Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jeruk Nipis Untuk Pengobatan

 

Jeruk Nipis Untuk Pengobatan

Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan jeruk nipis. Ya, buah yang rasanya asam ini bukan hanya untuk bahan minuman saja, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi untuk Anda yang tengah sakit, apalagi sakit seperti flu atau batuk jangan buru-buru ke dokter, tapi cobalah dengan meminum jeruk nipis.

Bisa Obati Batuk hingga Batu Ginjal, Ini 8 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan.

1. Mengobati batuk

Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

2. Mengobati demam atau flu

Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.

Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

3. Batuk disertai Influenza

Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

4. Mengatasi bau badan

Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.

Beberapa helai (10) daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan tiga kali sehari.

5. Mengobati batu ginjal

Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

6. Mengobati ambeien

Jeruk nipis bisa digunakan untuk orang yang menderita penyakit ambeien. Cara untuk mengatasinya adalah ambil sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat tiga kali sehari.

7. Mengobati asam urat

Air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat. Asam urat merupakan produk sisa dari pemecahan makanan tinggi purin seperti daging, hati, jamur, dan kacang-kacangan.

8. Mengobati amandel

Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

Posting Komentar untuk "Jeruk Nipis Untuk Pengobatan"