Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melatih Burung Cockatiel Agar Menjadi Penurut

Melatih Burung Cockatiel Agar Menjad Penurut

Burung cockatiel, atau sering disebut falk / palek, memiliki potensi besar menjadi burung terlatih yang bisa melakukan berbagai atraksi ketangkasan atau kecerdasan. Banyak parrotmania yang melatih cockatiel miliknya menjadi burung yang benar-benar terlatih melakukan atraksi atau meniru berbagai jenis suara yang lucu. Namun kita tidak bisa secara instan mendapatkan burung dengan kemampuan seperti ini, kecuali membeli cockatiel yang sudah jadi. Butuh latihan tertentu. 

Berikut ini cara melatih cockatiel agar menjadi burung penurut.

Burung cockatiel (Nymphicus hollandicus) memang bukan burung asli Indonesia. Burung paruh bengkok yang berpenampilan mirip pakit, namun memiliki jambul di kepala, itu merupakan burung endemik di Australia.

Awalnya cockatiel merupakan burung impor yang masuk ke Indonesia. Tetapi setelah bertahun-tahun diintroduksi ke negeri kita, banyak penangkar yang sukses mengembangbiakkannya. Tidak heran jika burung ini mudah dijumpai di pasar burung, sebagian besar merupakan cockatiel lokal hasil breeding orang-orang Indonesia.

Cockatiel, yang kerap pula dijuluki sebagai parkit australia atau kakatua mini, memiliki kemampuan meniru yang cukup baik. Burung ini mampu meniru berbagai macam suara, termasuk suara telepon, bel sepeda, klakson, bahkan lagu atau nyanyian dalam bentuk siulan. Selain itu, ada juga yang mampu meniru ucapan manusia (ngomong / ngoceh).

Setelah melihat video di atas, semoga Anda tertarik untuk memiliki dan melatih cockatiel agar mampu melakukan beberapa atraksi tersebut.

Selama ini, banyak pengemar yang menyimpan cockatiel dalam kandang aviary atau sangkar harian saja. Padahal kalau mau berusaha, penampilan burung cockatiel bisa dimaksimalkan, terutama dilatih untuk meniru suara atau melakukan berbagai gaya.

Bagi yang ingin mencobanya di rumah, silakan ikuti beberapa tips dan trik pelatihan burung cockatiel ini, teruama dasar-dasar pelatihannya.

Beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum memberikan latihan kepada burung cockatiel, antara lain:

1. Burung sudah jinak.
2. Burung sudah tidak takut dengan manusia atau pemiliknya.
3. Burung tidak dalam keadaan stres.
4. Burung sedang dalam kondisi fit dan tidak sakit.

Jika sudah memenuhi syarat di atas, silakan melatih cockatiel Anda. Jika burung belum jinak, maka hal yang harus dilakukan adalah menjinakkannya terlebih dulu.

Posting Komentar untuk "Melatih Burung Cockatiel Agar Menjadi Penurut"