Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur - Fitur Coreldraw - Dasar Desain Grafis

Fitur - Fitur Coreldraw - Desain Grafis

Corel draw adalah software grafik komputer yang dikembangkan oleh Corel Corporation. Di mana ini adalah perusahaan perangkat lunak yang basisnya berada di Ottawa, Kanada.

Software ini secara umum banyak digunakan untuk menciptakan gambar dan kerap kali digunakan untuk bidang percetakan, publikasi, dan sebagainya yang memerlukan adalah proses visualisasi.

Diketahui bahwa di dalam Corel Draw ini menyediakan banyak sekali fitur yang tujuannya untuk memudahkan pekerjaan para desainer. Untuk hasilnya, Anda tidak perlu meragukannya lagi. Karena gambar yang dihasilkan sangat berkualitas.

Fitur-Fitur coreldraw yang umum digunakan

Meski ada banyak sekali fitur yang disediakan di dalam Corel Draw, namun ada beberapa fitur tertentu yang paling sering digunakan khususnya oleh para desainer yang banyak menghabiskan waktunya bergelut dengan software ini. Berikut adalah fitur-fitur coreldraw tersebut.

Tool Box

Tool Box merupakan kotak yang berfungsi untuk menggambar, memodifikasi objek, memberikan sentuhan warna, dan menuliskan teks. Inilah kelebihan dari Corel, di mana Anda bisa memadukan desain yang berupa gambar dengan teks.

Tool Box sendiri memiliki beberapa fungsi di dalam tempat yang sama. Jika Anda ingin menggunakannya, maka Anda bisa meng-klik tanda segitiga berukuran kecil di bagian pojok kanan bawah di salah satu Tool Box.

Tool Bar

Tool Bar adalah kumpulan dari tombol shortcut yang berfungsi untuk melakukan perintah secara cepat. Perlu diketahui bahwa bagian shortcut inilah yang sering kali digunakan oleh desainer dalam mengerjakan tugas desain grafisnya.

Bahkan fitur ini juga mudah sekali untuk digunakan, sehingga hal ini mampu mendukung pekerjaan para desainer agar cepat selesai.

Menu Bar

Di dalam Menu Bar ini terdapat sekumpulan tombol teks yang fungsinya berbeda-beda dan sesuai dengan namanya. Banyak desainer yang memanfaatkan Menu Bar untuk mendapatkan effect yang berkaitan dengan vektor dan bitmap. Dengan begitu, hasil yang didapatkan pun bisa lebih maksimal.

Property Bar

Property Bar di dalam corel draw ini berisikan dengan kumpulan tombol, di mana isinya disesuaikan dengan tools yang Anda pilih di Tool Box. Letak dari Property Bar berada di bagian bawah Standard Toolbar dan tujuannya adalah untuk mempermudah di dalam menggunakan fasilitas Tool Box maupun perintah yang terpilih.

Docker

Docker adalah kotak dialog yang berisi banyak tombol perintah. Di mana Docker ini berguna untuk mengatur, memberikan effect pada suatu objek maupun teks. Contoh dari jendela dialog Docker yang bisa dimunculkan adalah Uniform Fill. Untuk memunculkannya, Anda bisa meng-klik alat Color Docker Windows yang ada di Tool Box Outline Tool maupun di Fill Tool. Selain itu juga bisa dimunculkan melalui menu Windows dan meng-klik sub menu Docker.

Rulers

Alat ukur yang berupa penggaris ini terletak di bagian atas dari Drawing Page serta juga ada di sebelah kanan Drawing Page. Rullers berfungsi untuk menjadi pedoman dalam menunjukkan ukuran objek dan tata letak dari desain yang Anda buat.

Drawing Page

Inilah yang paling sering digunakan dalam Corel Draw. Inilah tempat kerja utama untuk mendesain objek dan juga sebagai area cetak suatu desain.

Status Bar

Posisi Status Bar berada di bawah program sebelah kanan. Di dalamnya berisi informasi tentang objek atau teks berupa bentuk, ukuran, warna, outline, jenis huruf, dan format gambar. Untuk mengubahnya, Anda bisa menggunakan Status Bar.

Posting Komentar untuk "Fitur - Fitur Coreldraw - Dasar Desain Grafis"