Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Garpu Renyah dan Gurih

Resep Kue Garpu Renyah dan Gurih

Resep Kue Garpu – Mendengar nama kue garpu, apakah berhubungan dengan sendok garpu peralatan makan itu? Bukan, meskipun kue renyah camilan khas Indonesia satu ini dinamai dengan kue garpu, namun bentuknya sama sekali tidak menyerupai sendok garpu. Nama garpu diambil dari bentuk kue ini yang memiliki gerigi menyerupai gerigi pada sendok garpu. Seperti nama makanan Kue Jajanan Tradisional lain yang biasa dinamai dengan julukan sederhana. Namun, begitu mencoba Resep Kue Garpu Manis Renyah yang memiliki rasa gurih menggoda akan membuat Anda ketagihan. Tidak percaya?

Kue Garpu adalah kue alami yang dibuat tanpa menggunakan campuran penyedap rasa dalam komposisinya. Lalu, bagaimana kue ini bisa lezat tanpa penyedap rasa sekalipun? Jawabannya tentu saja adalah kombinasi bahan dan komposisi yang tepat. Di saat-saat Lebaran, kue garpu bisa menjadi alternatif jajanan sehat yang aman dikonsumsi baik anak-anak sampai dewasa. Dijamin, dibandingkan dengan kue instan yang Anda beli di pasar, kue garpu buatan Anda sendiri ini akan lebih menarik minat tamu. Rasa gurih memang memanggil sensasi nagih, bukan?

Selain itu, kue garpu memiliki tekstur kering, sehingga bisa awet disimpan dalam wadah kedap udara. Teksturnya akan tetap renyah meskipun Anda membuatnya berminggu-minggu yang lalu. Jadi, resep kue garpu juga bisa Anda manfaatkan sebagai peluang industry rumahan yang menjanjikan. Tidak ada suatu skill yang tidak berguna, termasuk skill memasak. Jika Anda sudah terbiasa memasak sehari-hari, maka melengkapinya dengan menguasai resep membuat kue garpu yang renyah dan gurih tentu akan menjadi lebih sempurna lagi. Dengan sajian yang lezat, ibu juga bisa menjadi pahlawan dalam keluarga.

Nah, berikut adalah panduan resep membuat kue garpu yang bisa Anda praktekkan, baik sendiri atau bersama dengan buah hati. Asalkan tidak menyentuh benda berbahaya seperti pisau dan api, si kecil juga bisa belajar memasak layaknya bermain. Jadi, quality time Anda bersamanya akan semakin banyak.

Resep Kue Garpu

Bahan / Bumbu:

  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram tepung kanji
  • 1 telur
  • 30 gram mentega
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 batang daun kucai atau seledri
  • 1/4 sdt baking powder
  • 500 ml minyak goreng
  • Garam

Cara Membuat :

Siapkan wadah, masukkan bersamaan tepung terigu dan tepung kanji kemudian aduk hingga tercampur merata.

Tambahkan kira-kira setengah sendok teh garam, kaldu bubuk secukupnya, dan baking powder. Aduk rata kembali agar rasa kue garpu bisa tercampur sempurna nantinya.

Setelah itu, tambahkan irisan daun kucai, daun bawang atau daun seledri sesuai selera Anda. Aduk-aduk kembali bersama dengan memasukkan mentega cair sampai tercampur merata.

Selanjutnya siapkan telur dalam mangkok, lalu kocok lepa sampai berbuih. Masukkan kocokan telur ini ke dalam adonan agar bisa diuleni hingga kalis.

Nah ini dia tekniknya, jika adonan sudah tercampur dengan kalis, maka saatnya untuk membentuk kue garpu. Caranya, ambil sedikit adonan kue, pipihkan dengan punggung garpu kemudian gulung.

Lakukan teknik yang sama untuk menghabiskan sisa adonan.

Siapkan wajan dengan minyak panas yang cukup banyak, kira-kira sampai batas tengah wajan. Dengan api sedang, goreng adonan yang telah dibentuk sampai warnanya tampak kuning kecoklatan.

Angkat jika sudah matang, kemudian dinginkan di atas wadah datar sampai benar-benar dingin, baru kue garpu bisa Anda simpan di dalam stoples.

Sajikan kue garpu sebagai camilan gurih ataupun menu pelengkap hidangan pengganti kerupuk.

Menu kue garpu adalah camilan yang sangat gurih. Anak-anak akan suka ngemil kue garpu, dan membuat ibu menjadi lebih tenang dibandingkan dengan membeli camilan pabrik yang kaya dengan MSG. Jadi, sebenarnya tips untuk membentuk keluarga yang sehat ada pada ibu yang hebat dan kreatif. Selain itu, jika Anda pintar memasak, maka tidak akan menutup kemungkinan akan mendapat peluang untuk membuka gerai bisnis kuliner.

Resep Kue Garpu Manis Renyah termasuk jenis camilan kering dan berasa gurih, dan cocok dihidangkan untuk tamu pada hari raya ataupun hari-hari spesial. Kue simpel yang muda dibuat ini akan memberi nuansa lebih semarak di rumah Anda.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Garpu Renyah dan Gurih"