Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Jaringan Komputer Extranet

Penjelasan Jaringan Extranet
Jaringan Extranet

Pada zaman sekarang yang maju dan sudah melek IT seperti sekarang pastinya kita sudah pernah mendengar tentang internet atau bahkan sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jaringan internet menjadi kebutuhan bagi setiap orang, karena tanpanya kita tidak dapat mengetahui informasi dengan cepat dan juga tepat. Dengan mengakses internet, kita dapat menerima begitu banyak informasi yang ada saat ini dengan cepat.

Dalam teknologi jaringan internet juga biasanya dimanfaatkan dalam organisasi, perusahaan dan lain sebagainya untuk jaringan pribadi mereka yang biasa disebut dengan Jaringan Komputer Extranet.

Pada materi lanjutan ini yang sebelumnya sudah dijelaskan tentang jaringan komputer internetjaringan komputer intranet dan pada kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang jaringan komputer extranet. Berikut penjelasan lengkapnya :

Pengertian Jaringan Komputer Extranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet merujuk ke jaringan dalam sebuah organisasi, menggunakan internet untuk terhubung ke orang luar dalam cara yang terkontrol. Ini membantu untuk berhubungan bisnis dengan pelanggan dan penyalur mereka dan karena itu memungkinkan bekerja secara kolaboratif.

Extranet tersebut bisa diartikan juga sebagai intranet pada suatu perusahaan yang bisa dilebarkan untuk pengguna yang ada di luar perusahaan. Perusahaan yang sudah membangun teknologi estranet ini dapat bertukar sejumlah data yang memiliki volume yang besar dengan hanya menggunakan Electronic Data Interchage (EDI).

Extranet tersebut juga sudah merujuk ke dalam jaringan pada suatu organisasi, dengan menggunakan internet tersebut dapat membuat orang yang berada di luar perusahaan tetap bisa terhubung dengan suatu organisasi dengan terkontrol.

Hal tersebut juga bisa membantu suatu perusahaan untuk menghubungkan bisnis dengan para pelanggannya, dan juga penyalur-penyalur mereka dengan dapat bekerja dengan lebih kolaboratif. Aplikasi yang dapat digunakan sebagai extranet yaitu seperti aplikasi Lotus Notes.

Menggunakan Extranet juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dalam menggunakan Extranet :

1. Kelebihan Extranet

Kelebihan dalam menggunakan Extranet untuk keperluan suatu perusahaan maupun organisasi yaitu :
  1. Dapat meningkatkan efektivitas dalam berbisnis
  2. Dapat mengurangi dalam menggunakan kertas
  3. Dapat melihat berkas-berkas proyek yang sebelumnya sebagai bahan perbandingan
  4. Dapat mempercepat proses dan juga arus informasi
  5. Dapat mengurangi biaya dalam transfortasi, komunikasi dan juga administrasi
  6. Dapat mengakses draft beberapa dokumentasi dan juga dapat presentasi multimedia yang berguna untuk komentar maupun persetujuan klien.
2. Kelemahan Extranet

Kelemahan dalam menggunakan Extranet untuk keperluan suatu perusahaan maupun organisasi yaitu :
  1. Pada saat mengawali pengembangan biasay yang dikeluarkan cenderung mahal
  2. Untuk melakukannya, harus membuat kontrak dalam beberapa waktu untuk bisa mengembangkan, merencanakan, melakukan review dan melaksanakannya
  3. Harus melakukan pemeliharaan secara teratur, upgrade dan lain sebagainya

Manfaat Jaringan Komputer Extranet

Extranet membuktikan untuk menjadi model sukses untuk semua jenis bisnis baik besar maupun kecil. Berikut adalah beberapa keuntungan dari extranet untuk karyawan, penyalur (supplier), mitra bisnis, dan pelanggan:


Masalah pada Jaringan Komputer Extranet

Terpisah untuk keuntungan yang ada juga beberapa masalah terkait dengan extranet. Permasalahan ini dibahas di bawah ini:

Hosting
Halaman extranet akan diselenggarakan yaitu yang akan menjadi tuan rumah halaman extranet. Dalam konteks ini ada dua pilihan:

Meng-host di server Anda sendiri.
Host dengan Internet Service Provider (ISP) dengan cara yang sama sebagai halaman web.

Tapi hosting extranet halaman di server Anda sendiri memerlukan koneksi internet bandwidth tinggi yang sangat mahal.

Keamanan
Keamanan firewall tambahan diperlukan jika Anda meng-host halaman extranet di server Anda sendiri yang menghasilkan mekanisme keamanan yang kompleks dan meningkatkan beban kerja.

Accessing Issues
Informasi tidak dapat diakses tanpa koneksi internet. Namun, informasi dapat diakses di Intranet tanpa koneksi internet.

Penurunan Interaksi
Ini mengurangi face dengan interaksi face dalam bisnis yang mengakibatkan kurangnya komunikasi antara pelanggan, mitra usaha dan penyalur (supplier).

Fungsi Jaringan Komputer Extranet

Extranet juga memiliki fungsi yang sangat berguna untuk perusahaan, organisasi dan lain sebagainya. Fungsi dari extranet yaitu biasanya sangat sering digunakan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan berbisnis.

Dengan extranet, perusahaan dapat melakukan pertukaran data yang jumlah volumenya sangat besar dan bisa digunakan juga untuk jaringan kerjasama.

Untuk keamanan dari mengakses Extranet Anda tidak perlu ragu lagi, karena keamanan datanyaakan tetap terjaga. Hal itu dikarenakan data yang dapat dilihat hanyalah sebagiannya saja.

Tidak hanya itu, fungsi dari extranet juga bisa memperluar suatu jaringan intranet yang umumnya untuk menghubungkan suatu jaringan yang satu dengan jaringan lokal dengan jaringan lokal yang lainnya.

Komponen Jaringan Komputer Extranet

Didalam Extranet, juga memiliki komponen. Komponen-komponen tersebut sangat penting didalam teknologi jaringan extranet. Karena komponen ini merupakan hal yang wajib dimiliki untuk mendukung adanya extranet.

Komponen-komponen tersebut yaitu meliputi :

1. Protokol TCP/IP

Komponen yang pertama dari extranet yaitu protokol TCP/IP. Protokol TCP/IP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol. Nama TCP/IP dijadikan satu, itu dikarenakan fungsinya yang selalu bergandengan antara satu dengan lainnya di dalam suatu komunikasi data.

Definisi dari TCP/IP yaitu merupakan suatu software atau perangkat lunak dari jaringan komputer yang tersedia di dalam satu sistem, dan dapat membuat komputer yang satu dengan komputer yang lainnya bisa melakukan transfer data dalam satu kelompok jaringan atau network.

2. E-mail

Komponen yang kedua dari extranet yaitu E-mail. Email dianggap sangat penting untuk suatu perusahaan, organisasi maupun lembaga yang lainnya, karena dengan email kita dapat melakukan pertukaran data dengan cepat dan juga aman.

Email merupakan singkatan dari electronic mail. Definisi dari email tersebut yaitu suatu surat maupun pesan dengan memiliki format digital. Tidak hanya itu, email juga saat ini merupakan layanan yang banyak sekali diakses oleh masyarakat karena sangat mudah dilakukan dan juga sangat mudah untuk diakses melalui berbagai macam gadger seperti komputer, laptop, tablet, ipad, smartphone dan lainnya.

3. Web-Browser

Komponen yang ketiga dari extranet yaitu Web browser. Definisi dari web browser yaitu merupakan satu aplikasi yang bisa menjelajahi, mengambil serta dapat menyajikan sejumlah konten yang tersedia di berbagai macam sumber informasi dalam jaringan internet yaitu WWW.

Tidak hanya itu, adapun juga yang beranggapan definisi dari web browser yaitu merupakan satu software yang mempunyai fungsi yang menjadi pengakses, penerima dan juga penyaji informasi yang tersedia di internet.

4. Eksternal Mitra Bisnis

Komponen keempat dari extranet yaitu Eksternal Mitra bisnis. Dimana biasanya ketika ingin menggunakan extranet, pasti suatu perusahaan memiliki mitra bisnisnya yang berada di luar perusahaan untuk dapat bekerja sama.

5. Tele-commuting karyawan pesanan tempat, status cek & kirim E-mail

Komponen extranet yaitu telecommuting. Dimana telecommuting ini merupakan suaru perjanjian kerja yang mana karyawan tersebut dapat memesan tempat, mengecek status dan juga mengirimkan email.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai pengertian extranet, fungsi extranet dan komponen-komponen yang terpenting di dalam extranet tersebut. Semoga dengan artikel ini Anda dapat dengan mudah memahami mengenai Extranet.

Perbedaan Jaringan Extranet dan Intranet

Tabel berikut menunjukkan perbedaan antara Intranet dan Extranet:

ExtranetIntranet
Jaringan internal yang dapat diakses secara eksternal.Jaringan internal yang tidak dapat diakses secara eksternal
Extranet adalah ekstensi dari Intranet perusahaanHanya terbatas pada pengguna perusahaan.
Untuk terbatas eksternal komunikasi antara pelangganpenyalur (supplier) dan mitra bisnis. Hanya untuk komunikasi dalam perusahaan

Sumber Materi : nesabamedia.com dan kapalomen.com

Posting Komentar untuk "Penjelasan Jaringan Komputer Extranet"