Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISUP (ISDN User Parts)

ISUP (ISDN User Parts)

ISUP (ISDN User Parts) merupakan protokol yang digunakan untuk membangun hubungan antar switching. Pada beberapa negara yang mengembangkan SS7, protokol yang digunakan untuk membangun dan memutuskan hubungan antar switching adalah menggunakan TUP (Telephone User Parts). ISUP menggunakan message types untuk mengetahui exchange information yang diperlukan untuk membangun hubungan antar network switch. Message tersebut biasanya di route-kan dengan menggunakan pengalamatan MTP.

Misalnya, pelanggan men-dial 10 digit nomor. Dari nomor yang di dial tersebut, tabel routing di wireless switching akan menentukan bahwa panggilan tersebut harus di switch-kan ke local access tandem untuk di-routingkan ke interexchange carrier. Wireless switch akan meng-create ISUP message (sebuah IAM (Initial Address Message)), dengan menggunakan point code dari access tandem sebagai DPC nya, dan trunk group antara wireless switch dan access tandem sebagai CIC (Circuit Identification Code) nya. Message tersebut dikirim oleh A-links dari wireless switch ke STP. STP memeriksa DPC-nya, dan me-routekan message menggunakan MTP ke STP yang terhubung dengan access tandem. STP tersebut mengirim ISUP message ke access tandem switch. STP harus memiliki routing table dan gateway screening untuk proses pe-routing-an, sehingga jika ada message dari network yang tidak dikenal, message tersebut dapat ditolak.

Dasar signalling ISUP

Dengan digunakannya signalling untuk proses pembentukan hubungan, maka informasi-informasi mengenai keadaan dari network tersebut juga akan didapatkan. Sebagai contoh, operator dapat menggunakan data-data dari ISUP message untuk membuat detil record panggilan dan mengcreate tagihan panggilan tersebut. Atau bisa juga operator menggunakan data-data di ISUP untuk mengetahui penyebab panggilan-panggilan yang gagal. Dengan ISUP message tersebut akan memberikan kode-kode penyebab kegagalan panggilan tadi, dan meng-identifikasikan dimana letak masalah kegagalan panggilan tersebut.

TCAP (Transaction Capability Part) merupakan sebuah SSP yang menggunakan TCAP untuk meminta routing number ke sebuah SCP. Dan SCP-pun menggunakan TCAP untuk merespon balik dengan memuat informasi routing number ke SSP. Saat sebuah mobile subscriber berada di MSC yang bukan asalnya (MSC lain), atau katakanlah berada di area MSC baru, maka VLR akan meminta profil2 yang berhubungan dengan pelanggan tersebut ke HLR-nya subscriber dengan menggunakan Mobile Application Part (MAP) yang dimuat di dalam TCAP. TCAP ini berisi SCCP yang merupakan bagian dari sebuah MSU. TCAP message terdiri dari transaction portion dan component portion.

Transaction Portion: menyediakan informasi routing dan informasi lainnya seperti halnya transaction ID yang di gunakan untuk melacak TCAP message.

Component Portion: menyediakan tool komunikasi yang di gunakan untuk meng-inisiasi operas, terutama mengenai message-message return errors, reject, dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "ISUP (ISDN User Parts)"