Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Resep Kue Basah Tradisional

 

Aneka Resep Kue Basah Tradisional

Masakan Indonesia – Aneka resep kue basah tradisional Indonesia mengingatkan betapa kayanya makanan tradisional Indonesia dengan rasa yang enak dan sehat tanpa pengawet.

Indonesia terkenal dengan keberagamannya termasuk juga dalam hal kue basah atau makanan ringan. Kue basah tradisional Indonesia sendiri yang termasuk kedalam masakan sederhana sangat banyak macamnya, dari mulai kue berbalut daun pisang sampai kue dengan bentuk dan rasa yang unik. Untuk mengingat kembali apa saja kue basah yang ada di Indonesia penulis akan membahas mengenai aneka resep kue basah tradisional Indonesia yang sudah hampir punah. Resep-resep kue basah ini tentunya akan bisa sedikit mengingatkan Anda tentang kue basah tradisional yang enak dan sudah jarang ditemui.

Aneka resep kue basah tradisional Indonesia ini juga bisa dijadikan pedoman ketika akan membuat kue basah untuk acara-acara arisan ataupun acara kumpul-kumpul keluarga, salah satunya yaitu kue cenil. Untuk membuatnya Anda harus menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

Ingredients

400 gr tepung kanji

215 mili liter air

1 sendok teh garam

pewarna alami makanan

2 liter air

10 lembar daun pandan

½ kelapa yang masih setengah tua

16 sendok makan gula pasir

Instructions

Larutkan tepung kanji dengan setengah liter air kemudian rebus 2 liter air yang sudah dicampur dengan garam diatas api yang sedang. Setelah itu, masukkan tepung kanji yang sudah dilarutkan sambil diaduk. Biarkan sampai adonan mengental lalu angkat dan tiriskan.

Setelah adonan sedikit dingin aduk kembali sampai mengental dan jika perlu tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit. Setelah itu, bagilah adonan menjadi tiga bagian.

Berilah warna yang berbeda pada setiap adonan. Pewarna yang digunakan bisa pewarna alami ataupun pewarna makanan. Setelah itu, ambil satu sendok makan adonan untuk setiap warnanya kemudian rekatkan menjadi satu. Gulung adonan tersebut menjadi bentuk memanjang lalu dipotong-potong.

Setelah adonan terbentuk panjang-panjang, didihkan air yang sudah dicampur dengan pandan dan sedikit garam. Lalu, masukkan adonan dan rebus sampai adonan mengapung.

Angkat, lalu gulingkan pada parutan kelapa. Hidangkan selagi hangat.

Aneka resep kue basah tradisional Indonesia ini tentunya bisa dijadikan salah satu pilihan makanan ringan Anda di rumah. Cita rasanya yang khas tentunya tidak bisa digantikan dengan berbagai kue basah modern yang sekarang ini banyak ada di berbagai belahan daerah Indonesia. Dengan tetap mencintai Resep masakan praktis tradisional bisa menjadi salah satu bentuk cinta tanah air. Sesekali hidangkan kue basah ini agar keluarga Anda juga merasakan betapa enaknya makanan tradisional Indonesia.

Posting Komentar untuk "Aneka Resep Kue Basah Tradisional"