Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pemrograman Dasar Kelas 10 - Multimedia

 

Materi Pemograman Dasar Kelas 10 - Multimedia
Materi Pemograman Dasar

Materi Pemrograman Dasar kelas 10 - diperuntukan penggunaannya oleh para siswa di kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia yang berfokuskan ke materi dasar-dasar Algoritma pemrograman, flowchart, dan logika pemrograman.

Materi Pemrograman Dasar kelas 10 ini memiliki 14 Kompetensi Dasar atau modul pengetahuan dan ketrampilan yang dapat dipelajari melalui berbagai media.

Perkembangan teknologi saat ini berjalan sangat cepat, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Kebutuhan akan kecepatan akses dan pengolahan informasi menjadi satu kebutuhan masyarakat modern. Sebagai contoh saat ini hampir semua layanan baik yang diberikan pemerintah, swasta, perusahaan, toko dan sebagainya sudah memanfaatkan sistem informasi, baik dalam bentuk program aplikasi komputer (aplikasi komputer), web, dan sebagainya.

Program-program komputer ini sangat membantu baik penyedia layanan, maupun masyarakat sebagai pihak konsumen, karena pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah. Kalian bisa membayangkan, bagaimana jika sebuah supermarket tanpa dilengkapi dengan aplikasi kasir. Satu persatu barang harus dilengkapi harganya, kasir harus menghitung semua belanjannya dengan kalkulator, jika pelanggan membeli barang satu troli penuh, berapa lama waktu yang diperlukan untuk, melayani satu pembeli? Tentu ini akan menghabiskan tenaga dan waktu yang banyak. Dengan adanya aplikasi kasir lengkap dengan barcode reader semua menjadi sangat mudah dan cepat. Pelanggan pun tidak perlu lama-lama menunggu dan mengantri.

Aplikasi komputer tersebut dibuat dengan software-softwrae pengembangan aplikasi seperti Java, Visual basic, Delphi, dan sebagainya. Dalam pembuatan sebuah aplikasi, pengembang software harus terlebih dahulu mengenali permasalahan dan tujuan aplikasi, untuk kemudian menyusun solusi permasalahan dalam bentuk langkah-langkah yang disebut dengan algoritma, kemudian menuangkannya dalam kode-kode pemrograman sesuai dengan teknologi yang digunakan apakah Java, VB, Delphi atau yang lain.

Pengantar  Pemrograman

Belajar memprogram adalah belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah tersebut kemudian menuangkannya dalam suatu notasi yang disepakati bersama.

“lebih bersifat pemahaman persoalan, analisis, sintesis”

Belajar bahasa pemrograman adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan sintaks (tatabahasa), setiap instruksi yang ada dan tata cara pengoperasian kompilator atau interpreter bahasa yang bersangkutan pada mesin tertentu.

“BELAJAR MEMPROGRAM””

TIDAK SAMA DENGAN

“BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN

Sebagai Pengetahun Belajar Pemograman Dasar Baca penejelasannya....!!!

Klik Pada Gambar Berikut:

Bahasa Pemograman

Materi Pemrograman Dasar SMK kelas 10 Semester 1 dan 2

Pemrograman dasar Kelas 10 Semester 1

  1. Cara membuat flowchart online di google draw
  2. Cara membuat flowchart di MS-Word
4.2 Melakukan instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
  1. Praktik instalasi LARAGON aplikasi server lokal bahasa pemrograman PHP
  2. Praktik instalasi XAMPP aplikasi server lokal bahasa pemrograman PHP
  3. Praktik instalasi IDLE Python aplikasi bahasa pemrograman
  4. Praktik instalasi Visual Studio Code Editor bahasa pemrograman PHP dan Python
  5. Praktik instalasi extension PHP di Visual Studio Code
3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur pemrograman
  1. Praktik menampilkan string Hello world menggunakan fungsi print() sesuai sintaks bahasa pemrograman python
3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta,operator dan ekspresi
  1. Praktik menerapkan variabel pada bahasa pemrograman python
  2. Praktik menerapkan komentar python pada script pemrograman python
4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika
3.6 Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
4.6 Membuat kode program dengan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
3.7 Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman
4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman

Pemrograman dasar Kelas 10 Semester 2

3.8     Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memory
4.8     Membuat kode program menampilkan data array
3.9     Menerapkan penggunaan fungsi
4.9     Membuat kode program penggunaan fungsi
3.10   Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi
4.10   Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi
3.11   Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface)
4.11   Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface)
3.12   Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
4.12   Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
3.13   Mengevaluasi debuging pada aplikasi sederhana
4.13   Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana
3.14   Mengevalusai paket installer aplikasi sederhana
4.14   Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana

Posting Komentar untuk "Materi Pemrograman Dasar Kelas 10 - Multimedia"