Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Rekayasa Perangkat Lunak

Soal Essay Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak atau sering disebut RPL adalah sebuah mata pelajaran dan juga jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempelajari tentang software, contohnya seperti pembuatan aplikasi, website dan program lainnya. Dalam pembahasan kali ini kami akan membagikan sebuah soal RPL yang telah kami padukan dalam beberapa materi menjadi sebuah soal latihan untuk anda yang sedang mempelajari tentang Rekayasa Perangkat Lunak ini.

Soal Essay Rekayasa Perangkat Lunak dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Soal-Soal Essay Rekayasa Perangkat Lunak. karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.

Berikut Contoh Soal Essay Rekayasa Perangkat Lunak

1. Jelaskan pengertian dari Perangkat Lunak !.

Jawaban: Perangkat Lunak adalah program komputer yang didalamnya terdapat dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaan(user manual)


2. Jelaskan pengertian dari Sistem !

Jawaban: Sistem merupakan kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai suatu tujuan Komponen itu berupa input, proses, ouput, boundary, feedback, metod/standard.


3. Apakah proses pembuatan software itu serupa dengan proses produksi pada pabrik mobil? Jelaskan Alasannya!

Jawaban: Berbeda dalam pengertian membuat software itu disesuaikan dengan kebutuhan yang spesifik pengguna, seperti mengolah baju sesuai pesanan si pengguna. Pabrik mobil bersifat masal.


4. Mengapa ada proses atau tahapan dalam rekayasa perangkat lunak ?

Jawaban: Agar software dapat memenuhi kebutuhan si pengguna (user), dan program yang dibuat tidak “tambal sulam”


5. Jelaskan kegiatan Analis Sistem secara singkat!

Jawaban: Kegiatan analis sistem adalah kegiatan untuk melihat sistem yang sudah dan sedang berjalan, melihat bagian mana yang bagus dan tidak bagus, mendokumentasikan kebutuhan yang akan dipenuhi dalam sistem yang baru.


6. Sebutkan proses umum dalam merekayasa perangkat lunak?

Jawaban: Analisis – Perancangan – Implementasi – Pengujian


7. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat perangkat lunak agar mencapai tujuan pembuatan perangkat lunak yang berkualitas?

Jawaban: Spesification – Development – Validation – Evolution, (membuat spek, mengembangkan, mengecek/validasi –menyesuaikan)


8. Sebutkan Teknik Pengumpulan Data yang kalian ketahui ?

Jawaban: Wawancara, Kuesioner dan Observasi


9. Sebutkan singkatan dari DBMS dan SQL?

Jawaban: DBMS : DataBase Management System .SQL : Structure Query Language


10. Sebutkan 4 macam DBMS versi komersial yang sering digunakan sekarang ini?

Jawaban: Oracle, Microsoft SQL Server, IBM DB2, Microsoft Access


11. Apa yang dimaksud dengan software Engineering...

Jawaban: Disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan semua aspek produksi perangkat lunak dari tahap awal spesifikasi sistem hingga pemeliharaan sistem setelah mulai digunakan.


12. Bahasa Pemrograman untuk software Engineer adalah...

Jawaban: Java, PHP, HTML, Phyton, Ruby, C++

Berikut Contoh Soal Pilihan Ganda Rekayasa Perangkat Lunak

1. Apa yang dimaksud dengan software Engineering...

A. Disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan semua aspek produksi perangkat lunak dari tahap awal spesifikasi sistem hingga pemeliharaan sistem setelah mulai digunakan

B. Kemampuan dalam mengolah sistem 

C. Tindak lanjut dalam membuat source code

D. Suatu tindakan dalam pembuatan aplikasi

E. Semua benar


2. Bahasa Pemrograman untuk software Engineer adalah...

A. Word, Excel, Power point

B. Java, PHP, HTML, Phyton, Ruby, C++

C. PS, AI, Corel Draw

D. Myob

E. Web


3. Digunakan sebagai sarana bagi pemakai untuk memasukan data input bagi perangkat lunak yaitu...

A. Nirkabel

B. Monitor

C. Perangkat mouse

D. Printer

E. Keyboard


4. Pengumpulan kebutuhan dengan fokus pada perangkat lunak disebut...

A. Implementasi

B. Perancangan

C. Design

D. Analisis kebutuhan perangkat lunak 

E. Testing


5. Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan yaitu...

A. Evaluasi sistem

B. Membuat code 

C. Uji coba sistem

D. User interface

E. Menggunakan sistem


6. Prototyping adalah...

A. Suatu metode pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan tahap perancangan, model atau sampel dan uji coba yang dibuat untuk kebutuhan development sebagai tujuan untuk mengtahui apakah program berjalan sesuai yang direncanakan

B. Suatu tahap pembuat kode program

C. Sebuah hasil akhir yang akan dipresentasikan

D. Hasil final yang akan diedarkan 

E. Semua benar


7. Membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyajian pelanggan adalah...

A. Analisis kebutuhan

B. Membangun prototyping

C. Evaluasi sistem

D. Design

E. Pengumpulan kebutuhan


8. Berikut adalah contoh model proses perangkat lunak yang sering digunakan, kecuali...

A. Prototype

B. RAD

C. RDA

D. Waterfall 

E. Spiral


9. Berikut tahapan dalam pembuatan prototype, kecuali...

A. Pengumpulan kebutuhan

B. Membangun prototyping

C. Evaluasi prototyping

D. User interface

E. Menguji sistem


10. Digunakan untuk mengetahui kebutuhan aktivitas bisnis user adalah...

A. Flow map

B. Implentation prototyping

C. Desain prototyping

D. Feasibility prototyping

E. Requirement prototyping


11. Digunakan untuk menguji kelayakan dari teknologi disebut...

A. Feasibility prototyping

B. Desain prototyping

C. Implementation prototyping

D. Requirement prototyping

E. Flow map


12. Digunakan untuk mendororng perancangan sistem informasi disebut...

A. Feasibility prototyping

B. Desain prototyping

C. Implementation prototyping

D. Requirement prototyping

E. Flow map


13. Yang merupakan lanjutan dari rancangan protipe adalah...

A. Feasibility prototyping

B. Desain prototyping

C. Implementation prototyping

D. Requirement prototyping

E. Flow map


14. Program yang digunakan untuk membantu operasional bisnis yaitu...

A. Embedded software

B. Persoanl Computer 

C. Perangkat lunak waktu nyata

D. Perangkat lunak bisnis

E. Perangkat keras


15. Hasil kombinasi elemen-elemen dari model waterfall yang aplikasikan secara berulang adalah...

A. Model Boehm

B. Model Rapid

C. Model spiral

D. Prototype

E. Model incremental


16. Sistem operasi atau sebagai tuntutan atas perkembangan sistem komputer adalah...

A. Adaptive maintenance

B. Correctuve maintenance

C. Perfective maintenance

D. Linear maintenance

E. Integrity


17. Suatu proses dimana kebutuhan pemakai diterjemahkan menjadi produk perangkat lunak yaitu...

A. Siklus perangkat lunak

B. Proses pengembangan perangkat lunak

C. Proses pengembangan

D. Prototype

E. Adaptive


18. Dibawah ini yang termasuk kedalam bagaian prospek kerja RPL adalah...

A. Mobile developer

B. Software testing

C. System analysis

D. UI/UX designer

E. Benar semua


19. Fokus pada pengujian fungsionalitas objek atau metode disebut...

A. Unit testing

B. System testing

C. Component testing

D. Software testing

E. Opponent testing


20. Kelompok yang terkait dalam pengembangan perangkat lunak adalah...

A. User, developer

B.  Programmer, user

C. Management, programmer

D. Customer, user

E. Management, customer, developer


21. SDLC merupakan singkatan dari...

A. System Development Life Cycle

B. System Developer Life Circle

C. System DxDiag Loop Cycle

D. System Development Lopping Cycle

E. System Developer Live Cycle


22. Apa saja tahapan SDLC dibawah ini, kecuali....

A. Perencanaan

B. Coding

C. Desain

D. Implementasi

E. Testing


23. Menganalisis keperluan yang terdapat pada permasalahan dalam proses prototyping disebut proses...

A. Analisis

B. Perancangan

C. Desain

D. Testing

E. Pemeliharaan


24. Jika perangkat lunak sukses dipergunakan oleh pemakai. Pemeliharaan ini ditujukan untuk menambah kemampuannya seperti memberikan fungsi-fungsi tambahan, peningkatan kinerja adalah...

A. Linear maintenance

B. Adaptive maintenance

C. Perfektive maintenance

D. Prototyping

E. Corrective maintenance


25. Sekumpulan program yang dibangun untuk melayani program lain yaitu...

A. Developer

B. Program

C. Platform

D. Perangkat lunak sistem

E. Perangkat keras


26. Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak disebut...

A. Pengumpulan kebutuhan

B. Pengkodean sistem 

C. Evaluasi 

D. Membangun sistem

E. Analisis


27. Gambar dibawah ini merupakan sebuah tahapan dari metode...

Waterfall


A. SDLC

B. Waterfall

C. Prorotype

D. Spiral

E. RAD


28. Nama lain dari tahapan Requierement pada metode waterfall adalah...

A. Analisis kebutuhan

B. Desain sistem

C. Coding

D. Penerapan program

E. Pemeliharaan


29. Stereotype pada class diagram digambarkan dengan tanda...

A. Sepasang tanda // 

B. Sepasang tanda << dan >>

C. Sepasang tanda ; dan ;

D. Sepasang tanda { dan }

E. Sepasang tanda [dan ]


30. Pada UML, informasi yang unik dikenal dengan sebutan...

A. Generalization

B. Amplifier

C. Multifier

D. Realization

E. Qualifier

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Rekayasa Perangkat Lunak"