Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Sebagian orang percaya bahwa konsumsi jeruk nipis dapat menurunkan berat badan. Namun, manfaat jeruk nipis untuk diet dan efektivitasnya masih menjadi kontroversi dan menimbulkan pertanyaan tersendiri. Nah, untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut ini.

Jeruk nipis kerap digunakan untuk menghilangkan rasa amis dan menambah cita rasa pada masakan. Rasanya yang asam tetapi menyegarkan, membuat jeruk nipis juga banyak diolah menjadi minuman untuk melepas dahaga.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan air. Satu buah jeruk nipis dapat memenuhi lebih dari 20% asupan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung nutrisi lain dalam jumlah kecil, yaitu:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Vitamin A, vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin D
  • Mineral, seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium

Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang diduga bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, kandungan asam sitrat ini dapat meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar kalori lebih banyak dan memangkas lemak di tubuh.

Fakta Seputar Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Setiap orang tentu mendambakan berat badan yang ideal. Beragam metode diet pun banyak yang menawarkan hasil instan. Namun, hati-hati, tidak semua cara diet sudah terbukti secara medis, termasuk menggunakan jeruk nipis untuk diet.

Berdasarkan hasil penelitian berskala kecil, orang yang menjalani diet dengan banyak mengonsumsi buah sitrus, seperti jeruk nipis dan lemon, dapat mengalami penurunan berat badan dan kadar lemak dalam tubuh.

Meski ada penelitian berskala kecil yang menunjukkan menfaat jeruk nipis untuk diet, tetapi efeknya pun hanya berlangsung untuk sementara waktu. Hal ini juga harus disertai dengan rutin berolahraga dan mengatur pola makan sehat.

Jadi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan seberapa efektif manfaat jeruk nipis untuk diet dan menjaga berat badan dalam jangka panjang.

Walau masih belum terbukti efektif untuk diet, buah ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan flu, serta mempercepat pemulihan luka dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen.

Selain itu, senyawa flavonoid dalam jeruk nipis juga bersifat antioksidan yang berperan untuk melindungi sel dari radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara Diet yang Tepat

Kunci dari menjalani diet adalah menyeimbangkan jumlah makanan yang dikonsumsi dengan aktivitas yang Anda lakukan. Jika Anda makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh, energi yang tidak terpakai akan disimpan sebagai lemak. Hal inilah yang membuat Anda mengalami kenaikan berat badan.

Sebaliknya, jika asupan makanan dikurangi atau olahraga dan aktivitas fisik ditingkatkan, berat badan pun akan berkurang. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, lakukan diet yang sehat agar berat badan turun secara perlahan tetapi konsisten.

Caranya, perbanyak konsumsi makanan tinggi protein, seperti daging tanpa lemak dan susu rendah lemak serta makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin, ya.

Namun, tidak ada salahnya untuk menambahkan jeruk nipis ke dalam menu makanan atau minuman Anda sehari-hari, karena buah ini mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet"