Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Risoles Kentang Pastry Nusantara

Resep Risoles Kentang Pastry Nusantara – Anda tentu tidak asing dengan pastry nusantara satu ini. Risoles adalah kue dengan dadaran yang terbuat dari tepung dan telur. Biasanya risoles berisi kentang atau sayuran seperti wortel dengan campuran daun seledri yang hampir sama dengan Resep Perkedel Kentang yang berbahan dasar kentang.

Resep Risoles Kentang


Risoles Kentang, umumnya dimasak dengan digoreng dan dilapisi tepung panir di luarnya. Jika Anda memiliki keahlian membuat Resep risoles kentang ini, maka Anda pasti bisa mendapatkan uang darinya. Namun, tidak masalah jika Anda hanya ingin sekedar membuatnya untuk disantap sendiri.

Bahan Resep Risoles Kentang

Bahan kulit risoles:

150 gram tepung terigu

1 butir telur ayam, dikocok

250 ml air

1 sdm mentega leleh atau bisa juga diganti dengan minyak kelapa

Garam secukupnya,

5 siung Bawang putih haluskan

Bahan untuk isi resep risoles kentang:

150 gram kentang goreng, tumbuk halus

100 gram wortel potong dadu kecil-kecil kira-kira ⅕ cm

100 gram daging ayam/daging sapi rebus haluskan

125 ml air

4 butir bawang merah, haluskan

2 siung bawang putih, haluskan

½ sendok kecil pala bubuk

2 tangkai seledri, iris halus (bila suka)

Garam, gula, merica bubuk secukupnya

Bahan pelapis:

2 butir telur kocok lepas

Tepung panir atau tepung roti

Cara pembuatan Risoles Kentang Pastry

Membuat kulit risoles. Campurkan semua bahan dan bumbu untuk kulit. Aduk hingga semua bahan tercampur, saring. Siapkan wajan anti lengket, panaskan. Beri sedikit minyak sayur kemudian ambil kurang lebih satu sendok sayur adonan, tuangkan adonan tersebut pada wajan anti lengket tipis-tipis dan putar wajan hingga adonan memenuhi wajan. Diamkan sebentar, lalu tuangkan pada tempat yang lebar. Lakukan hingga adonan habis.

Membuat bahan isi risoles kentang. Caranya, tumis semua bumbu hingga harum. Masukkan kentang, wortel, dan ayam aduk rata. Masukkan juga semua bumbu bubuk dan juga seledri. Aduk hingga rata, angkat.

Tuangkan bahan isi secukupnya pada satu lembar kulit, gulung. Rapatkan ujungnya hingga tidak terbuka. Celup pada telur, gulingkan pada tepung panir dan goreng hingga matang.

Notes

Resep risoles kentang tidak membutuhkan bumbu yang banyak, namun cara membuat kulitnya lumayan memakan waktu lama, karena harus di dadar satu persatu.

Nah demikian tadi Resep Risoles Kentang Pastry Nusantara, mudah bukan? Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Resep Risoles Kentang Pastry Nusantara"