Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Simulasi Digital Kelas Maya

 

Kelas Maya Materi Simulasi Digital

Pengertian Kelas Maya, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Pengertian Kelas Maya, Tujuan, Jenis dan Contohnya – Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai Kelas Maya dimana pembahasan ini mencakup pengertian kelas maya, tujuan kelas maya, jenis kelas maya dan contoh kelas maya. Dengan memahami dengan betul materi ini, sudah mestinya akan menambah wawasan Ilmu Teknologi Pembelajaran yang anda miliki saat ini. Untuk lebih singkat dalam berbagi pengetahuan mengenai kelas maya, silahkan anda simak informasi berikut.

Semakin cangih teknologi saat ini banyak orang-orang maupun sebuah kelompok yang mengadakan kelas virtual atau yang disebut dengan kelas maya dimana antara pengajar dan pelajar tak repot-repot lagi untuk melakukan tatap muka secara langsung saat ingin mempelajari sesuatu.

A. Pengertian Kelas Maya

Seperti yang dijelaskan di awal tulisan ini, Kelas maya merupakan sebuah kelas yang dimana antara pengajar dan pelajar tidak perlu melakukan tatap muka secara langsung. Dalam hal ini, pengajar akan memberikan bahan ajar berbentuk sebuah konten digital yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

B. Jenis – Jenis Kelas Maya

Learning Management System

Atau yang lebih sering disebut LMS merupakan suatu software yang digunakan pada kelas maya yang berfungsi sebagai perencanaan, pengiriman, serta pengolahan kegiatan pembelajaran. Selain hal itu, juga dapat berguna sebagai kepeluan dokumentasi, administrasi, laporan, kegiatan belajar mengajar, E-learning dan lain sebagainya yang dimana hal tersebut dilakukan secara online(tersambung dengan koneksi internet).

Learning Content Management System

Atau yang sering disebut LCMS merupakan hasil pengembangan dari LMS. Jika disebut sebagai pengembangan dari LMS maka fungsi dari LCMS juga menjadi lebih banyak daripada LMS, seperti berguna untuk mengawasi, menyediakan, merincikan, dan melakukan publikasi dokumen-dokumen yang bersifat spesifik seperti artikel, brosur dan buku panduan. LCMS juga bisa diisi dengan file yang berupa audio, video, gambar, isi website, dan dokumen elektronik.

Social Learning Network

Atau yang biasa disebut dengan SLN merupakan perkembangan lebih lanjut dari LMS dan LCMS dimana pada dalam SLN ini menerapkan penggabungan dari Sosial learning dan Sosial Network.

C. Tujuan Kelas Maya

Tujuan dibentuknya sebuah kelas virtual atau kelas maya adalah sebagai berikut:


Menciptakan suasana pembelajaran yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh seorang pelajar.

Memaksimalkan kemampuan pribadi seorang pelajar meskipun tidak mengikuti kelas tatap muka.

Meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai bidang IT sehingga seorang pelajar dapat menjadi lebih kreatif.

D. Manfaat Kelas Maya

Berikut merupakan beberapa manfaat kelas maya yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber:

  1. Menghemat kertas
  2. Materi menjadi lebih luas
  3. Mendeteksi copy paste
  4. Dapat belajar kapanpun dan dimanapun
  5. Pembeelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelajar
  6. Mengurangi belajar dengan menggunakan buku teks

E. Fitur Kelas Maya

  1. Membangun wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.
  2. Konten yang terkait sangat relevan dengan tujuan pembelajaran
  3. Menggunakan gambar dan kalimat dalam sebagai elemen media untuk menyebarkan konten dan metode belajar
  4. Pembelajaran dapat dilakukan secara langsung dengan instruktur maupun otodidak
  5. Menggunakan metode instruksional seperti adanya contoh dan praktek yang harus dilakukan oleh pelajar

F. Kelebihan dan Kekurangan Kelas Maya

Kelebihan Kelas Maya

Proses belajar mengajar menjadi lebih menarik karena interaktif dan fleksibel dibadingkan dengan metode pembelajaran seperti biasa

  1. Pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
  2. Pelajar tidak terikat tempat dan waktu
  3. Pelajar dapat lebih aktif mempelajari materi yang disampaikan oleh guru melalui website
  4. Guru adalah fasilitator yang menyediakan sekaligus mendukung proses belajar mengajar tersebut

Kekurangan Kelas Maya

  1. Membutuhkan spesifikasi hardware, software sekaligus jaringan internet yang memadai
  2. Karena kelas maya berbasis online, terkadang pelajar maupun pengajar terkadang lebih asyik bermain internet daripada belajar materi yang disampaikan
  3. Apabila seorang pelajar tidak hati-hati dn terjadi kesalahan materi maka akan berdampak pengetahuan yang didapat oleh pelajar tersebut
  4. Mengurangi rekatnya hubungan sosial antar pelajar karena pembelajaran dengan menggunakan kelas maya bersifat individual

G. Komponen Pendukung Kelas Maya

  • Konten untuk pembelajaran
  • Hardware
  • Software
  • Strategi Komunikasi

GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SOCIAL LEARNING NETWORK

Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi aplikasi pembelajaran campuran secara online yang dapat digunakan secara gratis. Pendidik bisa membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas tersebut atau mengundang para siswanya. Google Classroom ini diperuntukkan untuk membantu semua ruang lingkup pendidikan yang membantu siswa untuk menemukan atau mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran dan membuat tugas tanpa harus hadir ke kelas.

Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive masing-masing pengguna, dimana siswa dapat mengirimkan pekerjaan untuk dinilai oleh guru. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna seluler perangkat iOS dan Android yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkan penugasan, berbagi file dari aplikasi lain dan mengakses informasi secara offline. Guru dapat memantau kemajuan untuk setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja bersama dengan komentar.

Ada beberapa fungsi dan keunggulan yang bisa didapatkan dari Google Classroom dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS), yaitu :

Proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman

Proses pembuatan kelas pada Google Classroom sangat cepat dan nyaman jika. Interface Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan

Hemat dan efisiensi waktu

Peserta kelas atau siswa tidak lagi harus mendownload tugas yang diberikan guru. Semuanya dilakukan secara paperless (bebas kertas), sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk mendistribusikan dokumen fisik dan peserta didik dapat menyelesaikan tugas mereka dengan tepat secara online  menyesuaikan dengan jadwal sehari-hari mereka.

Mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi 

Salah satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah kolaborasi online dimana peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dalam forum diskusi kelas. Dengan demikian, jika mereka membutuhkan bantuan karena kesulitan memahami suatu tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, mereka bisa mendapatkan masukan langsung disaat yang bersamaan dari teman sekelas virtual mereka. 

Penyimpanan data yang terpusat

Hanya pada satu tempat yakni Google Classroom, semua pembelajaran berada dalam satu lokasi terpusat. Semua data dari materi, tugas, nilai, peringkat disimpan secara terpusat pada cloud google, sehingga kedua belah pihak tidak perlu khawatir mengenai dokumen atau penilaian yang hilangi.

Berbagi sumber daya yang efisien, praktis dan cepat

Fasilitator atau guru online dan pelatih memiliki kemampuan untuk berbagi informasi dan sumber daya  online dengan peserta mereka secara langsung langsung. 

Fitur- fitur Google Classroom

Google Classroom mempunyai banyak kemudahan seperti Google Drive, Google Docs, Sheets and Slides, dan Gmail yang akan membantu lembaga pendidikan untuk lebih mudah. Berikut beberapa fitur- fitur yang sangat menunjang pembelajaran online ini :

Tugas (Assignments)

Setiap tugas yang diunduh akan disimpan dan dinilai pada rangkain aplikasi produktivitas Google yang telah memunkinkan kolaborasi online ini. 

Penilaian (Grading)

Google Classroom mendukung banyak cara penilaian yang berbeda. Guru memiliki opsi untuk memantau kemajuan setiap siswa pada tugas di mana mereka dapat membuat komentar dan mengedit. Tugas yang diubah dapat dinilai oleh guru dan dikembalikan dengan komentar untuk memungkinkan siswa merevisi tugas dan dikembalikan. Setelah dinilai, tugas hanya dapat diedit oleh guru kecuali guru mengembalikan tugas.

Komunikasi yang lancar

Pengumuman dapat diposting oleh guru ke aliran kelas yang dapat dikomentari oleh siswa yang memungkinkan komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Siswa juga dapat memposting ke kelas tetapi tidak akan setinggi prioritas sebagai pengumuman oleh guru dan dapat dimoderasi. 

Laporan Orisinalitas

Laporan orisinalitas memungkinkan pendidik dan siswa untuk melihat bagian dan bagian dari karya yang diajukan yang berisi kata-kata yang persis atau mirip dengan yang dari sumber lain. 

Arsip pembelajaran

Ruang Kelas memungkinkan instruktur untuk mengarsipkan kursus pada akhir semester atau tahun. Ketika sebuah kursus diarsipkan, maka akan dihapus dari beranda dan ditempatkan di area Kelas Arsip untuk membantu para guru mengatur kelas mereka saat ini.

Aplikasi seluler

Aplikasi seluler Google Classroom tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi memungkinkan pengguna mengambil foto dan melampirkannya ke tugas mereka, berbagi file dari aplikasi lain, dan mendukung akses offline.

Keamanan Pribadi

Berbeda dengan layanan konsumen Google, Google Classroom, sebagai bagian dari G Suite for Education, tidak menampilkan iklan apa pun dalam antarmuka untuk siswa, dosen, dan guru, dan data pengguna tidak dipindai atau digunakan untuk tujuan periklanan.

Posting Komentar untuk "Materi Simulasi Digital Kelas Maya "