Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melaksanakan Perbaikan Pada Instalasi Software Aplikasi

 

Cara Perbaikan Instalasi Software Aplikasi
Perbaikan Pada Instalasi Aplikasi

Cara Perbaikan Pada Instalasi Software Aplikasi, Sebagian kita pengguna komputer mungkin sering terjadi penggunaan aplikasi eror dan perlu perbaikan pada instalasi software aplikasi. 

Nah, jika kita mengalami atau berhadapan dengan kondisi tersebut jangan panik ataupun khawatir. Terlebih yang kita hadapi ini adalah permasalahan perangkat lunak komputer ataupun smartphone. Ada banyak cara yang dapat kita coba dan lakukan guna mengatasi permasalahan eror pada atau rusaknya aplikasi instalasi software aplikasi dan yang paling penting adalah jangan takut untuk mencoba dan melakukan.

Pada pembahasan kali ini, kita akan coba mengulas tentang prosedur dan teknik pemeriksaan atau permasalahan pada installasi software aplikasi. Tentunya kita berharap setelah kita membaca materi ini, Kita mampu secara mandiri untuk menyelesaikan berbagai macampermasalah terjadi kerusakan pada instalasi software aplikasi, sehingga tidak perlu lagi pergi ke toko service komputer, atau merepotkan orang lain yang biasanya kita repotkan.

Cara Perbaikan Instalasi Software Aplikasi Pada Komputer

Ada banyak penyebab ataupun alasan mengapa hal-hal sering terjadinya kerusakan pada instalasi software aplikasi tentunya pada komputer kita. Apapun itu permasalahannya, tentunya akan ada tahapan ataupun langkah-langkah untuk mengatasinya. Menghadapi masalah yang berkaitan dengan komputer  itu, gampang-gampang susah. Sebelum kita mengulas pembahasan atau langkah yang lebih dalam, berikut ini adalah beberapa tips dan langkah umum untuk dapat menyelesaikan perbaikan instalasi software aplikasi pada komputer:

1. Melihat dan Mencatat Tahapan Apa Yang Kita Lakukan

Tahapan ini mungkin berguna bagi anda yang sedikit paham tentang permasalahan yang sering terjadi pada software aplikasi komputer. Akan tetapi, bisa jadi suatu waktu kita menemui masalah yang cukup sulit dari biasanya.  Catatan ini berguna untuk membantu orang lain, atau tukang service yang akan kita minta bantuan nanti, sehingga mereka tahu apa yang harus mereka lakukan lagi, setelah tahu tahapan yang sudah coba kita lakukan untuk menyelesaikan persoalkan yang kita temui.

2. Catat notifikasi kesalahan, pesan error atau detail permasalahan

Hal ini berguna agar kita dapat mencari solusi penyelesaian di internet berdasarkan apa yang kita catat, terutama pesan error.

3. Hidupkan Ulang (restart) Komputer

Cara ini adalah cara yang paling simple untuk menyelesaikan masalah saat instalasi software aplikasi. Akan tetapi cara ini juga tidak berlaku untuk semua kejadian.

Melaksanakan SOP dan K3LH perbaikan pada instalasi software aplikasi

Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan pokok mengenai prosedur dan teknik pemeriksaan permasalahan pada instalasi software aplikasi. Prosedur atau lebih tepatnya kita katakan sebagai Standar Operasi Prosedur (SOP) merupakan tahapan atau langkah yang harus kita perhatikan dan ikuti demi terjagannya aspek K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja). SOP juga dapat kita anggap sebagai manual prosedur dalam menggunakan atau mengoperasikan sesuatu. Dalam kaitannya dengan komputer, setiap software yang akan kita instal memiliki SOP (tahap instalasi) nya masing-masing. Meski demikian, terkadang masih saja ada permasalahan yang kita temui saat kita menginstal sebuah software aplikasi. Berikut adalah prosedur dan teknik pemeriksaan jika kita menemui masalah dalam proses instalasi software aplikasi.

1. Searching atau kunjungi official website dari software aplikasi yang kita akan instal, dan cari informasi tentang system requirement dari software tersebut. Sebagai contohnya adalah system requirement (SR) untuk menginstal software aplikasi word 2010, adapun system requiretmentnya adalah:
    • Prosessor minimal Intel Pentium III dengan kecepatan 500 MHz
    • RAM minimal 256 MB PC100
    • Sistem operasi minimal Windows XP Professional Service Pack 3
    • Space available minimal 1 GB
2. Pastikan system requirement ataupun spesifikasi perangkat kita cukup dan mendukung untuk menginstal software aplikasi tersebut. Untuk mengecek spesifikasi pada komputer, kita dapat melihatnya dengan cara:
    • Tekan tombol kombinasi windows + R lalu tekan enter
    • Ketikan dxdiag lalu tekan enter dan jika ada pop-up tekan enter saja lagi
    • Cek dan pastikan perangkat kita memenuhi kriteria dari SR.
3. Pastikan juga driver dari perangkat keras serta sistem operasi pada komputer kita, sudah di install terlebih dahulu.

4. Jika ketiga langkah diatas sudah kita lakukan, coba untuk melakukan proses installasi.

Perlu kita ketahui hampir seluruh software aplikasi membutuhkan file ataupun software lain terlebih dahulu untuk diinstal, agar software aplikasi dapat diinstal ataupun dapat berjalan dengan baik. Software tersebut biasanya kami sebut sebagai plugin dan source, adapun beberapa contoh software aplikasi yang termasuk dalam plugin dan source adalah :

- Windows NET Framework
- VCRedist X86 untuk sistem operasi windows 32-Bit atau X64 untuk 64-Bit
- Silverlight
- Adobe Flash Palyer Plugin baik yang Activex, NPAPI, ataupun PPAPI
- Adobe Shockwave Player
- Adobe Air
- Java SE Development Kit
- WinRAR atau aplikasi serupa kompresi lainnya.

Posting Komentar untuk "Melaksanakan Perbaikan Pada Instalasi Software Aplikasi"