Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfat Buah Delima Untuk Kulit


Manfat Buah Delima Untuk Kulit

Hai. Sobat... Delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kulit. Sayangnya, buah delima jarang menjadi buah pilihan yang disajikan saat makan. Padahal, buah delima cukup sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Delima mengandung antioksidan, vitamin K, vitamin C, dan mineral lainnya. Bahan-bahan tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Apa saja manfaat buah delima untuk kulit?


Delima sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit karena mengandung antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan anti-penuaan. Sifat-sifat ini dapat membantu dengan beberapa masalah kulit termasuk kulit kering, tanda-tanda penuaan, bintik hitam, jerawat, dan bekas jerawat.

Buah Delima untuk Kecantikan Kulit

1. Melembabkan Kulit

Ellen Marmur dari Mount Sinai Hospital di New York, Amerika Serikat (AS) mengatakan jika dibandingkan dengan teh hijau, jus buah delima justru lebih baik untuk mengatasi kulit kering dan kusam. Delima juga merupakan sumber vitamin C yang berasal dari tumbuhan, yang telah terbukti melembabkan dan melembutkan kulit saat dioleskan ke kulit.

Selain itu, minyak delima menembus jauh ke dalam kulit sehingga cukup efektif untuk merawat kulit kering. Ya, buah delima akan menenangkan kulit yang kering, pecah-pecah, dan teriritasi. Ini karena buah delima mengandung asam punicic yang menjaga kelembapan alami kulit.

2. Regenerasi Kulit

Debra Jaliman, dokter kulit yang juga berasal dari New York, USA merekomendasikan penggunaan minyak biji delima karena dapat membantu melindungi epidermis (lapisan luar kulit) dan dermis (lapisan dalam kulit) serta meningkatkan regenerasi epidermis.

Selain itu, buah delima juga membantu meningkatkan sirkulasi, dan penyembuhan kulit membantu perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.


3. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat buah delima yang tidak boleh dilewatkan adalah untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari. Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat membahayakan kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Ini juga meningkatkan risiko Anda mengalami tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus, kulit terbakar, dan kanker.

Antioksidan yang ditemukan dalam buah delima adalah polifenol. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel dari stres oksidatif. Produk yang berasal dari buah delima juga telah terbukti baik untuk memperbaiki kerusakan DNA. Selain itu, buah delima juga dapat membantu mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam.

4. Mengatasi Peradangan Akibat Jerawat

Jerawat berasal dari infeksi bakteri pada kelenjar minyak kulit. Ketika ini terjadi, tubuh mengirimkan sel darah putih yang disebut neutrofil ke jerawat. Neutrofil mati bercampur dengan bakteri dan kotoran lain di jerawat.

Seluruh proses ini juga memicu peradangan dan membuat kulit terlihat merah dan bengkak. Kandungan antioksidan dalam buah delima akan membantu mengurangi peradangan.

5. Merangsang Produksi Kolagen

Kulit manusia secara alami mulai melorot seiring bertambahnya usia. Delima kaya akan asam ellagic dan antioksidan, yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengurangi kerusakan kolagen.

Delima dapat merangsang sel penghasil kolagen yang disebut fibroblas. Ini membantu mengencangkan kulit dan meningkatkan suplai darah untuk menghilangkan tampilan wajah yang kendur. Delima dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit Anda.

Dari semua manfaat buah delima di atas, tentunya sayang jika kita tidak mulai mengonsumsi buah delima secara rutin bukan?

Drmikianlah sedikit informasi tentang manfaat delima untuk kulit, dan baca juga Larangan Makan Nangka, Kenapa?



Posting Komentar untuk "Manfat Buah Delima Untuk Kulit"