Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK

Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK

Mata Pelajaran Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Transformasi jurusan atau kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) sangat dinamis mengingat awalnya jurusan ini bernama Multimedia atau yang lebih dikenal dengan singkatan MM hal ini tentunya bukan tanpa dasar melainkan adanya Spektrum SMK Pusat Keunggulan sektor Ekonomi Kreatif, kompetensi keahlian Multimedia di SMK berganti menjadi Desain Komunikasi Visual (DKV).

Daftar Mata Pelajaran Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu jenjang pendidikan menengah yang mengedepankan praktik Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam kegiatan pembelajaranya.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menyiapkan tenaga terampil tingkat menengah, sehingga alumni SMK jurusan ini diharapkan bisa langsung kerja sesuai kompetensinya.

Kompetensi keahlian atau biasa dikenal dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan keterampilan minimal yang harus dikuasai oleh anak SMK ini.

Pengertian Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah bagian dari ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, dengan memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. Karena unsur pesan memiliki peran yang sangat penting, lulusan jurusan DKV diharapkan mampu mengeloah pesan tersebut menjadi sesuatu yang menarik, informatif, dan komunikatif, sehingga bisa disampaikan secara efektif.

Jurusan ini bukan hanya dituntut jago gambar, tetapi juga harus mampu menghasilkan karya seni agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seperti mempengaruhi perilaku seseorang. Sebagai bagian dari cabang ilmu desain, pada jurusan ini mahasiswa akan dibantu untuk bisa mengembangkan bahasa visual dalam bentuk gambar, sekaligus mengolah pesan dalam bentuk kata, agar pesan tersebut mampu diterima oleh sasaran dengan baik.

Pengetahuan dan Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kemampuan komunikasi verbal, visual, dan tekstual

  1. Keterampilan menggambar teknis
  2. Kemampuan mengoperasikan software gambar
  3. Kreatif dan inovatif
  4. Kemampuan melakukan analisis
  5. Kemampuan berpikir kritis

Mengenal SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Pada proses pembelajaran 3 tahun, para siswa SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual memfokuskan diri pada keahlian di bidang DKV. Tujuan utama dari SMK adalah agar siswanya bisa cepat bekerja setelah lulus, sehingga penekanan materi pembelajaran lebih kepada keahlian teknis, yaitu membuat sebuah karya desain. Siswa akan difokuskan pada penguasaan sebuah software desain, seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa mata pelajaran yang akan diajarkan pada SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual :

Dasar-dasar Seni Rupa

Materi pokok mata pelajaran ini adalah membahas mengenai unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini diantaranya antara lain adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar.

Gambar

Mata pelajaran ini membekali siswa dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat.

Sketsa

Materi pokok pada mata peajaran ini adalah tentang pengertian, jenis, sejarah awal, perkembahan, dan tokoh seniman sketsa.

Desain Publikasi

Desain publikasi akan mempelajari tentang bagaimana merancang hingga membuat konsep karya desain publikasi baik indoor maupun outdoor.  Siswa juga akan dibekali bagaimana mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi, hingga menghitung biaya produksi desain.

Komputer Grafis

Pada mata pelajaran Komputer Grafis siswa akan diajarkan untuk mengolah gambar secara digital dengan bantuan software- software yang ada untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sesuai imajinatif kreatif para desainer. Siswa akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain, sehingga siswa bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain.

Fotografi

Pada mata pelajaran Fotografi ini siswa akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis kamera, teknik penggunaan kamera, hingga mempresentasikan hasil karya fotografi. Siswa juga akan diajarkan bagaimana fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan sehingga selain menggunakan prinsip dan teknik secara estetika fotografi juga terdapat strategi untuk menyampaikan pesan tersebut.

Videografi

Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam Desain Komunikasi Visual, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kompetensi keahlian (jurusan) memiliki standar sendiri-sendiri yang tercantum dalam Struktur Kurikulum.

Dalam Kurikulum 2013 Revisi, SMK memiliki banyak Kompetensi Keahlian (jurusan) salah satunya adalah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang merupakan jurusan cukup langka, sebab SMK yang membuka jurusan ini jumlahnya tidak banyak.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK, merupakan jurusan yang menyiapkan tenaga terampil di bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) yang profesional.

SMK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari seluk beluk seni, kelas X pada jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) mata pelajaranya sama dengan mata pelajaran jurusan Seni Lukis dan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang terdiri dari: Dasar-dasar Seni Rupa, Gambar, Sketsa.

Lulus dari SMK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) akan mahir membuat sketsa untuk kebutuhan Desain Publikasi, Komputer grafis, Fotografi dan Videografi.

Di SMK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) siswa akan latih dalam pekerjaan yang kaitanya dengan Desain Komunikasi Visual (DKV), sesuai dengan Mata Pelajaran yang diajarkan dari kelas X (sepuluh) sampai kelas XII (dua belas).

Pelajaran dasar akan dipelajari di kelas X (sepuluh), kemudian di kelas XI dan XII akan mempelajari secara detil Desain Komunikasi Visual (DKV)nya.

Bagi kamu yang ingin berkarir dan suka dengan Desain Komunikasi Visual (DKV), jurusan ini sangat cocok sebagai modal dasar pengetahuan dan keterampilan di bidang Desain Komunikasi Visual (DKV).

Prospek/ peluang kerja untuk lulusan SMK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) (3 Tahun) sangat banyak dan terbuka lebar.

Ini merupakan peluang emas untuk SMK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk mengisi trend Seni, khususnya Desain Komunikasi Visual (DKV) tersebut.

Peluang kerja dan peluang wiraswasta untuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) juga sangat terbuka lebar.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/KK/2018 Tentang Struktur Kurikulum (SMK/Madrasah Aliah Kejuruan (MAK)

Berikut ini adalah daftar Mata pelajaran Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang bakal kamu pelajari apabila kamu masuk ke jurusan ini.

Daftar Mata pelajaran SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual (DKV) (3 Tahun)

Berikut ini mata pelajaran kejuruan yang dipelajari di kompetensi keahlian DKV:

C1.1.Simulasi dan Komunikasi Digital
 2.Tinjauan Seni
 3.Dasar-dasar Kreativitas
C2.1.Dasar-dasar Seni Rupa
 2.Gambar
 3.Sketsa
C3.1.Dasar Publikasi
 2.Komputer Grafis
 3.Fotografi
 4.Videografi
 5.Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Demikian daftar pelajaran yang dipelajari di SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). 

Posting Komentar untuk "Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK"