Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prosedur Penggantian Komponen Perangkat Keras

 

Prosedur Penggantian Komponen Perangkat Keras
Penggantian Komponen Perangkat Keras

Untuk mengganti komponen komputer ada beberapa yang menjadi sedikit rumit, tetapi itu adalah sesuatu yang dapat dipelajari oleh siapa pun. Dalam hal untuk menggantikan perangkat komputer itu sama halnya seperti kita pada saat merakit komputer.

Kita dapat membongkar semua perangkat keras komputer hanya dengan obeng standar. Beberapa bagian bahkan tidak memerlukan obeng, komputer desain terbaru yang menggunakan banyak penutup yang dapat diputar dengan tangan kosong dan membuat semuanya sesederhana mungkin. Ketika kita membongkar komputer, kita akan memiliki banyak sekrup untuk membuka. Dan Jika kita berencana mengganti pendingin CPU atau CPU, pastikan kita memiliki beberapa pasta termal yang berguna untuk menerapkannya kembali.

Mengganti RAM Komputer

Cara termudah untuk meningkatkan kinerja komputer adalah meningkatkan RAM. Menambahkan kapasitas memori memberikan sistem operasi meningkat kinerjanya dan lebih baik untuk menjalankan aplikasi seperti Photoshop dll. Menggantikan RAM pada komputer cukup sederhana, kita hanya perlu memastikan memiliki modul memori yang kompatibel dengan motherboard kita. Pada dasarnya, kita hanya perlu mencari tahu jenis RAM.

RAM
RAM

Setelah kita memiliki dan membeli RAM yang sesuai dengan motherboard, kita masuk ke langkah - langkah mengganti RAM pada komputer. Berikut ini adalah langkah - langkah mengganti RAM.

Langkah - Langkah Mengganti RAM Komputer:

1. Yang pertama anda lakukan tentunya membuka kesing CPU anda. Jangan takut dalam membuka kesing CPU anda. Karena tidak akan ada kerusakan selama anda benar - benar memperhatikan baut mana saja yang harus di buka (sebaiknya posisi CPU di tidurkan).

2. Cari komponen RAM anda.

3. Untuk membukanya buka pengunci slot ( di setiap ujung slot memory pada motherboard ). Tekan pengunci RAM tersebut bersamaan di setiap ujung RAM.

4. Setelah terbuka saran saya di bersihkan terlebih dahulu tempat slot RAM komputer anda. Biasanya terdapat banyak debu di bagian itu.

5. Setelah anda bersihkan, ambil RAM yang akan menggantikan RAM lama, lalu masukan kedalam slot RAM secara bersamaan (kanan dan kirinya). Perlu di perhatikan sebelum anda memasukan RAM pada slot RAM, anda harus memastikan bahwa RAM tersebut tidak terbalik. Karena bila terbalik anda memasangnya, tidak akan bisa pas dengan slot RAM.

6. Setelah berhasil memasang RAM tersebut, silahkan anda coba untuk menghidupkan komputer anda. Bila tidak terjadi kesalahan maka komputer akan berjalan normal seperti biasanya.

7. Setelah komputer anda berhasil hidup dengan normal. Maka pasang kembali kesing - kesing yang sudah anda lepas pada langkah pertama.

Mengganti Harddisk Komputer

Pada umumnya, sebuah kasing komputer akan menyediakan tempat khusus untuk pemasangan hard disk internal yang berukuran 3,5 inci. Tempat pemasangan tersebut disebut dengan driver bay atau driver cage. Ppenempatan dari bay dan cage tersebut berbeda-beda tergantung dari desain case komputer. Akan tetapi standar keduanya diposisikan di bagian depan bawah dalam kasing komputer, dekat dengan kipas intake.

Harddisk
Harddisk

Langkah mengganti dan memasang harddisk komputer.

1. Siapkan Kabel SATA.
2. Cari Kabel Power Sata di Power Supply.
3. Masukkan Harddisk ke Casing.
4. Sambungkan Kabel Sata ke Motherboard dan Harddisk.
5. Sambungkan Kabel Power SATA ke Harddisk.

Mengganti Prosessor

Memasang processor pada motherboard bagi orang yang terbiasa melakukannya adalah pekerjaan yang sangat mudah, tapi lain hal bagi yang baru perama kali melakukannya, rasa takut salah begitu besar. 

Slot Prosessor
Slot Prosessor

Langkah mengganti prosessor

  1. Buka casing CPU komputer kamu.
  2. Cari komponen motherboard yang biasanya dijadikan rumah processor.
  3. Buka pengait atau kunci processornya.
  4. Lepas processor lama dengan cara mengangkat dari pinggir terlebih dahulu.
  5. Masukkan processor baru namun harus dengan teliti dan memperhatikan panah pada bagian sisi samping processor, posisikan panah dengan icon panah yang sama di rumah processornya.
  6. Kunci kembali seperti posisi awal.
  7. Akan lebih baik oleskan pasta khusus bernama Thermal Paste, oleskan sedikit saja jangan banyak-banyak. Tujuan diberikan Thermal Paste ini adalah untuk menjaga suhu processor lebih adem.
  8. Pasang kipas processor diatasnya, kaitkan dengan pengunci yang sudah tersedia di area motherboard.
  9. Kemudian pasang kabel kipasnya, colokkan ke bagian soket yang biasanya berada di samping dudukan kipasnya.
  10. Selesai, sekarang prosessor sudah terpasang dengan baik dan benar.

Posting Komentar untuk "Prosedur Penggantian Komponen Perangkat Keras"