Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Area Kerja Adobe Premiere Pro

 

Area Kerja Adobe Premiere Pro

Pada kesempatan kali ini materi pembahasan memfokuskan pada aplikasi Adobe Premiere Pro, yang menjelaskan area kerja adobe premiere pro, menu dan tool Adobe Premiere Pro, memulai dan mengakhiri proyek video, dan import data video pada timeline.

Adobe Premiere merupakan program yang sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi dan praktisi di bidangnya. Keuntungan belajar melakukan edit video menggunakan Adobe Premiere adalah program ini mudah dipelajari dalam waktu singkat. 

Fungsi utama Premiere Pro lebih efektif lagi untuk merangkai gambar, video dan audio, bukan untuk animasi. Agar penampilan multimedia anda lebih menarik, sebaiknya dipelajari pula software animasi dan grafis lain seperti 3D Studio Max, After Effects, Adobe Photoshop dan utility multimedia lainnya.

Tampilan keseluruhan area kerja harus dipahami sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Walau terlihat kompleks, software Adobe Premiere memiliki area kerja yang dapat digolongkan menjadi empat bagian utama, yaitu : Project, Source, Timeline dan Program.


Area Kerja Adobe Premiere Pro

Tampilan keseluruhan area kerja harus dipahami sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Walau terlihat kompleks, software Adobe Premiere memiliki area kerja yang dapat digolongkan menjadi empat bagian utama, yaitu Project Window, Monitor Window, Timeline Window, dan Tools Window.

Project : dimana tempat kita untuk melihat daftar list video maupun musik yang kita masukkan kedalam adobe premiere 

Source : layar dimana kita akan mengedit video mentahan kita yang berada pada layar pertama yaitu pada layar Project.

Timeline : layar dimana tempat untuk kita menyimpan hasil list video dan musik yang telah kita edit di layar Project.

Program :  layar dimana tempat kita untuk melihat hasil dari editan kita.

1. Project Window

Project Window merupakan wadah atau tempat mengumpulkan dan menyimpan clip/footage berupa file yang berisi gambar, video, dan audio yang akan diedit serta teks yang akan dibuat dalam proses pengeditan selanjutnya.

Pada Project Window, selain Tab Project adakalanya dalam pengaturan dasar terdapat pula Tab Effect. Tab Effect adalah sebuah Tab yang berisi beberapa efek yang dapat digunakan untuk video, audio, dan transisi.

2. Monitor Window

Monitor Window biasanya terbagi dalam Source Monitor dan Squence Monitor. Posisi yang lazim, yaitu pada sebelah kiri adalah Source Monitor Window, sedangkan pada sebelah kanan adalah Sequence Monitor Window. Fungsi dari Source Monitor adalah memotong bagian tertentu dari sebuah clip untuk selanjutnya digunakan dalam timeline. Sementara itu, Sequence Monitor berfungsi memperlihatkan atau menampilkan hasil editing yang dilakukan pada Timeline Window.

3. Timeline Window

Timeline Window adalah sebuah wadah atau tempat untuk melakukan penempatan dan penyusunan clip/footage baik gambar, video, maupun audio untuk kemudian dilakukan penyuntingan atau pengeditan. Format waktu untuk penyusunan clip/footage pada software Adobe Premiere menggunakan format SMPTE (Society of Motion Picture and Television Engineers), yaitu organisasi insan perfilman dan pertelevisian internasional.

Format SMPTE menggunakan satuan waktu jam:menit:detik:frame. Contohnya 00:13:23:33 maka format tersebut dapat dibaca menit ke-13, detik ke-23, dan frame ke-33. Dengan menggunakan format ini, kita akan lebih mudah mengetahui posisi yang sedang ditampilkan.

4. Tools Window

Tools Window merupakan jendela yang berisikan peranti atau peralatan yang dapat kita gunakan dalam proses pengeditan. Peranti Tools dalam software Adobe Premiere antara lain Selection Tool, Track Selection Tool, Ripple Edit Tool, Rolling Edit Tool, Rate Stretch Tool, Razor Tool, Slip Tool,Slide Tool, Pen Tool, Hand Tool, dan Zoom Tool.

Bagian-bagian yang sangat penting harus kita pahami sebelum mengedit video di adobe premiere pro.

1. Menu 

Ada banyak kegunaan pada bagian menu ini salah satunya membuat sequence baru, import video, export video, ataupun setting fitur dari premiere pro yang sudah disediakan.

Anda bisa merubah atau melakukan sesuatu untuk menunjang video editing dengan mudah, karena dari tulisan sudah jelas buat apa fungsi menu tersebut. Salah satunya tadi gambar diatas dengan mengatur Workspace di bagian menu Window.

2. Menu Workspace

Seperti yang anda lihat diatas, panel tersebut hanya memudahkan bagi editor untuk mengatur workspace sesuai keinginan tanpa harus menuju menu Windows saja.

Lebih tepatnya alternatif menu, akan lebih efisien saja ketika penggunaan fitur tersebut.

3. Source Panel 

Disini kita bisa melihat video preview sebelum kita edit dan dimasukan kedalam timeline. Jadi, pada bagian panel ini tidak hanya sekedar review video melainkan sudah disediakan fitur memotong bagian video tertentu, entah mau diambil audio atau videonya saja.

Tidak hanya itu, pada bagian source panel ini juga tersedia banyak tools yang akan berguna dalam proses editing untuk kedepannya.

4. Program Panel

Pada bagian program panel bisa membaca preview video yang telah di import kedalam panel timeline, waktu video ditentukan sesuai bar berwarna biru seperti dari gambar diatas.

5. Timeline Panel

Panel ini sangat berperan ketika kita mengedit sebuah video, jadi fungsi utamanya adalah kita menggabungkan video sesuai konsep yang sudah dirancang, anda bisa menambahkan efek visual, editing audio, ataupun kreasi lainnya dapat dituangkan kedalam timeline ini.

6. Audio Bar

Tempat melihat graphic audio kanan dan kiri, lebih utama adalah desibel dari audio tersebut apakah melebihi batas yang dianjurkan atau tidak.

7. Tools Editing

Ada beberapa tools yang sangat berguna untuk keperluan editing, salah satunya memotong video, selection tools, handtools, dan memanjangkan video pada bagian timeline panel.

8. Project Panel

Ini sangat penting untuk menampung video yang telah kita import pada penyimpanan, Jadi sebelum kita edit, bahan video mentah akan disimpan pada bagian project panel disana kita membuat folder.

Atau juga kita bisa menambahkan element seperti Adjusment Layer, Black Video, Color Video, dan masih banyak lainnya.

1 komentar untuk "Area Kerja Adobe Premiere Pro"

  1. Anonim10.36

    gak bakal bisa kalo gk ada aplikasinya

    BalasHapus