Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyunting Video

 

Menyunting video dengan menggunakan perangkat lunak pengolah video

Pada kesempatan pertemuan kali ini saya akan menjelaskan pembahasan mata pelajaran teknik pengolahan audio dan video pada kelas XII SMK dengan kompetensi keahlian multimedia sesuai kurikulum 2013 revisi. Materi pembelajaran yang sesuai dengan RPP dengan pembahasan yaitu: Menyunting video dengan menggunakan perangkat lunak pengolah video yang mencakup 2 pembahasan, yang pertama yaitu : aplikasi proses editing dan Area kerja adobe premiere Pro.

Aplikasi Proses Editing

Proses editing adalah salah satu elemen penting di dalam sinematografi dan tidak dapat dipisahkan dari dunia broadcasting. Namun apa sebenarnya video editing itu? Video editing adalah suatu proses memilih atau menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut) atau dengan menggabungkan gambar-gambar dengan menyisipkan sebuah transisi.

Pada proses editing tidak hanya digabung-gabungkan begitu saja. Banyak variabel yang harus diketahui dalam proses editing, misalnya: kamera angle, kamera works, jenis shoot, motivasi, informasi, komposisi, sound, dan continuity. Istilah-istilah tersebut merupakan tata bahasa suting yang harus dipegang dan diketahui oleh seorang editor.

Untuk pengolahan video, khususnya dalam proses editing banyak aplikasi yang bisa digunakan saat ini. Sebenarnya setiap aplikasi editing film memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. 

Aplikasi proses editing video adalah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain.

Tata Bahasa Sunting "Grammar of The Edit"

Motivasi

Pada film, gambar-gambar seperti jalanan kota, gunung, laut, awan, dan sebagainya sering kali ditampilkan sebelum gambar utama (subjek/objek). Tujuan dimunculkan gambar-gambar tersebut adalah sebagai penggiring dan penjelas dari gambar selanjutnya. Selain gambar, motivasi dapat juga dimunculkan dalam bentuk audio, misalnya : suara telepon, air, ketukan pintu, langkah kaki, dan sebagainya. Motivasi dapat juga berupa perpaduan gambar dan audio.

Informasi

Pengertian informasi pada editing sebenarnya mengacu pada arti sebuah gambar. Gambar-gambar yang dipilih oleh seorang editor harus memberikan suatu maksud atau menginformasikan sesuatu.

Komposisi

Salah satu aspek penting bagi editor adalah pemahaman tentang komposisi gambar yang bagus. Bagus di sini artinya memenuhi standar yang sudah disepakati atau sesuai dengan Cameraworks.

Continuity

Continuity adalah suatu keadaan di mana terdapat kesinambungan antara gambar satu dengan gambar sebelumnya. Sedangkan fungsi dari continuity adalah untuk menghindari adanya jumping (adegan yang terasa meloncat), baik itu pada gambar atau audio.

Tittling

Semua huruf yang diperlukan untuk menambah informasi gambar. Misalnya : judul utama, nama pemeran, dan tim kreatif.

Sound

Sound dalam editing dibagi menurut fungsinya, sebagai berikut :

Original Sound : Semua audio/suara asli subjek/objek yang diambil bersama dengan pengambilan gambar/visual.

Atmosfer : Semua suara latar/background yang ada di sekitar subjek/objek.

Sound Effect : Semua suara yang dihasilkan/ditambahkan ketika saat editing, bisa dari original sound maupun atmosfer.

Music Illustration : Semua jenis bunyi-bunyian/nada, baik itu secara akustik maupun electric yang dihasilkan untuk memberi ilustrasi/kesan kepada emosi/mood penonton.

Agar hasil video/film yang kita buat bagus dan menarik tidak cukup dengan menggunakan satu aplikasi editing saja. Beberapa aplikasi pendukung sangat diperlukan, misalnya untuk pembuatan grafis, animasi dan efek-efek lain guna menambah keindahan film yang kita buat. 

Namun bagus dan tidaknya sebuah film/video ditentukan oleh bermacam-macam faktor. Tetapi pada dasarnya film/video yang bagus adalah yang mampu menyampaikan pesan melalui tayangan gambar secara maksimal dan juga bisa membuat pemirsa masuk ke dalam cerita atau alur tujuan yang ingin disampaikan oleh si pembuat film/video tersebut. Untuk film/video yang berkaitan dengan materi turorial, alur cerita dalam video haruslah jelas dan mudah dimengerti.

Terdapat beberapa aplikasi yang digunakan dalam proses editing : 

  1. Adobe Premiere Pro
  2. Adobe After Effects 
  3. Sony Vegas Pro
  4. Camtasia Studio
  5. Windows Movie Maker
  6. Wondershare Video Editor

Pada kesempatan kali ini materi pembahasan memfokuskan pada aplikasi proses editing video dengan Adobe Premiere Pro, yang menjelaskan menu dan tool Adobe Premiere Pro, memulai dan mengakhiri proyek video, dan import data video pada timeline.

Adobe Premiere merupakan program yang sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi dan praktisi di bidangnya. Keuntungan belajar melakukan edit video menggunakan Adobe Premiere adalah aplikasi ini mudah dipelajari dalam waktu singkat. 

Fungsi utama Premiere Pro lebih efektif lagi untuk merangkai gambar, video dan audio, bukan untuk animasi. Agar penampilan multimedia lebih menarik, sebaiknya dipelajari pula software animasi dan grafis lain seperti 3D Studio Max, After Effects, Adobe Photoshop dan utility multimedia lainnya.

Bahan Materi Teknik Pengolahan Audio dan Video:



Area Kerja Adobe Premier  <<<------  Klik Untuk Pembahasan Area Kerja

Posting Komentar untuk "Menyunting Video"