Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Aceh Terpopuler

Makanan Khas Aceh Terpopuler – Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan variasi makanannya sangat kaya. Terkenal dengan cita rasa yang unik dan rempah yang kuat, makanan Aceh menjadi favorit banyak orang baik di dalam atau di luar Aceh.

Makanan Aceh yang populer seperti Mie Aceh dan Ayam Tangkap sudah banyak dikenal oleh warga Indonesia di mana-mana. Tetapi, masih banyak lagi lho makanan Aceh yang tak kalah kelezatannya.

Penasaran apa saja kekayaan kuliner Aceh yang enak-enak? Berikut adalah 32 hidangan Aceh yang siap menggugah selera.

Makanan Tradisional Aceh

1. Mie Aceh

1. Mie Aceh

Salah satu ikon makanan khas Aceh yang paling tersohor adalah Mie Aceh. Disajikan dalam dua varian, yaitu digoreng dan juga menggunakan kuah, kuliner tradisional Aceh ini dilengkapi dengan berbagai pilihan mulai dari Kepiting, Daging sapi, dan seafood.

2. Kuah Masam Keu-Eeung

Kuah Masam Keu-Eeung

Untuk pecinta kuliner berkuah, makanan tradisional asal Aceh satu ini wajib masuk daftar masakan favoritmu.

Masam Keuneung sendiri berarti Asam Pedas, dan sesuai namanya, makanan khas Aceh ini memiliki cita rasa pedas dan asam yang menyegarkan

3. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek

Kuliner khas Aceh satu ini adalah pilihan tepat untuk yang gemar cita rasa daging itik. Bebeda dengan kuliner berbahan itik pada umumnya, makanan asal Aceh satu ini memiliki resep tersendiri dengan berbagai bumbu-bumbu yang membuatnya mampu memberikanmu pengalaman mengonsumsi olahan itik yang berbeda.

4. Rujak Aceh

4. Rujak Aceh

Ingin menyantap kuliner khas Aceh yang menyegarkan? Rujak Aceh jawabannya. Terbuat dari buah rumbia yang banyak ditemukan di Aceh dan disirami saus rujak, panganan khas Aceh ini juga kerap disajikan dingin dengan parutan es sehingga membuatnya makin menyegarkan!

5. Ungkot Kemamah

5. Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah adalah makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tuna yang sebelumnya telah direbus dan dikeringkan.

Masakan khas Aceh ini kemudian diolah menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa menarik dan menggoda lidah.

6. Martabak Aceh

martabak aceh

Makanan asal Aceh yang populer selanjutnya adalah Martabak Aceh. Berbahan dasar roti cane sebagai kulitnya, membuat martabak ini berbeda dengan martabak pada umumnya.

Dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas, kuliner khas Aceh ini bisa menjadi camilan tepat untuk menemanimu menyeruput kopi.

7. Kopi Aceh

kopi aceh

Salah satu kopi khas Nusantara yang sudah tersohor popularitasnya hingga manca negara adalah kopi asal Aceh.

Memiliki cita rasa dan aroma yang kuat, Kopi khas Aceh ini sangat mudah ditemukan di kedai-kedai kopi yang ada ci Aceh.

8. Sate Matang

Sate matang adalah masakan khas Aceh, tepatnya dari Daerah Matang. Yang membuat masakan tradisional Aceh ini berbeda dengan sate lainnya adalah bahan berupa daging sapi atau kambing yang diungkep dengan bumbu khas Aceh sebelum kemudian dibakar.

Makanan khas daerah Matang ini penyajiannya juga dilengkapi kuah soto yang gurih membuatnya makin menggoda untuk disantap.

9. Kuah Pliek U

9. Kuah Pliek U

Masakan khas Aceh selanjutnya ini merupakan makanan khas Aceh Barat. Masakan berkuah yang berisikan sayuran yang banyak ditemukan di tanah Aceh ini memiliki filosofi yang dalam, lho.

Kuah Pliek U merupakan lambang dari eratnya kekerabatan dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan ke dalam sebuah kuali besar.

10. Ayam Tangkap

10. Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh yang selanjutnya layak kamu cicipi adalah Ayam Tangkap. Terbuat dari potongan ayam yang digoreng, ciri khas dari kuliner asal Aceh ini adalah daun teumura dan cabai hijau yang dioseng bersama ayam dan ditaburi bawang goreng.

11. Sanger

11. Sanger

Sanger adalamh minuman khas Aceh yang sekilas terlihat seperti kopi susu pada umumnya. Namun resep dan komposisi dari susu kental manis, kopi, dan gula pasir pada minuman tradisional Aceh ini dipercaya sangat berbeda dan presisi sehingga menhadirkan cita rasa sedap yang khas.

12. Kue Adee

12. Kue Adee

Kue tradisional Khas Aceh yang hanya bisa ditemui di Aceh, khususnya Kabupaten Pidie Jaya ini merupakan kue bertekstur lembut dan legit dengan cita rasa manis.

Selain nikmat menjadi teman minup kopi dan reh di sore hari, makanan tradisional Aceh ini juga bisa jadi alternatif oleh-oleh asal Aceh untuk kerabatmu.

13. Kue Timphan

Varian kue tradisional khas Aceh selanjutnya adalah Timphan. Timphan yang memiliki tekstur kenyal dan diolah dengan cara dibungkus daun pisang muda ini meruapakan kuliner khas Aceh yang hanya ditemukan pada saat lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha.

14. Kue Lepat

erbuat dari tepung ketan dengan isian dengan gula merah dan dibungkus daun pisang dan taburan kelapa parut oseng pada bagian tengahnya, Lepat adalah makanan khas Aceh yang sering ditemukan pada saat perayaan-perayaan masyarakat Gayo.

Cita rasa unik dari kuliner tradisional Aceh ini tentu wajib kamu cicipi saat berkesempatan ke Aceh.

15. Jadah Lemang 

Kuliner berbahan dasar beras ketan dan santan kelapa ini merupakan makanan khas Aceh singkil.

Memiliki rasa gurih, Jadah Lemang yang dimasak menggunakan bambu ini sangat cocok dipadukan dengan lauk seperti rendang dan juga termasuk kuliner yang kerap disajikan saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

16. Kembang Loyang

Kembang Loyang adalah kuliner khas asal Aceh Tamiang yang juga sering meramaikan berbagai perayaan dan hajatan masyarakat Aceh.

Memiliki bentuk yang sangat khas, makanan khas Aceh berbahan dasar tepung ini memiliki rasa manis dan renyah yang membuatmu tak bisa berhenti menikmatinya.

17. Bohromrom

bohromrom

Dikenal juga dengan nama Kue Boh Duek Beudeh, Bohromrom merupakan salah satu kue tradisional Khas Aceh yang terbuat dari tepung ketan yang dibaluri kelapa parut.

Sekilas, kue khas Aceh ini terlihat seperti Klepon, selain rasa dan penyajian yang mirip, yang membedakan kedua kuliner khas nusantara ini adalah warna Bonromrom yang tak sehijau dan sedikit kecokelatan.

18. Kue Bhoi

Hadir dengan beragam bentuk-bentuk yang menarik, Kue Bhoi adalah Makanan khas Aceh besar yang populer.

Selain kerap jadi pilihan buah tangan, kue khas Aceh ini juga kerap menjadi bingkisan seserahan dalam upacara penikahan masyarakat Aceh.

19. Kue Meuseukat

Makanan tradisional khas Aceh selanjutnya ini akan mengingatkanmu dengan dodol karena bentuk dan teksturnya yang serupa.

Terbuat dari tepung dan buah nanas, Meseukat kini termasuk kuliner tradisional Aceh yang cukup sulit ditemukan.

20. Pacri Nanas

Makanan khas Aceh berbahan Nanas lainnya adalah Pacri Nanas. Dengan bumbu seperti merica, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai merah, dan juga bawang, Masakan khas Aceh ini tak hanya memiliki tampilan yang menarik namun juga cita rasa yang sangat unik untuk dicicipi.

21. Nasi Gurih

Jika Toppers pernah mengonsumsi nasi uduk, makan nasi gurih mungkin akan terasa familiah karena memang kuliner khas Aceh satu ini memiliki resep yang menyerupai.

Nasi Gurih kerap disajikan dengan lauk-lauk seperti telur dadar, ikan lado, maupun ikan goreng dan menjadikannya semakin nikmat.

22. Kuah Beulangong

Berbahan dasar daging kambing atau daging sapi yang dimasak dengan belangan dan juga sayu nangka, masakan berkuah khas Aceh Besar ini merupakan salah satu kuline ryuang biasanya disajikan pada acara Kenduri Besar di Aceh.

23. Mie Jalak Sabang

Selain mie Aceh, masih ada kuliner mie lainnya yang bisa cicipi saat berkunjung ke Aceh.

Mie Jalak Sabang ini merupakan masakan khas Aceh utara yang memiliki tekstur kenuyal dan disajikan bersama kaldu gurih dengan topping potongan daging, telur rebus, dan juha tauge.

Demikianlah sedikit informasi tentang makanan khas Aceh Terpopuler, dan baca juga Resep Makanan Khas Aceh Paling Enak.

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Aceh Terpopuler"