Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Project Baru di Adobe Premiere

 

Membuat Project Baru di Adobe Premiere

Membuat Project Baru di Adobe Premiere

Ketika membuat project baru atau membuka software Adobe Premiere untuk pertama kali, kita akan diminta untuk melakukan pengaturan (setting) pada beberapa konfigurasi yang akan digunakan. Berikut beberapa konfigurasi sekaligus pengertian dasar dalam konfigurasi tersebut.

1. Project Setting

Berikut adalah opsi yang terdapat pada project setting:

a. New Project

New Project adalah opsi untuk memulai dengan project baru.

b. Open Project

Open Project adalah opsi untuk memulai dengan membuka kembali project yang telah dibuat sebelumnya.

c. Help

Help adalah opsi yang memberi penjelasan mengenai cara penggunaan software Adobe Premiere.


2. Dislplay Setting

Display Setting adalah pengaturan tampilan beberapa hal yang berkaitan dengan timeline pada semua klip yang digunakan, baik itu video maupun audio.

a. Video Rendering dan Playback

Pada opsi ini kita hanya mengikuti pengaturan sesuai perangkat yang sudah terpasang pada komputer yang digunakan.

b. Video Display Format

Pada opsi ini kita menggunakan format Timecode sebagai penanda waktu yang diperlihatkan pada timeline.

c. Audio Display Format

Pada opsi ini kita menggunakan format Audio Samples untuk memperlihatkan kualitas ketebalan audio atau suara apabila ingin mengetahuinya.

d. Location dan Name

Pada opsi ini kita hanya mengatur tempat penyimpanan sekaligus memberi nama project yang dibuat.


3. General Setting

General Setting adalah bagian awal yang terdapat pada kotak dialog New Sequence. Ada beberapa pengaturan pada General Setting.

a. Editing Mode

Editing Mode adalah opsi untuk memilih jenis format video yang akan digunakan untuk memutar Kembali atau menvisualisasikan (preview) project yang telah disusun dalam timeline. Misalnya Editing Mode yang digunakan, yaitu HDV 720p yang berarti preview yang akan digunakan adalah kualitas HDV (Hight Definition Video) dengan 720 piksel ukuran horizontal dengan aspek rasio 16 : 9.

b. Time Base

Time Base adalah opsi pengaturan pembagian waktu yang digunakan oleh software Adobe Premiere untuk mengalkulasi posisi gambar pada saat dilakukan proses editing. Pada contoh berikut, digunakan opsi 29,97 frame/second yang berarti kecepatan klip berada pada 29,97 frame setiap detiknya.


4. Video Setting

Beberapa hal yang perlu dipahami saat pengaturan Video Setting.

a. Frame Size

Frame Size adalah opsi untuk menspesifikasikan besar frame gambar yang akan dibuat. Contoh, ukuran besar frame gambar mengikuti pengaturan sebelumnya, yaitu HDV 720p sehingga otomatis frame size yang digunakan adalah 1.280 x 720 piksel.

b. Display Format

Display Format adalah opsi untuk menspesifikasikan cara waktu penampilan project video yang sedang dibuat. Opsi ini sangat berkaitan secara langsung dengan proses pengeditan yang telah dispesifikasikan sebelumnya pada pengaturan Time Base. Adapun nilai yang tercantum dalam Display Format berpengaruh pada cara penomoran frame video.


5. Audio Setting

Audio Setting digunakan dalam pengaturan audio. Pada prinsipnya, software Adobe Premiere hanya menampilkan unsur yang terkandung dalam file audio yang digunakan. Berikut unsur-unsur pada Audio Setting. 

a. Sample Rate

Sample Rate adalah kualitas ketebalan audio atau suara. Ketebalan suara dipengaruhi oleh jumlah sample dalam bentuk frekuensi yang diambil dalam satuan detik melalui signal yang diterima secara terus-menerus (continuous signal) menjadi signal yang terpisah (discrete signal).

Contoh pada pengaturan ini adalah menggunakan Sample Rate 44.100 Hz. Perlu dicatat bahwa semakin tinggi rate yang digunakan, semakin baik kualitas suara yang dihasilkan.

b. Display Format

Display Format yang digunakan pada pengaturan ini adalah Audio Sample. Namun, perlu diketahui bahwa pada proses penciptaan audio format sangat menentukan kualitas suara. Pada format tertentu, penggunaan bit depth memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Semakin tinggi bit depth yang digunakan, semakin baik kualitas yang dihasilkan system stereo. Namun hak ini akan memerlukan media penyimpanan yang cukup besar karena kualitas suara yang baik akan menghasilkan besaran file yang sebanding.

Posting Komentar untuk "Membuat Project Baru di Adobe Premiere"