

Horizontal Type Mask Tool ( T )

Horizontal Type Mask Tool membuat garis seleksi dalam bentuk tipe. Namun, jenisnya ditambahkan secara horizontal bukan vertikal.

Path Selection Tool * ( A )

Gunakan Path Selection Tool (panah hitam) di Photoshop untuk memilih dan memindahkan seluruh path sekaligus.

Direct Selection Tool ( A ) 

Gunakan Direct Selection Tool (panah putih) untuk memilih dan memindahkan segmen path individual, titik jangkar, atau arah.

Rectangle Tool * ( U )

Rectangle Tool menarik bentuk vektor persegi panjang, path atau bentuk pixel. Tekan dan tahan Shift saat Anda menyeret untuk memaksa bentuk menjadi persegi yang sempurna.

Rounded Rectangle Tool ( U )

Rounded Rectangle Tool mirip dengan Rectangle Tool tapi menarik bentuk dengan sudut membulat. Tekan dan tahan Shift untuk menggambar persegi dengan sudut membulat.

Ellipse Tool ( U )

Ellipse Tool menarik bentuk vektor elips, path atau bentuk pixel. Tekan dan tahan Shift saat Anda menyeret untuk menggambar lingkaran sempurna.

Triangle Tool ( U )

Triangle Tool, baru di Photoshop CC 2021, menggambar bentuk segitiga. Tahan Shift untuk menggambar segitiga sama sisi, atau gunakan opsi Radius untuk membulatkan sudut.

Polygon Tool ( U )

Polygon Tool, diperbarui di Photoshop CC 2021, menarik bentuk poligonal. Gunakan opsi Star Ratio untuk mengubah poligon menjadi bintang.

Line Tool ( U )

Line Tool, diperbarui di Photoshop CC 2021, menarik garis lurus atau panah. Gunakan warna dan bobot Stroke untuk mengontrol tampilan garis.

Custom Shape Tool ( U )

Memungkinkan Anda memilih dan menggambar bentuk khusus. Pilih dari bentuk kustom bawaan Photoshop atau membuat sendiri.


Navigation Tools Photoshop

Ikon Tools
Nama Tools dan Fungsi
Hand Tool * ( H )

Memungkinkan Anda klik dan drag gambar di sekitar di layar untuk melihat daerah yang berbeda ketika diperbesar.

Rotate View Tool ( R )

Gunakan Rotate View Tool di Photoshop untuk memutar kanvas sehingga Anda dapat melihat dan mengedit gambar dari berbagai sudut.

Zoom Tool * ( Z )

Klik pada gambar dengan Zoom Tool untuk memperbesar area tertentu. Tekan dan tahan Alt (Win) / Option (Mac) dan klik dengan Zoom Tool untuk memperkecil.

Sumber: pinhome.id 


Posting Komentar untuk "Pengenalan Tool Pada Adobe Photoshop"