Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alamat IP Address Private dan Public

Alamat IP Address Private dan Public
Alamat IP Address Private dan Public

Jaringan komputer dikenal dua tipe alamat IP yaitu public dan private. Secara umu alamat diberikan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk terhubung ke Internet. Bagi host pada organisasi yang tidak memerlukan akses langsung ke Internet alamat IP yang tidak menduplikasi alamat umum yang sudah diberikan masih tetap dibutuhkan. Suatu alamat IP pada alamat pribadi tidak pernah diberikan sebagai alamat umum. Alamat IP di dalam alamat pribadi dikenal sebagai alamat pribadi atau Private. Dengan memakai alamat IP pribadi, pemakai dapat memberikan proteksi dari para hacker jaringan.

IP Address yaitu suatu alamat untuk terhubung ke perangkat berupa komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana yang dapat terhubung di jaringan komputer. IP address dibagi menjadi 2 yaitu berupa IP public dan IP private.

IP Public

IP Public adalah alamat IP address yang ditugaskan untuk setiap komputer saling terhubung dengan internet dan dimana setiap IP address adalah unik. Maka bisa dikatakan komputer memliki IP address yang sama dalam seluruh internet. Skema untuk alamat komputer menemukan satu sama lain dan melakukan pertukan informasi. Pengguna tidak memeliki kontrol terhadap IP public yang diberikan ke komputer. IP address public ditugaskan untuk komputer oleh Internet Service Provider secara langsung setelah komputer terhubung dengan gateway internet.

IP address public dapat berupa statis atau dinamis, sebuah IP address static tidak dapat berubah dan digunakan untuk hosting halaman web atau layanan internet. Sebuah alamat IP public yang dinamis dipilih dari sebuah pool yang tersedia pada alamat dan perubahan masing-masing terjadi satu kali untuk menghubungkan ke internet. Sebagian besar pengguna internet hanya akan memiliki IP dinamis yang bertugas untuk setiap komputer, ketika terjadi tidak terkoneksi atau jaringan terputus apabila menghubungkannya kembali maka akan mendapat IP baru.

Contoh IP public dinamis untuk akses speedy modem adalah 125.126.0.1.

IP Private

IP address dianggapa pribadi jika nomor IP termasuk pada salah satu antara alamat IP untuk jaringan pribadi seperti Local Area Network (LAN), Internet Assigned Numbers Authority (IANA) telah mereservd tiga blok berikut ruang IP address Private untuk jaringan Local.

IP Private adalah IP address dalam jaringan intranet (jaringan pribadi), termasuk di rumah, sekolah dan LAN agar komputer dalam jaringan dapat berkomunikasi satu sama lainnya. Pengguna yang menggunakan IP private tidak dapat terhubung langsung ke internet ataupun komputer diluar jaringan lokal tanpa bantuan router atau perangkat pendukung seperti NAT (Network Address Translation). 

Contoh IP private untuk akses di LAN modem adalah 192.168.1.1.

Perangkat dengan IP private tidak dapat langsung terhubung dengan internet. Demikian juga komputer diluar jaringan local tidak dapat langsung terhubung dengan IP pribadi, hal ini memungkinakan untuk terhubung 2 jaringan dengan bantuan router atau perangkat lain yang Network Address Translation (NAT).

Jika jaringan pribadi yang terhubung ke internet menggunkan ISP maka setiap computer akan memiliki IP sendiri maupun IP public, IP address private digunakan dalam jaringan dimana IP public digunakan untuk komunikasi melalui internet. Kebanyakan pengguna internet dengan koneksi DSL / ADSL akan memiliki IP public.

Untuk dapat mengetahui IP private harus dengan memasukan command “ ipconfig “ pada command prompt. Jumlah yang kita lihat terhadap IPv4 adalah IP pribadi kita yang dalam banyak contoh adalah 192.168.1.1 atau 192.168.1.2. Berbeda dengan IP public sendiri IP address yang selalu statis dan alami.

Fungsi IP private untuk meningkatkan keamanan jaringan dan menghemat ruang pengalamatan. IP private memiliki range sebagai berikut:

Kelas A dari 10.0.0.0 sampai dengan 10.255.255.255 dengan total addresses 16,777,216.
Kelas B dari 172.16.0.0 sampai dengan 172.16.255.255 dengan total addresses 1, 048, 576.
Kelas C dari 192.168.0.0 sampai dengan 192.168.255.255 dengan total addresses 65, 536.

IP Private ditentukan dan dialokasikan ke pelanggan oleh ISP (Internet Service Provider). Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur kepemilikan range IP dan memberikan masing-masing ISP untuk mengalokasikan pengalamatan IP individu ke pelanggan.

Demikian untuk materi Alamat IP Address Private dan Public pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Semester 2

Posting Komentar untuk "Alamat IP Address Private dan Public"