Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak

 

Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak

Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak mudah dan praktis. Kue lapis membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama.

Siapa yang tak kenal dengan kue lapis? Ya, kue lapis termasuk ke dalam salah satu makanan khas dari Indonesia. Resep Aneka Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis ketika disantap. Sesuai dengan namanya, kue lapis biasanya memiliki beberapa warna yang membentuk lapisan kue. Kue lapis sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung beras, pewarna kue, garam, santan dan gula pasir. Proses pembuatan kue lapis sendiri dengan cara dikukus untuk setiap lapisan sebelum menambahkan lapisan tambahan pada bagian atasnya.

Kue lapis sendiri sudah banyak dijumpai di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Rasanya yang khas dan bentuknya yang cantik, membuat kue ini cocok dihidangkan baik saat acara formal maupun non formal. Biasanya, kue lapis sendiri terbuat dari 2-3 lapisan warna. Untuk pewarnanya, Anda bisa menggunakan pewarna makanan alami ataupun pewarna buatan. Resep kue lapis juga tidak terlalu sulit, hanya saja Anda membutuhkan kesabaran untuk membuatnya. Karena proses pengukusan kue yang dilakukan hingga beberapa tahap tergantung dari lapisan kue yang Anda buat.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana Kue Lapis Tepung Beras, ini dia langkah-langkah pembuatannya!

Ingredients

½ sdt garam

750 cc air santan

200 gram tepung beras

100 gram tepung kanji

½ sdm coklat bubuk

250 gram gula pasir

1 tetes pewarna makanan coklat

1 lembar daun pandan

Instructions

Langkah pertama rebus terlebih dahulu campuran garam, santan, daun pandan dan gula pasir. Kemudian aduk terus perlahan hingga mendidih supaya tidak pecah. Kemudian angkat dan saring.

Campur tepung beras dan tepung kanji, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan santan yang hangat tadi secara perlahan sembari diuleni hingga adonan licin.

Setelah itu bagi 2 adonan tadi, tambahkan pewarna makanan coklat untuk salah satu bagian adonan beserta coklat bubuk. Lalu aduk secara merata, biarkan adonan lainnya berwarna putih.

Siapkan loyang yang telah dioleskan minyak sebelumnya dengan dialasi oleh alas plastik lalu panaskan loyang.

Tuangkan sebanyak 2 sdm adonan kue lapis yang berwarna putih. Kemudian kukus hingga adonan bertekstur keras kira-kira 5 menitan.

Kemudian tuangkan kembali adonan di bagian atasnya, dan kukus lagi hingga mengeras. Anda bisa melakukan proses ini berulang kali dengan warna lapisan selang seling hingga adonan kue habis.

Setelah semua adonan abis, kukus kembali adonan hingga 50 menit agar kue lebih matang.

Kemudian angkat, dinginkan dan sajikan.

Itulah langkah-langkah resep kue lapis yang bisa Anda praktekkan di rumah. Baca juga Resep Kue Lapis Khas Surabaya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak"