Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Dalam Lompat Galah

 

Peraturan Dalam Lompat Galah

Lompat galah merupakan cabang dari olahraga atletik yang memadukan olahraga track dan lapangan dari bentuk permainan lompat. Mekanismenya sederhana yaitu atlet berlari sekencangnya dan melompat setinggi-tingginya menggunakan galah untuk melewati mistar atau bilah. Olahraga lainnya yang mirip seperti lompat galah yaitu harus melewati mistar adalah lompat tinggi. 

Pada Lompat galah bilah yang harus dilewati memiliki tinggi 4,5m. Olahraga lompat galah juga memiliki beberapa aturan. Peraturan lompat galah harus dipatuhi oleh para atlet yang ikut dalam perlombaannya.

Pengukuran pertandingan lompat galah pada umumnya berasal dari jarak atlet yang melaluinya sehingga bukan pencapaian dari ketinggian atlet tersebut. Pertandingan ini pada mulanya diadakan di sekitar daerah laut utara dengan jangka waktu setahun sekali. Pengukuran pertandingan galah didasarkan pada ketinggiannya sejak pelaksanaannya di Cumbria, Inggris pada tahun 1843. Sejak itu juga telah berlaku beberapa peraturan lompat galah di dalamnya. Lompat galah dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti upaya penghindaran keterlambatan saat galah tertancap dan digerakkan ke depan secara lagsung hingga 2 langkah terakhirnya telah dicapai. Selain itu galah juga harus ditancapkan dengan kokoh dan kuat sebelum kaki untuk melakukan take off telah menginjak daerah titik take offnya.

Kaki take off yang digunakan oleh para atlet harus diatur jarak larinya sehingga pelaksanaannya menjadi benar. Jarak tersebut dapat diperpanjang ataupun diperpendek. Setelah galah berhasil ditancapkan kemudian kedua tangan diperiksa. Jarak kedua tangan tersebut harus cukup lebar. Bahkan anda juga dapat mengetuk galahnya supaya tangan bawah tidak tergelincir ke arah atas. Pastikan gerakan dada tidak menuju galah sehingga bagian lengan bawah dapat lebih kaki saat take off. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang peraturan lompat galah beserta penjelasannya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Lompat Galah 

Pada umumnya masing masing olahraga memiliki peraturannya sendiri. Seperti halnya olahraga lompat galah yang juga mempunyai aturan dasar di dalamnya. Peraturan ini didasarkan pada kebutuhan dan gerakan di dalamnya. Lalu apa saja peraturan permainan lompat galah itu? Olahraga lompat galah pastinya sering kita dengar dalam kategori olahraga atletik. Lompat galah ini masih termasuk dalam cabang olahraga atletik nomor lempar. Bahkan tidak jarang pula dipertandingkan dalam tingkat olimpiade Nasional, Internasional maupun lokal. Pengertian lompat galah secara umum ialah jenis olahraga yang menggunakan galah atau tongkat panjang untuk melompat tinggi sehingga mistar dapat dilewatinya. Untuk itu pelaksanaan lompatan pada olahraga lompat galah ini harus setinggi mungkin.

Peraturan lompat galah merupakan hal dasar yang wajib diketahui oleh para calon atlet atau seseorang yang akan melakukan jenis olahraga ini. Beberapa aturan yang terdapat didalamnya ini merupakan peraturan yang berkaitan dengan ukuran lapangan, ukuran tongkat galah dan sebagainya. Lalu apa saja peraturan permainan lompat galah itu? Dibawah ini terdapat beberapa aturan lompat galah yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut:

Lompat galah memiliki beberapa peraturan sebagai berikut:

  1. Berat badan atlet yang mengikuti perlombaan harus di cek dan dicatat dalam bentuk penilaian di samping nama atlet.
  2. Atlet dilarang menambah berat buatan dengan cara apapun.
  3. Tidak boleh menggunakan perban pada jari-jarinya kecuali memang mengalami cedera. Tetapi atlet diperbolehkan membalut pergelangan tangan dan memakai perekat seperti roisin dan kapur.
  4. Dilarang menggunakan sepatu dan sarung tangan yang dapat memberikan keuntungan pada perlombaan.
  5. Diperbolehkan bagi atlet untuk melakukan pemanasan dengan ketinggian yang sudah ditetapkan. Namun tidak boleh menggunakan bar mistar untuk pemanasan.
  6. Dapat melakukan tiga kali percobaan pada ketinggian yang berbeda.
  7. Pada saat percobaan maka atlet harus tampil dalam waktu dua menit selesai namanya dipanggil.
  8. Saat mengalami kegagalan pada percobaan pertama. Atlet harus melakukan percobaan kedua di ketinggian yang sama. Begitu juga pada percobaan ketiga jika atlet mengalami kegagalan.
  9. Segera setelah lompatan gagal atlet harus menyampaikan keputusan untuk pass pada juri.
  10. Disediakan jeda waktu selama 4 menit jika terdapat tiga atlet yang mengikuti percobaan.
  11. Jika atlet gagal dan tidak mendapatkan skor pada  saat tiga kali percobaan berturut. Maka atlet dinyatakan tereliminasi oleh dewan juri.
  12. Atlet tidak boleh saling pinjam galah. 
  13. Saat terjadi kesamaan tinggi lompatan pada dua atlet. Maka pemenangnya jatuh kepada atlet yang memiliki percobaan paling sedikit.
Cara Melakukan Lompat Galah

Setelah mengetahui dan mengikuti  peraturan lompat galah, agar berhasil dan sukses melakukan lompat galah. Kamu perlu mengetahui apa saja teknik atau cara untuk melakukan lompat galah.

  1. Gunakan postur tubuh tegak kemudian lari di track dengan memegang galah menggunakan tangan.
  2. Sebelum melakukan lompatan maka galah harus ditancap ke metallic pit atau yang disebut planting box. Tancapkan galah langsung ke arah depan. Sekitar tiga langkah sebelum mulai bertumpu.
  3. Melakukan dan membuat lompatan ke udara sekuat dan setinggi mungkin.
  4. Jangan lupa untuk mengayunkan kaki ke atas melewati galah.
  5. Pastikan untuk bergoyang ke belakang dengan posisi tetap di belakang galah.
  6. Angkatlah kaki jauh ke atas kepala sebelum berputar.
  7. Kemudian melengkungkan tubuh tepat di atas bilah atau mistar lompat. Jangan sampai membuat bilah terjatuh.
  8. Terakhir lakukanlah pendaratan di mat.

Manfaat Lompat Galah

Lompat galah memiliki manfaat bagi orang yang melakukannya dengan benar. Sehingga terhindar dari cedera ringan maupun berat.

Tubuh yang Sehat

Kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat saat bermain lompat galah. Sirkulasi oksigen didalam tubuh akan menjadi lancar karena beberapa gerakan yang harus dilakukan saat lompat galah. Gerakan seperti berlari dan melompat dapat memberikan manfaat kesehatan yang bagus untuk tubuhmu.

Kelenturan Tulang dan Otot

Dalam lompat galah kamu dituntut untuk memiliki kelincahan gerak tubuh. Seperti lari yang kencang, melompat, melambung dan mendatar. Semua kegiatan ini dapat melatih kelenturan dari tulang dan otot. Untuk menghindari cidera pada tulang dan otot kamu harus benar-benar melakukan lompat galah dengan baik dan benar. Perhatikan peraturan lompat galah dan patuhilah.

Fisik Ideal

Lompat galah memang menjadikan berat badan sebagai penilain tetapi bukan berarti tubuh yang obesitas bisa diterima. Tubuh ideal sangat diperlukan dalam olahraga ini. Karena untuk berlari cepat, melompat, melambung tinggi dan mendarat  akan sulit dilakukan saat tubuh obesitas. Sehingga fisikmu dapat terjaga dari obesitas saat rutin melakukan lompat galah.

Posting Komentar untuk "Peraturan Dalam Lompat Galah"