Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Jaringan LAN

 

Desain Jaringan LAN
Desain Jaringan LAN

Jaringan komputer adalah hubungan dua buah device ataupun lebih yang digunakan untuk berkomunikasi diantara device tersebut. Untuk membangun sebuah jaringan komputer, diperlukan sebuah media Transmisi baik menggunakan Kabel maupun menggunakan Wireless.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Jaringan Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan komputer terkecil untukpemakaian pribadi. Local Area Network (LAN) memiliki skala jangkauan mencakup 1 KM hingga 10 KM, dalam bentuk koneksi wired (kabel), wireless (nirkabel), maupun kombinasi keduanya.

Jaringan Local Area Network (LAN) umum juga disebut sebagai intranet. Local Area Network (LAN) beda dengan jaringan internet. Sesuai namanya, jaringan ini bersifat private, yaitu hanya diperuntukkan bagi pengguna di dalam internal organisasi, perusahaan, instansi, dll.

Untuk membuat jaringan LAN kita membutuhkan beberapa peralatan yang akan digunakan, alat tersebut yaitu:

  1. Komputer atau Laptop
  2. LAN card/ethernet card
  3. Switch
  4. Kabel UTP/ethernet cable
  5. RJ 45
  6. Crimping tool
  7. LAN tester

Topologi Jaringan

Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya. Dan juga setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Jika kabel UTP sudah terpasang dengan baik ke konektor dan semua konektor sudah terpasang di komputer/laptop dan ujung yang lainnya sudah terpasang di Switch maka kita akan membuat LAN (Local Area Network) dengan menggunakan topologi star. 

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama yaitu klik kanan pada Start Menu kemudian pilih Settings.

2. Setelah form jendela Setting tersebut terbuka langkah selanjutnya kemudian klik pada bagian Network and Internet.

3. Setelah itu pilih Ethernet.

4. Kemudian setelah itu pada bagian sebelah kanan terlihat beberapa menu, lalu pilih saja Change Adapter Options.

5. Setelah muncul jendela baru Network Connections kemudian pada Ethernet Adapter klik kanan lalu pilih Properties.


6. Selanjutnya cari Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Klik 2x untuk membuka Properti-nya.


7. Setelah jendela Properti muncul, isi IP Address sesuai dengan IP Address yang akan digunakan, untuk contohnya seperti gambar berikut:



8. Lakukan pada komputer/laptop lainnya tetapi dengan IP Address yang berbeda, misalnya pada komputer/laptop pertama menggunakan IP Address 192.168.1.1 , pada komputer/laptop kedua 192.168.1.2 , pada komputer/laptop ketiga 192.168.1.3 .

9. Lakukan Ping ke IP Address komputer lainnya melalui CMD dengan cara mengetik "Ping IP Address komputer/laptop lain", contohnya "Ping 192.168.1.1" , jika mengeluarkan informasi seperti Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time=19ms TTL=112 berarti koneksi berhasil seperti gambar di bawah ini.

Catatan:

Terkadang ada kendala ketika semua setting IP Address sudah benar tetapi koneksi semua komputer/laptop belum bisa benar-benar terhubung. ini biasanya dikarenakan setting pada Firewall masih aktif sehingga koneksi semua komputer/laptop masih di Block oleh masing-masing sistem operasi Windows 10, solusinya adalah mematikan Firewall Windows 10 tersebut. Berikut ini langkah-langkah mematikan Firewall pada Windows 10

Untuk melihat Desain Topologi Jaringan Komputer anda bisa klik TOPOLOGI JARINGAN

Posting Komentar untuk "Desain Jaringan LAN"