Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Vue Js dan Node Js

 

Mengenal JavaScript : Perbandingan Vue Js dan Node Js

Mengenal JavaScript : Perbandingan Vue Js dan Node Js

Secara sederhana, JS sendiri adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat konten yang bersifat dinamis atau bergerak.

Jika dibandingkan dengan konten statis, konten website yang dinamis tentu terasa lebih hidup sehingga akan jauh lebih menarik di mata pengunjung. Karena itulah kita wajib mempelajari apa itu JS, contoh library serta penerapannya pada sebuah web hosting. Jika belum mengetahui hosting mana yang bagus, ada pilihan hosting DomaiNesia.

Untuk memudahkan kamu memahami tentang JS atau JavaScript, pada artikel ini kita akan bahas lebih dalam mengenai pengertian dari JavaScript dan juga manfaatnya untuk website. 

Apa itu JS?

JavaScript atau sering disebut juga dengan js merupakan bahasa pemrograman yang dimanfaatkan untuk mengembangkan sebuah website supaya lebih dinamis. Pentingnya konten yang terasa hidup bertujuan untuk meningkatkan interaksi dengan visitor dan membuat pengunjung terhindar dari kebosanan. 

Yang dimaksud dengan konten dinamis di sini adalah konten-konten yang bisa bergerak atau berubah tanpa harus memuat ulang website secara manual. 

Contoh Library JavaScript

Setelah membahas tentang apa itu JS? Selanjutnya kamu mungkin perlu memahami dan melihat contoh pemanfaatannya pada sebuah website. 

Fungsi dari js sendiri adalah untuk membuat website terasa lebih hidup agar visitor semakin tertarik dan betah berlama-lama di website kamu. Contoh konten yang bisa dibuat dinamis antara lain seperti, maps, animasi, polling, slide show dan lain sebagainya.

Pada awalnya, javascript hanya bekerja dari sisi klien saja, sehingga untuk pengolahan kode pemrogramannya hanya dilakukan di sisi browser. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, javascript juga dapat digunakan dari sisi server dengan bantuan berbagai macam framework seperti node js atau vue js.

Apa itu Vue JS?

Singkatnya, Vue JS merupakan sebuah library JavaScript yang dimanfaatkan untuk membuat tampilan sebuah website supaya lebih interaktif. Fitur utama yang ada di dalamnya yaitu komposisi element dan rendering. Akan tetapi untuk aplikasi yang jauh lebih kompleks perlu juga build-tool, routing, state manajemen dan lainnya.

Vue JS lebih terfokus pada vue layer. Framework yang satu ini jauh lebih mudah diintegrasikan dan diimplementasikan dengan library lain maupun dengan project yang telah dibuat sebelumnya. Vue JS menggunakan name, id, maupun class dari sebuah component html.

Bisa dikatakan perkembangan Vue JS sangat pesat untuk sebuah framework yang masih cukup baru. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang menggunakannya, seperti Adobe dan Google.

Kelebihan Vue JS

Kelebihan Vue JS antara lain adalah ukuran memori yang dibutuhkan lebih kecil, dokumentasinya cukup lengkap dan memiliki dukungan stok plugin yang lengkap. Selain itu, Vue JS juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti components, event handling, directives, templates, routing dan lainnya.

Apa itu Node JS?

Node JS merupakan runtime environment lintas platform single thread yang dibuat menggunakan JavaScript V8 Chrome dan banyak dimanfaatkan oleh para developer untuk merancang berbagai macam project secara lebih mudah dan efisien.

Dibandingkan dengan framework lain, Node JS memiliki alur kerja yang jauh lebih spesifik karena software beroperasi dalam sebuah thread yang mana tidak membuat thread baru untuk tiap permintaan. Thread sendiri merupakan sebuah permintaan yang dikirim oleh server.

Node JS tidak akan membuang resource CPU dengan menunggu respond dan memblokir thread, namun justru akan tetap mengerjakan tugas berikutnya sehingga bisa menangani beberapa permintaan dalam satu waktu.

Kelebihan Node JS

Setelah mengetahui jawaban dari apa itu Vue JS dan apa itu JS? Selanjutnya kita bahas mengenai apa saja kelebihan Node JS dibanding dengan framework lain. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Node JS.

Kelebihan pertama dari Node JS yaitu mampu memproses kode dengan sangat cepat dan hasilnya maksimal karena telah dilengkapi dengan Engine V8. Engine V8 sendiri merupakan sebuah compiler JavaScript yang memanfaatkan bahasa pemrograman C++ dan memiliki tiga komponen utama yaitu optimizer, garbage collector dan compiler.

Kelebihan lain dari Node JS yang tak kalah menarik yaitu mudah dipelajari. Seorang programmer yang masih dalam level junior tentu butuh waktu untuk beradaptasi sehingga dengan adanya Node JS ini akan sangat berguna karena lebih mudah dipelajari.

Itulah pembahasan singkat mengenai apa itu JS? manfaat dan contohnya. Sebenarnya masing-masing framework JavaScript memiliki keunggulan masing-masing. Kamu hanya perlu memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan saja. 

Terkait Vue JS dan Node JS, keduanya juga sama-sama baik untuk digunakan membuat aplikasi atau website agar terlihat lebih modern. Kamu bisa menggunakan informasi terkait kelebihan dan kekurangan dari masing-masing library di atas untuk menemukan teknologi yang pas sesuai apa yang diinginkan.

Posting Komentar untuk "Perbandingan Vue Js dan Node Js"