Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pemberian Makan Untuk Anak Burung Sesuai Usia

Jadwal Pemberian Makan Untuk Anak Burung Sesuai Usia

Dalam pemberian makan pada anak burung harus memperhatikan usia dan takaran.

Jika anak burung sudah diambil dari induknya sehari setelah menetas, dalam 1-10 jam tidak perlu diberi makan. Setelah lewat jam tersebut, bisa diberikan beberapa tetes air hangat ke mulutnya. Selanjutnya, setiap 15-20 menit bisa diberikan ransum/ bubur cair.

Untuk usia 7-10 hari, tidak ada kepastian dalam pemberian lolohan. Bisa 15-20 menit sekali, bisa juga tergantung kemauan anak burung. Anda juga bisa memperhatikan pada bagian tembolok, jika sudah kempis bisa diberikan makan lagi. Dan harus menghentikan meloloh apabila tembolok sudah 3/4 terisi pakan.

Saat memasuki usia 3-4 minggu, anak burung sudah bisa dipindah ke dalam sangkar gantung atau sangkar yang lebih besar, dan sudah bisa menyiapkan tenggeran untuk anak burung yang sudah mulai suka bertengger.

Untuk kekentalan ransum/ bubur sudah mulai ditingkatkan, disesuaikan dengan usia. Dan pada usia ini sudah bisa diberikan air untuk minumnya.

Memasuki usia 5 minggu, anak burung sudah bisa diperkenalkan dengan sayur-sayuran, seperti jagung, kangkung atau lainnya.

Selanjutnya, setelah anak burung memasuki usia 7-8 minggu, variasi makanan mulai ditingkatkan lagi, dan sudah bisa diperkenalkan dengan pakan biji-bijian, sayuran, dan buah. Biasanya pada usia ini, anak burung sudah mulai belajar makan sendiri.

Cara Meloloh Anak Burung Tanpa Alat Spet

Banyak orang meloloh anak burung dengan menggunakan alat spet. Namun, jika Anda kesulitan dalam mendapatkan alat ini, tidak perlu kuatir dan repot mencari alat spet.

Anda bisa menggunakan sendok plastik yang berukuran kecil.

Selain mudah, anak burungpun juga bisa menyesuaikan sendiri dalam menelan makanannya.

Selain memberikan makan, sebaiknya juga selalu memperhatikan kebersihan tempat dan kesehatan anak-anak burung yang rawan terkena penyakit.

Demikian cara mudah dalam merawat dan meloloh anakan burung. 
Semoga bermanfaat dan bisa memberikan wawasan.

Posting Komentar untuk "Jadwal Pemberian Makan Untuk Anak Burung Sesuai Usia"