Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman Komputer

 

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman Komputer

Perangkat Lunak Bahasa pemrograman adalah software bahasa komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan printah program yang telah dibuat oleh program. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur terntentu (syntax), dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Berbeda dengan bahasa, misalkan Bahasa Indonesia dan Inggris yang merupakan bahasa alamiah (natural language), sintaksis dan semantik bahasa pemrograman komputer ditentukan secara jelas dan terstruktur, sehingg bahasa pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language). Jadi dengan kata lain seperti translator ke bahasa mesin.

Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.

Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language), merupakan bahasa pemrograman dimana pengguna instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti “STO” artinya simpan (STORE) dan “MOV” artinya pindahkan (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah assembler.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, contoh bahasa level ini adalah: Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain. Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi .net (baca: dot net) seperti Visual Basic.NET dan Delphi.Net yang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada aran berbasis internet.

Sejauh ini bahasa pemrograman dikelompokkan menjadi lima generasi. Setiap generasi bahasa pemrograman memiliki karakteristik tersendiri. Semakin maju generasinya maka orientasi bahasa pemrograman ini akan semakin dekat ke manusia.

Pengertian Perangkat Lunak Bahasa Pemrogaman

Bahasa Pemrograman atau Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman (Language Software) merupakan Program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (Machine Language), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.

Program tersebut digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis pada bahasa program ke bahasa mesin (Machine Language). Bahasa Pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang Programmer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau Software dan untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa Pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan.

Macam Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman Komputer

Penerjemah Bahasa Pemrograman dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu Asembler, Kompiler dan Interpreter.

  1. Asembler adalah Program yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly0 kedalam bahasa mesin. bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada dalam komputer yang biasanya diwakili oleh kode bilangan biner angka 1 (satu) dan angka 0 (nol)
  2. Kompiler adalah Program penerjemah yang mengonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan menjadi kode objek. Hasil berupa kode objek inilah  yang dapat dijalankan oleh komputer, Proses untuk melakukan penerjemahan ini biasa disebut kompilasi.
  3. Interpreter adalah Program yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber kemudian menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut.

Pada dasarnya bahasa komputer dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu bahasa mesin dan bahasa assembly (Kedua bahasa ini termasuk bahasa tingkat rendah / Low level language), Bahasa tingkat Tinggi (High level language), serta Bahasa generasi keempat.

Bahasa Tingkat Rendah (Low level language)

1)  Bahasa Mesin
Bahasa mesin termasuk kedalam bahasa tingkat rendah (Low level language)  karena sifat dari bahasa mein lebih berorientasi pada mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada didalam komputer yang biasanya diwakili oleh angka 1 (Satu) dan 0 (nol).

2)  Bahasa Assembly
Bahasa Assembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa Assembly kebanyakan digunakan untuk pengendalian Hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode biner, misalnya JNZ (Jump non zero) yang artinya lompatlah jika tidak sama dengan nol.

Bahasa Tingkat Tinggi (High level language)

Bahasa tingkat Tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena memang dirancang untuk orang yang awam. Bahasa pemrograman yang termasuk kedalam bahasa tingkat tinggi adalah sebagai berikut.

1)      JAVA
Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:

  • Programming-language specification
  • Application-programming interface
  • Virtual-machine specification
Bahasa Java dapat dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded .

2)      C
Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc.( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

Kelebihan Bahasa C :
Beberapa alasan mengapa bahasa C banyak digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer
  • Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci
  • Proses executable program bahasa C lebih cepat
  • Dukungan pustaka yang banyak Keandalan bahasa C dicapai dengan adanya fungsi-fungsi pustaka. Dlsb
Selain alasan tersebut ada beberapa alasan lain mengapa menggunakan bahasa C, yaitu:

C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi. Program C yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C. C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikit. Kata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan bahasa tingkat rendah. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C yang sangat cepat.

Adapun kekurangan yang biasa di Bahasa C antara lain :

  • Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
  • Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.
3)      PHP
PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan Server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu, banyak website-website ternama seperti Facebook, Wordpress , ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Ledrorf.

4)      Python
Python adalah bahasa Pemrograman yang freeware (gratis/tidak berbayar) Tidak ada batasan dalam penyalinannya mauPun mendistribusikannya Lengkap dengan source code, debugger, profiler antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka fungsi sistem GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya.

Dalam tingkatan bahasa pemrograman Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web maupun berbasis mobile. Python sangat mendukung pada beberapa sistem operasi seperti UNIX DOS, Windows, OS/2), Macintosh. Banyak perusahaan besar menggunanakan Phyton dalam pengembangannya seperti Instagram, Pinterest, dan Yahoo. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang Python yang telah memiliki lebih dari 6000 anggota. Grup ini cukup aktif, Grup ini bernama Python Indonesia.

5)      JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang JavaScript ini dengan nama JavaScript Indonesia. Grup yang beranggotakan lebih dari 10 ribu orang ini masih aktif sampai sekarang.

6)      C#
C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# banyak digunakan untuk mengembangkan Software  yang menggunakan platfrom Windows.

7)      Objective-C
Objective-C adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple. Bahkan sistem operasi IOS pun dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C ini.

8)      ActionScript
ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMA Script yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tetapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.

Bahasa Generasi ke-Empat

1)      Visual Basic
2)      C++
3)      J#

Posting Komentar untuk "Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman Komputer"