Jenis Kamera Video Profesional

 

Jenis Kamera Profesional

Jenis Kamera Video adalah alat atau perlengkapan yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar bergerak. Seiring berjalannya waktu banyak jenis kamera yang dibuat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Apa saja sih jenis kamera yang paling sering digunakan sampai saat ini? Yuk, kenali selengkapnya!

Kamera Studio

Kamera studio biasanya berukuran sangat besar dan cukup berat untuk digunakan dilapangan. Karena itu, dalam penggunaannya harus disertai tripod. Untuk mendukung pergerakan kamera, kaki tripod dipasang dengan roda yang disebut dolly. Selain tripod, kamera studio juga dikendalikan oleh pedestal studio yaitu sebuah kolom tunggal yang terdapat dalam roda untuk mendukung kamera dan dikendalikan dengan mekanisme hidronik atau pnematik. Kamera studio umumnya digunakan untuk berbagai program televisi yang dilakukan dalam studio televisi dan membutuhkan lebih dari satu.

Kamera Studio

Kamera Lapangan

Ketika kamera studio digunakan dilapangan untuk meliputi berbagai kegiatan seperti kegiatan olah raga maka kamera tersebut dinamakan kamera lapangan. Perbedaan dengan kamera studio adalah terletak pada jenis lensa yang digunakan. Biasanya kamera lapangan menggunakan lensa yang memiliki rasio zoom yang tinggi dan berukuran lebih besar dibandingkan dengan kamera studio.


Kamera HDV Camcoder

Camcorder atau camera dan recorder adalah kamera video portable yang dengan videotape recorder atau alat perekam lainnya yang dipasang pada kamera untuk membentuk satu unit kamera. Camcorder pada umumnya dapat dibawa, dan sebagian digunakan untuk produksi televisi siaran. 

Kamera HDV

Kamera EFP

Kamera Electronic Field Production atau kamera EFP adalah kamera berkualitas tinggi yang memiliki kemiripan dengan kamera studio yang digunakan terutama pada konfigurasi kamera. Kamera EFP hampir tidak pernah digunakan untuk electronic news gathering (ENG) namun digunakan diluar studio untuk membuat film dokumenter, meliputi konser, serta olah raga. Seluruh pengambilan gambar ditujukan untuk pengeditan pasca produksi.

Kamera EFP

Kamera DSLR

Kamera DSLR sejatinya dirancang untuk fotografi. Dikarenakan kamera DSLR sensor yang tinggi dan dapat menghasilkan gambar yang berkualitas, terkadang kamera DSLR digunakan juga untuk produksi video atau pembuatan film. Resolusi tinggi yang disandingkan dengan memory kapasitas besar menjadikan kamera DSLR sebuah kamera yang atraktif yang tidak hanya dapat digunakan dalam fotografi melainkan juga pembuatan film.

Kamera DSLR

Kamera ENG

Kamera electronic news gathering (ENG) awalnya dirancang untuk digunakan oleh operator kamera berita dalam jurnalistik televisi. Namun, kini kamera ENG juga digunakan untuk produksi video lainnya seperti pemutaran drama, dokumenter, pembuatan film dan video pelatihan perusahaan. Kamera ENG berukuran besar dan lebih berat dan biasanya dilengkapi dengan dudukan kamera pada bahu agar kamera dapat ditempatkan di bahu operator kamera dengan baik.  Umumnya kamera ini dibawa dengan menggunakan tangan sehingga memudahkan untuk mengontrol lensa zoom bekerja.

Kamera ENG

Kamera Sinema Digital

Merupakan kamera HDTV super khusus atau camcorder yang dapat menghasilkan gambar beresolusi tinggi secara ekstrem. Kamera sinema digital maksudnya kita menggunakan sebuah kamera televisi digital atau camcorder untuk membuat film. Kamera ini memiliki sensor CMOS (Complementary metal-oxide-semiconductor) sangat tinggi. Kamera sinema digital dirancang mirip dengan kamera televisi camcorder yang dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi.


Kamera HDTV

Digunakan dalam studio dan lapangan. Umumnya kamera ini menghasilkan gambar yang lebih tajam , warna yang lebih baik dalam kontras antara gelap dan terang dibandingkan kamera televisi standar. Untuk mencapai gambar yang memiliki tingkat resolusi yang tinggi, HDTV tidak dapat bergantung pada improvisasi sistem pemindaian melainkan membutuhkan CCD yang berkualitas tinggi, lensa spesifik, alat pemrosesan sinyal, viewfinder dan monitor yang dapat mengakomodasi  gambar secara horizontal dengan aspek rasio 16×8.

Kamera HDTV

Bagaimana? Sudah menemukan jenis kamera video yang kalian cari selama ini? Semoga dengan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua...

Post a Comment

0 Comments