Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kopi Bantu Turunkan Berat Badan

Kopi Bantu Turunkan Berat Badan – Kopi mungkin berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan seseorang, tetapi minuman ini ternyata belum tentu membantu menurunkan berat badan.

Kopi Bantu Turunkan Berat Badan


Pakar nutrisi di Perth, Australia, Dr Shyamala Vishnumohan seperti disiarkan LiveScience pada akhir pekan lalu mengatakan, manajemen berat badan jauh lebih kompleks daripada menyeruput secangkir kopi dan menghilangnya lemak dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan kafein dapat mengurangi nafsu makan sehingga berpotensi mengakibatkan seseorang makan lebih sedikit kalori. Tetap, meskipun kopi dapat sedikit mengurangi hormon ghrelin, Vishnumohan tak yakin seberapa signifikan efek penekan nafsu makan itu.

Misalnya, satu studi di International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan minum kopi sebelum makan sedikit menurunkan asupan kalori. Tetapi efek penekan nafsu makan tidak bertahan lebih dari tiga sampai empat jam.

Satu studi di Obesity menunjukkan peserta dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi kopi mengurangi asupan kalori mereka saat makan berikutnya.

Namun percobaan lain dalam Appetite menyimpulkan kopi tidak berpengaruh pada jumlah kalori yang dikonsumsi seseorang.

Para ahli tidak sepenuhnya memahami mekanisme di balik pengurangan ghrelin tetapi satu penelitian kecil di Journal of American College of Nutrition mengumumkan hasil yang mengejutkan.

Mereka menemukan kopi tanpa kafein lebih menekan nafsu makan ketimbang kopi berkafein. Walau begitu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya hal ini.

“Asupan kopi mempercepat metabolisme, kemungkinan karena kandungan kafeinnya. Ini meningkatkan pembakaran lemak melalui peningkatan thermogenesis (produksi panas) dan stimulasi neurotransmiter seperti adrenalin,” kata ,” pakar diet Lon Ben-Asher.

Satu percobaan kecil 2017 di Clinical Pysiology and Functional Imaging menemukan kombinasi kopi dan olahraga meningkatkan proses pemecahan lemak. Namun penelitian ini berskala kecil sehingga masih membutuhkan lebih banyak penelitian.

Peneliti mengingatkan, orang-orang jangan tergoda minum kopi berlebihan karena ada efek samping yang tidak diinginkan, termasuk kegelisahan dan detak jantung yang berdebar kencang. Itulah sedikit informasi tentang Kopi Bantu Turunkan Berat Badan.

Cara mengonsumsi kopi supaya lebih sehat

Kamu bisa dapatkan manfaat kopi jika dikonsumsi dengan benar. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan saat minum kopi:

1. Konsumsi kopi sebelum pukul 03.00 sore

Kopi dan senja bukanlah pasangan terbaik. Mengonsumsinya pada sore atau malam hari bisa membuat kamu terjaga lebih lama. Biarpun setiap orang memiliki reaksi yang berbeda, baiknya sudahi konsumsi sebelum memasuki waktu sore.

2. Jangan tambahkan gula

Kopi bisa berubah jadi minuman yang berbahaya saat kamu menambahkan gula ke dalamnya. Gula bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan. Biarkan kopi dengan rasa alaminya untuk membuatnya tetap sehat.

3. Batasi jumlah konsumsinya

Minum kopi terlalu banyak hanya akan menghilangkan manfaatnya. Ada baiknya kamu hanya mengonsumsi 4-6 cangkir setiap harinya atau 400—600 mg. Kamu juga perlu melihat reaksi kopi pada tubuh setelah dikonsumsi. Sebagian orang memiliki sensitivitas tinggi terhadap sedikit kopi.

4. Hindari penggunaan krimer yang berlebihan

Menggunakan krimer untuk membuat rasanya lebih creamy mungkin bisa dilakukan satu atau dua kali. Namun, penggunaan yang berlebihan malah bisa meningkatkan risiko penyakit. Cobalah menggunakan susu segar untuk membuat kopi kamu nikmat.

5. Tambahkan cocoa atau kayu manis

Ada banyak bahan makanan yang bisa membuat kopi lebih nikmat. Kamu bisa memilih cocoa, kayu manis, atau rempah-rempah lainnya. Selain lebih enak, bahan makanan tersebut juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Posting Komentar untuk "Kopi Bantu Turunkan Berat Badan"