Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay Tentang Malam Lailatul Qadar

Soal Essay Tentang Malam Lailatul Qadar

Soal Essay Tentang Malam Lailatul Qadar – Berikut disajikan kumpulan pertanyaan Malam Lailatul Qadar yang berisikan soal-soal tentang Malam Lailatul Qadar beserta jawabannya.

1. Jelaskan pengertian malam Lailatul Qadar secara lengkap!

Jawaban:

Qadar bisa berarti ukuran sebagaimana yang tertuang dalam Al-Qur’an Surah Ar-Ra’d ayat 8. Adapun ukuran malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Qadar pula bisa berarti penghormatan sebagaimana yang tertuang dalam QS Al-An’am ayat 91. Dengan demikian malam Lailatul Qadar adalah malam ketika Alah menurunkan kehormatan yang diperuntukkan untuk orang-orang yang bisa mendapatkan keutamaannya.

Selain itu, Qadar juga bisa berarti sempit karena pada malam Lailatul Qadar turun para malaikat beserta malaikat Jibril ke muka bumi.

2. Apa saja dalil shahih terkait malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Dalil shahih terkait malam Lailatul Qadar utamanya adalah QS Al-Qadar ayat 1-5.

3. Kapan malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Beberapa hadis menerangkan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam 27. Namun riwayat yang lebih shahih adalah, malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil di antara 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Yaitu antara 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadhan.

4. Apa saja keistimewaan Malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Ada banyak keistimewaan Malam Lailatul Qadar seperti malam yang penuh kemuliaan dan lebih baik dari seribu bulan. Untuk lebih lengkapnya silakan simak teks ceramah: Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

5. Apa saja ciri dan tanda-tanda terjadinya malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Ciri-ciri atau tanda terjadinya Malam Lailatul Qadar bisa kita simak dan cermati dalam Hadis Riwayat Imam Ahmad berikut:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَيْلَةُ الْقَدْرِ فِيْ الْعَشْرِتَبَارَكَ وَتَعَالَى يَغْفِرُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ, وَهِيَ لَيْلَةُ وِتْرٍ, تِسْعٌ أَوْ سَبْعٌ أَوْ خَامِسَةٌ أَوْ ثَالِثَةٌ أَوْ آخِرُ لَيْلَةٍ, وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ َ: إِنَّ أَمَارَةَ للَيْلَةِ الْقَدْرِ أَنَّهَا صَافِيَةٌ بَلْجَةٌ كَأَنَّ فِيْهَا قَمَراً سَاطِعاً سَاكِنَةٌ سَاجِيَةٌ, لاَ بَرْدَ فِيْهَا وَلاَ حَرَّ, وَلاَ يَحِلُّ لِكَوْكَبٍ أَنْ يُرْمَى بِهِ فِيْهَا حَتَّى تُصْبِحَ, وَإِنَّ أَمَاررَتَهَا أَنَّ الشَّمْسَ صَبِيْحَتَهَا تَخْرُجُ مُسْتَوِيَةً, لَيْسَ لَهَا شُعَاعٌ مِثْلَ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ, وَلاَ يَحِلُّ لِلشَّيْطَانِ أَنْ يَخْرُجَ مَعَهَا يَوْمَئِذٍ.

Artinya:

Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Lailatul Qadar (terjadi) pada sepuluh malam terakhir. Barangsiapa yang menghidupkan malam-malam itu karena berharap keutamaannya, maka sesungguhnya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang. Dan malam itu adalah pada malam ganjil, ke dua puluh sembilan, dua puluh tujuh, dua puluh lima, dua puluh tiga atau malam terakhir di bulan Ramadhan,” dan Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Imam Ahmad)

6. Adakah doa yang dibacakan khusus untuk malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Kita bisa membaca doa Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.

Artinya:

Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku, hapuslah dosa-dosaku

Doa tersebut tertuang dalam Hadis Riwayat Imam Tirmidzi Nomor 3513 dan Imam Ibnu Majah Nomor. 3850.

7. Apa yang dikerjakan Malaikat Jibril hingga turun ke bumi pada malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Para malaikat termasuk malaikat Jibril turun ke muka bumi pada malam Lailatul Qadar atas perintah Allah. Para malaikat mendatangi majelis-majelis zikir, majelis ilmu, serta memuliakan orang-orang yang berilmu.

8. Apa saja amalan yang bisa dikerjakan pada saat malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Ada banyak amalan yang bisa kita kerjakan dalam menyambut malam Lailatul Qadar. Mulai dari shalat malam, zikir, wirid, berdoa, itikaf di masjid, shalat taubat, membaca Al-Qur’an, dan amalan-amalan sunnah lainnya.

Namun begitu, amalan yang baik seperti shalat, puasa, dan zakat tetap harus didahulukan karena biar bagaimanapun, amalan sunnah tidak bisa mengganti amalan yang wajib.

9. Apa hadis yang berkaitan dengan malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin:

Man qooma lailal qodri iimaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzanbih.

Artinya:

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (Hadis Riwayat Imam Bukhari Nomor 1901)

10. Apa perbedaan Nuzulul Qur’an dengan Lailatul Qadar?
Jawaban:
Nuzulul Qur’an adalah peristiwa turunnya Al-Qur’an, adapun Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan.
Karena Al-Qur’an turun secara berangsur-angsur, maka beberapa ayat maupun Surah dalam Al-Qur’an juga turun pada malam Lailatul Qadar.
11. Shalat Lailatul Qadar, apakah ada?
Jawaban:
Tidak ada shalat khusus pada malam Lailatul Qadar karena malam Lailatul Qadar adalah rahasia Allah SWT.
Yang dimaksud dengan hadis tentang mendirikan shalat Lailatul Qadar yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi ialah shalat sunnah atau shalat di malam Lailatul Qadar.
Dengan demikian, tidak ada ketentuan khusus terkait shalat di malam Lailatul Qadar apakah harus tidur dulu atau semisalnya.
12. Tuliskan bacaan Latin Surah Al-Qadar ayat 1-5!
Jawaban:
Innaaaaa anzalnaahu fii lailatil qadr
Wamaaaaa adrooka maa lailatul qadr
Lailatul qadri khoirum-min alfin sahr
Tanazzalul malaaaaa-ikatu war-ruuhu fiiha bi-idzni robbihim min kulli amr
Salaamun hiya hatta math-la’il fajr.
13. Apa saja hikmah Lailatul Qadar?
Jawaban:
Hikmah malam Lailatul Qadar antara lain:
Lailatul Qadar merupakan malam kemuliaan
Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan
Ampunan dan rahmat Allah itu tidak terbatas
Allah membuka pintu kebaikan yang seluas-luasnya untuk hamba-Nya di bulan Ramadan
Hikmah dirahasiakannya malam Lailatul Qadar adalah agar umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan untuk menggapai ketakwaan
14. Beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahalanya menjadi?

Jawaban:

Malam Lailatul Qadar lebih baik dengan seribu bulan. Dengan demikian, jikalau kita kalkulasikan menurut perhitungan tahun, maka satu kali ibadah pada malam Lailatul Qadar setara dengan beribadah selama 83,3 tahun tanpa henti.

15. Bagaimanakah cara mendapatkan malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Dengan mempersiapkan diri, meningkatkan kualitas ibadah puasa, meningkatkan kuantitas ibadah dan amalan-amalan utama seperti Shalat Tarawih, Shalat Sunnah, Shalat Tahajud, membaca Qur’an, dzikir, istigfar, hingga itikaf di masjid terutama pada 10 malam terakhir Ramadhan.

16. Shalat apa saja yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Kita tidak pernah tahu kapan tepatnya akan terjadi malam Lailatul Qadar karena itu rahasia Allah. Maka darinya, ibadah shalat yang bisa kita lakukan ialah sama seperti malam-malam Ramadhan pada biasanya.

Dimulai dari shalat fardu yang 5, ditambah Shalat Tarawih dan Witir, dilengkapi dengan Shalat Sunnah Rawatib, kemudian ditambah pula dengan Shalat malam seperti tahajud maupun Shalat Taubat. Pertanyaan Tentang Malam Lailatul Qadar

Posting Komentar untuk "Soal Essay Tentang Malam Lailatul Qadar"