Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Peralatan untuk Koneksi Internet

 

Jenis Peralatan untuk Koneksi Internet
Koneksi Internet

Jenis Peralatan untuk Koneksi Internet sangat berperan aktif dalam kelancaran mengakses internet. Tanpa kita sadari, ada banyak perangkat keras yang berperan di dalamnya. Mungkin kita berpikir untuk bisa mengakses internet yang terpenting harus ada komputer, laptop, dan smartphone. Tapi ternyata, yang terpenting bukan hanya terbatas itu karena ada banyak perangkat keras yang digunakan untuk disambungkan dengan internet. Perangkat keras ini secara fisik dapat kita lihat dan kita raba secara nyata.

Dalam membangun suatu jaringan komputer, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah perangkat keras komputer.

Peralatan yang Digunakan Untuk Mengakses Internet

  • Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.

  • Modem (Modulator Demodulator)

Fungsi :  mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet.

  • Saluran Telepon, TV kabel, ISDN, Handphone

Saluran Telepon (Line Telepon)
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet.

TV Kabel
Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn, indosat, linknet, centrin, dan mynet.

ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi system telepon analog ke system digital.

Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider).
Di dalam ISDN terdapat dua jenis pelayanan, yaitu:

  1. Basic Rate Inteface (BRI)
  2. Primary Rate Interface (PRI)

Satelit
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter.

Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

Handphone
Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service), GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps.

Router
Router mempunyai fungsi yang sama dengan Switch, tetapi lebih pintar. Kelebihan Router dibanding Switch adalah fungsi routing dan gateway-nya. Fungsi routing berguna untuk memilih rute yang terbaik dalam jaringan, sedangkan gateway berfungsi seperti komputer server.


Pada saat sekarang ini sudah ada jenis modem tertentu yang juga mempunyai fungsi sebagai router, gateway atau switch. Jadi pada saat kita ingin melakukan sharing internet ke beberapa komputer cukup membeli modem model tersebut.

Macam-macam layanan Internet

Jenis layanan internet yang dapat Anda pilih tergantung pada penyedia jasa layanan Internet (ISP) di sekitar Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan Internet yang umum.

Dial-up: Layanan ini merupakan layanan internet yang kecepatannya paling lambat, dan Anda sebaiknya tidak menggunakannya kecuali layanan ini adalah satu-satunya layanan yang tersedia di wilayah Anda. Dial-up menggunakan saluran telepon Anda, jadi Anda tidak dapat menggunakan telepon dan internet bersamaan kecuali Anda memiliki beberapa saluran telepon.

DSL: Layanan ini menggunakan koneksi broadband dimana kecepatannya jauh lebih cepat daripada layanan dial-up. DSL terhubung ke Internet melalui saluran telepon, tetapi tidak mengharuskan Anda memasang telpon di rumah. DSL berbeda dengan dial-up yaitu Anda dapat menggunakan Internet dan telepon Anda pada waktu yang bersamaan.

Kabel: Layanan ini terhubung ke Internet melalui kabel TV, meskipun Anda tidak perlu memiliki TV untuk menggunakannya. Layanan ini juga menggunakan koneksi broadband dan lebih cepat dari dial-up dan DSL; namun layanan ini dapat digunakan jika di wilayah Anda telah terpasang jaringan kabel TV.

Satelit: Koneksi satelit juga menggunakan broadband tetapi tidak membutuhkan kabel atau saluran telepon; namun melalui satelit yang mengorbit bumi. Dengan demikian, layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja tetapi dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Koneksi satelit biasanya lebih lambat daripada layanan DSL atau kabel.

3G dan 4G: layanan 3G dan 4G ini paling sering digunakan di ponsel yang terhubung secara nirkabel melalui jaringan seluler Anda. Namun, jenis layanan ini tidak secepat DSL atau kabel. Penyedia layanan ini juga membatasi jumlah pemakaian data yang digunakan setiap bulan, yang berbeda dengan sebagian besar layanan broadband.

Hal yang dapat Anda lakukan melalui internet

Salah satu fitur yang bermanfaat dari internet adalah fitur untuk berkomunikasi kapanpun dengan siapapun di dunia . E-mail adalah salah satu fitur yang telah lama digunakan sejak internet muncul yang dapat dipakai untuk berkomunikasi dan berbagi informasi ke semua orang di dunia yang terhubung ke internet. Media sosial dapat digunakan untuk membuat komunitas online.

Masih banyak hal lainnya yang dapat Anda lakukan melalui internet. Ada ribuan situs web informatif seperti berita atau berbelanja online. Anda dapat membayar tagihan, mengelola rekening bank, bertemu orang-orang baru, streaming video , atau mempelajari ketrampilan-ketrampilan baru. Semuanya itu dapat Anda lakukan melalui situs web.

Posting Komentar untuk "Jenis Peralatan untuk Koneksi Internet"