Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kista Ovarium Adalah

 

Kista Ovarium

Kista Ovarium adalah sebuah kantung kecil berisi cairan yang berkembang pada ovarium wanita.Kebanyakan kista tidak berbahaya, tetapi beberapa dapat menyebabkan masalah seperti pecah, perdarahan, atau sakit, dan pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan kista (s). Hal ini penting untuk memahami fungsi dari ovarium dan bagaimana bisa terbentuk kista.

Wanita biasanya memiliki dua ovarium yang menyimpan dan melepaskan telur.Setiap ovarium sebesar ukuran kenari, dan satu ovarium terletak di setiap sisi rahim.Satu ovarium menghasilkan satu sel telur setiap bulan, dan proses ini dimulai siklus menstruasi bulanan seorang wanita.

Telur tertutup dalam kantong yang disebut folikel.Telur tumbuh di dalam ovarium sampai estrogen (hormon), sinyal rahim untuk mempersiapkan diri untuk telur. Pada gilirannya, lapisan rahim mulai menebal dan mempersiapkan untuk implantasi telur yang dibuahi menghasilkan kehamilan. Siklus ini terjadi setiap bulan dan biasanya berakhir ketika telur tidak dibuahi. Semua isi rahim kemudian dikeluarkan jika telur tidak dibuahi. Hal ini disebut periode menstruasi.

Dalam gambar USG, kista ovarium menyerupai gelembung. Kista hanya berisi cairan dan dikelilingi oleh dinding yang sangat tipis. Kista jenis ini juga disebut kista fungsional, atau kista sederhana. Jika folikel gagal untuk pecah dan melepaskan sel telur, cairan tetap dan dapat membentuk kista di ovarium. Hal ini biasanya mempengaruhi salah satu indung telur. Kista kecil (lebih kecil dari satu-setengah inci) dapat hadir dalam ovarium normal sementara folikel sedang terbentuk.

Kista ovarium mempengaruhi perempuan dari segala usia. Sebagian besar kista ovarium dianggap fungsional (atau fisiologis). Hal ini berarti mereka terjadi secara normal dan bukan merupakan bagian dari proses penyakit.

Kista ovarium Kebanyakan jinak, yang berarti mereka tidak kanker, dan banyak menghilang sendiri dalam hitungan minggu tanpa pengobatan. Sementara kista dapat ditemukan pada kanker ovarium, kista ovarium biasanya mewakili suatu kondisi (jinak) tidak berbahaya atau proses yang normal. Kista ovarium terjadi paling sering selama bertahun-tahun subur seorang wanita.

Jenis yang paling umum dari kista ovarium adalah sebagai berikut:

  • Kista folikuler: Jenis kista sederhana dapat terbentuk ketika ovulasi tidak terjadi atau ketika folikel matang involutes (runtuh pada dirinya sendiri). Kista folikuler biasanya bentuk pada saat ovulasi dan dapat tumbuh menjadi sekitar 2,3 inci diameter. Pecah dari jenis kista dapat membuat sakit parah yang tajam pada sisi ovarium kista yang muncul. Rasa sakit tajam (kadang-kadang disebut mittelschmerz) terjadi di tengah-tengah siklus menstruasi, selama ovulasi. Sekitar seperempat perempuan dengan jenis rasa sakit kista pengalaman. Biasanya, kista ini tidak menghasilkan gejala dan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.
  • Kista korpus luteum: Jenis kista ovarium fungsional terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari folikel. Setelah ini terjadi, folikel menjadi apa yang dikenal sebagai korpus luteum. Jika kehamilan tidak terjadi, korpus luteum biasanya rusak dan menghilang. Mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan cairan atau darah dan menetap di ovarium. Biasanya, kista ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala.

  • Kista Dengue: Jenis kista fungsional terjadi ketika pendarahan terjadi di dalam kista.Gejala seperti sakit perut pada satu sisi tubuh mungkin hadir dengan jenis kista.

  • Kista dermoid: Ini adalah jenis tumor jinak kadang-kadang disebut teratoma kistik sebagai dewasa. Ini adalah kista abnormal yang biasanya mempengaruhi wanita muda dan dapat tumbuh sampai 6 inci diameter. Sebuah kista dermoid dapat berisi jenis lain pertumbuhan jaringan tubuh seperti tulang lemak dan kadang-kadang, rambut, dan tulang rawan.

Gambar USG dari jenis kista dapat bervariasi karena spektrum isi, namun CT scan dan pencitraan resonansi magnetik (MRI) dapat menunjukkan adanya kalsifikasi lemak dan padat.

Kista ini dapat menjadi meradang. Mereka juga dapat memutar sekitar (kondisi yang dikenal sebagai torsi ovarium), mengorbankan suplai darah dan menyebabkan nyeri perut yang parah.

Endometrioma atau kista endometrioid: Bagian dari kondisi yang dikenal sebagai endometriosis, jenis kista terbentuk ketika jaringan endometrium (jaringan lapisan rahim) hadir pada ovarium. Ini mempengaruhi wanita selama masa reproduksi dan dapat menyebabkan nyeri panggul kronis yang berhubungan dengan menstruasi.

Endometriosis adalah adanya kelenjar endometrium dan jaringan di luar rahim.

Wanita dengan endometriosis mungkin memiliki masalah dengan kesuburan.

Kista endometrioid, seringkali diisi dengan gelap darah, cokelat kemerahan, mungkin berbagai ukuran 0,75-8 inci.

Polikistik ovarium yang muncul-: polikistik ovarium yang muncul didiagnosis berdasarkan ukuran diperbesar nya – biasanya dua kali lipat dari normal – dengan kista kecil hadir di sekitar bagian luar ovarium. Kondisi ini dapat ditemukan pada wanita sehat dan pada wanita dengan hormon (endokrin) gangguan. USG digunakan untuk melihat ovarium dalam mendiagnosa kondisi ini.

Polikistik ovarium-yang muncul berbeda dari sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang termasuk gejala lain dan kelainan fisiologis di samping adanya kista ovarium.Sindrom ovarium polikistik melibatkan risiko metabolik dan kardiovaskular terkait dengan resistensi insulin. Resiko-resiko ini termasuk peningkatan toleransi glukosa, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Sindrom ovarium polikistik dikaitkan dengan ketidaksuburan, perdarahan abnormal, peningkatan insiden keguguran, dan terkait kehamilan komplikasi.

Sindrom ovarium polikistik sangat umum dan diperkirakan terjadi pada 4% -7% dari wanita usia reproduksi dan berhubungan dengan peningkatan risiko untuk kanker endometrium.

Cystadenoma: cystadenoma adalah jenis tumor jinak yang berkembang dari jaringan ovarium. Mereka dapat diisi dengan bahan cairan lendir tipe. Cystadenomas dapat menjadi sangat besar dan dapat mengukur 12 inci atau lebih dengan diameter.

Penyebab Kista ovarium

Berikut ini adalah faktor risiko yang mungkin untuk mengembangkan kista ovarium:

  • Sejarah kista ovarium sebelumnya
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Peningkatan distribusi lemak tubuh bagian atas
  • Awal menstruasi (11 tahun atau lebih muda)
  • Infertilitas
  • Hipotiroidisme atau ketidakseimbangan hormon
  • Tamoxifen (Soltamox) terapi untuk kanker payudara
  • Kontrasepsi oral / pengendalian kelahiran yang menggunakan pil mengurangi risiko pengembangan kista ovarium karena mereka mencegah indung telur dari memproduksi telur selama ovulasi.

Gejala Kista ovarium

Biasanya kista ovarium tidak menghasilkan gejala dan ditemukan selama pemeriksaan fisik rutin atau terlihat secara kebetulan pada USG dilakukan untuk alasan lain. Namun, gejala berikut mungkin hadir:

  • Nyeri perut bagian bawah atau panggul, yang dapat mulai dan berhenti dan bisa berat, tiba-tiba, dan tajam
  • Periode menstruasi yang tidak teratur
  • Merasa tekanan perut atau panggul lebih rendah atau kepenuhan
  • Jangka panjang nyeri panggul selama periode menstruasi yang mungkin juga dirasakan di punggung bawah
  • Panggul nyeri setelah latihan berat atau hubungan seksual
  • Nyeri atau tekanan dengan gerakan buang air kecil atau usus
  • Mual dan muntah
  • Vagina nyeri atau perdarahan dari vagina jerawatan
  • Infertilitas

Jika Anda mengalami penyakit ini, produk yang dapat kami sarankan adalah:

Niwana SOD dengan dosis 3 X 2 – 3 X 3 sachet diminum 1 jam sebelum makan. Berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kista.

Supergreen Food dengan dosis 2 X 10 diminum 2 jam setelah makan. Supergreen Food mengandung zat anti kanker untuk menghambat pertumbuhan kista menjadi kanker. 

Pembalut Natesh merupakan pembalut dan pantyliner yang bebas dioksin yang dapat mencegah pembentukan kista.

Posting Komentar untuk "Kista Ovarium Adalah"