Penulisan Proposal Film Pendek "Iklan Layanan Masyarakat" Untuk UKK Multimedia

 


Penyusunan proposal ujian kompetensi keahlian multimedia ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) dan Ujian akhir Nasional (UAN) dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa telah melaksanakan dan menyelesaikan proposal hasil pembuatan film pendek atau iklan layanan masyarakat yang telah dibuat.

Contoh:

Cover Proposal "Judul Film Pendek"

Lembar Pengesahan

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan rahmat dan karunianya-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal pembuatan iklan layanan masyarakat bertema Kebersihan Lingkungan dengan judul “BAHAYA SAMPAH”.

Penulis berusaha dengan segenap kemampuan yang dimiliki dan kerja keras semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang baik dan bermanfaat.

Dalam pembuatan proposal ini penulis menemui beberapa kesulitan, akan tetapi berkat dorongan dan bantuan semua pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan proposal ini.

Akhirnya penulis mengucapkan terima kasih, semoga Allah S.W.T membalas amal baik kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal Uji Kompetensi ini. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi penulis maupun pembaca.

Daftar Isi....

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

“Dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan yang harus disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung.”

Contoh 1 : (Tema "Kebersihan Sekolah") - (Judul " Akibat Sampah")

Sampah merupakan suatu pokok permasalahan yang banyak diperbincangkan oleh orang-orang, seperti yang kita ketahui jumlah sampah di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan, ini di sebabkan karena jumlah populasi penduduk di Indonesia setiap tahunnya bertambah dan kebutuhan akan pendudukpun semakin banyak yang mengakibatkan populasi sampah berkembang, hal ini menyebabkan keadaan yang tidak seimbang dan harus adanya suatu pergerakan untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai, dengan pemanfaatan tersebut dapat mengurangi tingkat sampah di sekitar kita.

Sampah juga merupakan suatu barang yang sudah tidak terpakai lagi dan tidak digunakan lagi. Apabila tidak di tangani dengan benar akan menimbulkan bau yang tidak sedap, sumber berbagai penyakit, penyumbatan saluran air dan juga dapat menyebabkan banjir.

Seiring berjalannya waktu maka ditemukanlah cara untuk menanggulangi sampah. Dulu sampah hanya dibiarkan sampai menimlbukan bau tidak sedap, sekarang sampah dimanfaatkan menjadi sumber penghasilan. Misalnya, sampah organik yaitu sampah sisa-sisa makanan di jadikan kompos,pupuk dll.sedangkan sampah anorganik diantaranya sampah plastik di jadikan kerajinan tangan atau di daur ulang

Contoh 2:

Film atau iklan sangat tepat digunakan sebagai media komunikasi satu arah, mengingat film atau iklan yang digunakan memuat konten cerita fiktif atau cerita tentang kenyataan yang terjadi di dalam masyarakat.

Media elektronik televisi merupakan media yang paling banyak digunakan dalam berkomunikasi dengan masyarakat, karena dinilai dapat lebih luas menjangkau masyarakat yang merupakan target atau sasaran dari hal yang ada di dalam iklan tersebut.

Iklan juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan dari sebuah film pendek yang berisi himbuan-himbauan atau larangan-larangan yang bersifat memberi informasi dan menarik minat dari penonton dengan menggunakan konsep visual yang berbentuk film.

B. Rumusan Masalah
  • Bagaimana menghasilkan sebuah film atau Iklan yang mampu menyampaikan pesan dan diterima oleh masyarakat?
  • Bagaimana memilih media promosi pendukung yang tepat guna memperoleh tanggapan yang positif dari target audience ?
C. Tujuan Perancangan
  • Memproduksi sebuah film atau Iklan yang mampu menyampaikan pesan dan diterima oleh masyarakat?
  • Menciptakan media promosi pendukung yang tepat guna memperoleh tanggapan yang positif dari target audience ?

BAB II IDENTIFIKASI DATA/ TENTANG PRODUK/LANDASAN TEORI

1. Penjelasan Tentang Produk/ Tema yang diangkat
2. Penjelasan Keunggulan
3. Kegunaannya
4. Target

BAB III KONSEP PERANCANGAN/PROSES PRODUKSI

   Film atau Iklan “KEBERSIHAN“ memiliki latar belakang cerita tentang seorang pelajar...........
2. Sinopsis
3. Skenario Produksi/Storyline
4. Konsep Promosi
5. Waktu dan Tempat/


No.
Kegiatan
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pembuatan proposal
















2
Membuat sinosis
















3
Membuat sekenario
















4
Membuat  storyboard
















5
Menyiapkan alat dan bahan
















6
Pengambilan gambar produksi
















7
Editing video
















8
Finising (perbaikan, labeling, covering)


















Tempat yang digunakan dalam proses produksi, diantaranya:
  • Ruang kelas XII Multimedia 1 SMK Negeri 1 ..... sebagai tempat dimulainya pencarian ide, merancang skenario (skenario produksi), sinopsis dan storyline, mengidentifikasi kebutuhan shooting, dll.
  • Laboratorium Multimedia SMK Negeri 1 ...., sebagai tempat untuk proses produksi, termasuk menyunting audio dan video dan finishing film pendek tersebut.
  • Tempat lainnya yang digunakan sebagai lokasi shooting (tuliskan tempatnya)

6. Alat dan Bahan
7. Personel atau Pemain
8. Biaya
9. Pasca Produksi

Pada tahap pasca produksi penulis menceritakan secara singkat proses penyuntingan (edit) hasil pengambilan gambar, meliputi editing, titling, visual graphic, animasi dan efek visual (kalau ada), backsound, audio dubbing (sesuaikan dengan proses pada masing-masing produksi film pendek), dan terakhir proses rendering.

BAB IV PENUTUP “Kesimpulan dan Saran”


Post a Comment

1 Comments