Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Mangkok Tepung Beras

 

Resep Kue Mangkok Tepung Beras

Resep Kue Mangkok Tepung Beras – Resep kue mangkok yang memiliki rasa manis ini biasanya disajikan dengan menggunakan taburan parutan kelapa sebagai pelengkap.

Disamping Kue Stik Keju, Anda tentu tidak asing dengan kue mangkok bukan? Penampilan kue mangkok yang hampir mirip dengan kue bolu kukus ini memiliki rasa yang sangat berbeda. Bahkan bahan-bahan yang digunakan juga sangat berbeda dengan.

Kue mangkok yang biasa di makan kelapa ini memiliki rasa manis dan sedikit gurih, namun tekstur kuenya sedikit lengket. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, maka Anda harus menyimak cara membuat Resep Kue Mangkok Tepung Beras berikut ini.

Bahan / Bumbu Kue Mangkok Tepung Beras:

50 gram gula pasir

Garam

5 lembar daun jeruk yang masih segar

2 lembar daun pandan yang masih segar

450 cc air atau 2 ¼ gelas

250 gram tepung beras

250 gram gula Jawa disisir

2 ½ gelas santan kelapa cair

2 sendok makan tepung sagu

1 sendok teh ragi instan

¼ sendok teh vanili cair

Bahan pelengkap kue mangkok:

Parutan kelapa

Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Mangkok Tepung Beras:

Siapkan loyang untuk mengukus kue mangkuk. Sebelum digunakan, alasilah bagian bawah dengan menggunakan kertas roti dan sisihkan.

Campurkan bahan gula merah, air, gula pasir, daun pandan, dan daun jeruk rebus semua bahan hingga mengeluarkan aroma yang harum dan gula Jawa larut dalam air. Agar gula mudah larut, aduk-aduklah saat dipanaskan.

Kemudian angkat dan saring, dan sisihkan

Langkah selanjutnya untuk membuat resep kue mangkok yaitu dengan mencampurkan bahan lain seperti tepung beras, sagu, ragi instan dan campurkan dengan air rebusan gula yang tadi telah disisihkan secara perlahan-lahan dan tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tercampur rata.

Masukkan cairan vanili, garam secukupnya, dan santan kelapa secara bertahap dengan terus diaduk selama 20 menit, atau hingga semua tercampur sempurna. Kemudian diamkan selama 3 jam.

Siapkan loyang cetakan untuk menuang adonan, cara menuangnya adalah, tuang dengan penuh pada cetakan. Lakukan hingga adonan habis.

Kemudian kukuslah selama 20 menit atau hingga kue matang, dengan menggunakan api besar. Kemudian angkat dan dinginkan. Sajikan dengan taburan parutan kelapa di atasnya agar lebih menarik dan gurih.

Nah, demikian tadi resep kue mangkok, agak sedikit susah namun Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk " Resep Kue Mangkok Tepung Beras"