Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Software Aplikasi

 

Menjelaskan Software Aplikasi
Pengertian Software Aplikasi

Definisi Software Aplikasi

Menurut definisi, software aplikasi adalah program komputer yang menyediakan instruksi dan data untuk menjalankan perintah pengguna. Software aplikasi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari mesin yang tidak dapat kita lihat, tetapi ini memungkinkan kita untuk menggunakan komputer seperti halnya mouse, monitor, hard drive, dan keyboard membantu kita menggunakan komputer.

Saat ini ada banyak teknologi dan software aplikasi canggih yang tersedia bagi kita yang menentukan cara kita menjalani kehidupan kita dan mengakomodasi kebutuhan kita yang terus berubah. Segudang software aplikasi perbedaannya bisa sangat besar bagi siapa pun.

Terutama jika kita tidak memahami berbagai jenis software aplikasi adalah yang tersedia dan penggunanya cukup baik. Beberapa contoh umum software aplikasi termasuk Microsoft Word, Photoshop, Adobe Reader, Google Chrome, Gmail, PowerPoint, VLC, dan banyak program komputer serupa lainnya yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian software aplikasi secara umum yaitu suatu sistem atau program komputer yang memiliki fungsi sebagai fasilitas digital yang membantu penggunanya menyelesaikan tugas atau pekerjaan berupa pengolahan kata, gambar, angka, suara, dan sebagainya. Tidak hanya itu, software aplkasi juga memiliki banyak fungsi lain yang terbagi ke dalam banyak bidang atau kategori, seperti hiburan, bisnis, edukasi, dan lain-lain. Selama kita masih menggunakan perangkat komputer, maka secara otomatis kita tidak akan pernah terlepas dari penggunaan software aplikasi dalam aktifitas komputerisasi sehari-hari kita.

Apa Fungsi Software Aplkasi atau Perangkat Lunak Komputer

Dari pengertian atau definisi yang ada kita sudah bisa mengetahui apa saja fungsi software yang ada pada sistem operasi komputer. Namun, agar lebih jelasnya kita bisa menyimak beberapa fungsi utama dari software selengkapnya di bawah ini:
  1. Software berfungsi sebagai dasar kebutuhan komputer agar dapat dioperasikan dengan baik.
  2. Software memiliki fungsi dalam mengatur hardware/perangkat keras yang ada pada komputer. Dengan begitu, komputer yang digunakan dapat bekerja dengan baik sesuai pekerjaan apa yang dibutuhkan.
  3. Software juga dapat digunakan sebagai penghubung antara beberapa software yang lain dengan hardware komputer.
  4. Software juga dapat berfungsi sebagai penerjemah perintah pada software lain yang ada dalam bahasa mesin. Dengan begitu, hardware pada komputer pun bisa mengerti dan menerimanya dengan baik.
  5. Selain itu, perangkat lunak komputer ini juga dapat Anda gunakan dalam mengindentifikasi sebuah program di dalam komputer.

Pembagian Software Aplikasi

Jika kita lihat secara umum, software aplikasi atau perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis. Di bawah ini beberapa jenis tersebut:

1. Sistem Operasi (Operating System)

Perangkat lunak jenis ini digunakan untuk mengatur setiap perangkat keras yang sudah terhubung dengan CPU komputer. Selain itu, ia juga berfungsi dalam menerjemahkan aktivitas serta mengatur seluruh proses yang terjadi dan diperintahkan oleh user pada CPU sehingga perintah user tersebut dapat dikerjakan komputer dengan baik.

2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Jenis perangkat lunak yang satu ini adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah program. Jika ditelusuri berdasarkan contohnya, terdapat beberapa macam bahasa yang bisa Anda ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya. Dalam membuat bahasa pemrograman ini nantinya masih memerlukan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai metode dan struktur yang ada pada bahasa pemrograman itu sendiri.

3. Program Aplikasi

Program aplikasi disini merupakan sebuah perangkat lunak yang umumnya sudah banyak digunakan dalam menyelesaikan tugas-tuigas tertentu. Dalam hal ini software dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Salah satu contohnya adalah Excel, Microsoft Word, Calculator, dan yang lainnya.

Jenis Software Aplikasi Berdasarkan Distribusinya

Selain beberapa jenis software aplikasi yang dijelaskan di atas, kita juga perlu mengetahui beberapa jenis software aplikasi yang dibedakan berdasarkan distribusinya. Di bawah ini beberapa pengelompokannya yang bisa Anda simak:

1. Firmware
Merupakan jenis penyimpanan perangkat lunak yang hanya bisa dibaca. Anda tidak dapat mengubah sifat tersebut sehingga tidak perlu lagi melakukan modifikasi maupun pengembangan lebih lanjut meskipun terjadi masalah pada fungsinya.

2. Freeware
Merupakan salah satu jenis software yang tidak memiliki batas waktu tertentu. Akan tetapi, kebanyakan software jenis ini memiliki fitur yang tidak begitu lengkap sehingga penggunaannya pun kurang maksimal.

3. Adware
Jenis perangkat lunak ini dapat diperoleh serta digunakan tanpa biaya. Akan tetapi, perangkat lunak ini masih menyediakan kompensasi dengan adanya iklan yang muncul pada perangkat komputer yang digunakan.

4. Opensource
Yakni sejenis perangkat lunak yang dapat dibuka kode sumbernya. Anda juga bisa mengubah, meningkatkan, hingga menyebarluaskannya. Umumnya, software jenis ini diperoleh tanpa biaya dan dikembangkan oleh orang lain menggunakan lisensi yang bernama GPL (General Public License).

5. Malware
Merupakan salah satu jenis dari software yang dianggap berbahaya dan bisa merusak apabila disalahgunakan penggunaannya.perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer Berbagai jenis malware ada, termasuk virus komputer

6. Shareware
Shareware merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu. Anda bisa menggunakannya secara gratis. Pada umumnya, jenis perangkat lunak yang satu ini digunakan sebagai demonstrasi dengan fitur dan waktu pengguaan yang terbatas.

7. Spyware
Adalah software yang khusus digunakan dalam memata-matai setiap aktivitas pengguna komputer.teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

Spesifikasi Software Aplikasi untuk Komputer

1. Sistem operasi untuk mesin server

Beberapa diantaranya seperti Sun Solaris, Microsoft Windows Server, Free BSD, Varian Sistem Operasi Linux untuk server (misalnya caldera, debian, mandrake, redhat, dan masih banyak lagi), serta sistem operasi khusus server yang lain.

2. Apikasi yang menunjang layanan aplikasi jaringan komputer

Hal ini seperti web server, DNS server, database server, remote desktop, dan aplikasi penunjang jaringan komputer lainnya.

3. Aplikasi untuk mengelola lalu lintas jaringan

Diantaranya seperti routing (proses pengiriman data/informasi yang dilakukan dengan meneruskan paket data yang dikirim pada sebuah jaringan satu ke jaringan yang lain). Atau yang lainnya seperti NMS (Network Mananjemen System). NMS disini berarti pemantau jaringan network yang berguna dalam mengawasi jaringan komputer.

Contoh Software Aplikasi

Dari beberapa penjelasan lengkap mengenai software di atas, kurang lengkap rasanya apabila kita belum mengetahui contoh software itu sendiri. Di bawah ini merupakan contohnya berdasarkan fungsinya:

 Microsoft Office Word
Software yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengetik dan mengedit sebuah dokumen dalam tampilan kertas.

Microsoft Office Powerpoint
Software yang digunakan untuk membuat sebuah presentasi. Anda bisa menggunakannya untuk mengedit foto, membuat video, dan masih banyak lagi lainnya.

Microsoft Excell
Tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word, perangkat ini digunakan untuk mengedit serta membuat sebuah dokumen dengan tampilan kolom.

Mozilla Firefox
Sebuah software yang berguna yang dapat Anda gunakan sebagai peramban web lintas platform bebas dengan sumber terbuka. Itulah beberapa contoh software/perangkat lunak yang bisa Anda ketahui

Dalam sebuah komputer memang tidak akan terlepas dari yang namanya perangkat lunak itu sendiri. Nantinya, setiap komputer yang sudah memiliki software didalamnya, maka akan memudahkan seseorang dalam melakukan tugasnya.

Untuk melakukan tugas tersebut, tidak bisa jika tidak ada software aplikasi yang disediakan. Dengan adanya software yang tersedia berdasarkan fungsinya masing-masing, maka komputer dapat digunakan dengan bermanfaat dan sesuai dengan apa yang diperlukan. Terlebih saat ini sudah tersedia berbagai jenis software aplikasi/perangkat lunak yang bisa kita pilih. Semua software aplikasi tersebut dibuat tak lain untuk membantu dan meringankan aktivitas ataupun pekerjaan manusia.

Software Aplikasi Jurusan Multimedia

Software Aplikasi untuk Jurusan Multimedia, jika diibaratkan software ini merupakan jantung anak Multimedia, Software aplikasi terbagi menjadi beberapa jenis ada Software pengolah foto, Editing Video, Animasi, Desain Grafis, dan lain - lain. Berikut adalah Software jurusan Multimedia :

1. Adobe Photoshop 
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh para fotografer diseluruh dunia dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. selain itu Photoshop juga dapat digunakan untuk coloring Gambar & Komik, Adobe photoshop juga merupakan surga bagi para desainer karena Tool-tool nya yang lengkap, Photoshop mempunyai format Bitmap 

2. CorelDRAW
CorelDraw adalah editor grafik vektor 2d yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. CorelDRAW juga merupakan software serbaguna dan banyak digunakan di Percetakan, Periklanan, Media Cetak, dan lain-lain. selain itu CorelDRAW banyak digunakan untuk WEB Design, Kartu Nama, Logo, desain kaos, desain Cover (CD, Buku, Majalah, Novel) dan lain-lain 

3. Blender 3D
Blender 3D adalah software Animasi 3D, Blender mendukung Modeling, Rigging,Animation, texturing dan lain-lain, Blender juga merupakan software open source yang digunakan untuk mendesain , merancang Model 3D,membuat Game dan Juga untuk Pembuatan Film Animasi. 

4. Adobe After Effect
Adobe After Effect merupakan software yang tidak asing dalam dunia perfilman, Adobe After Effect merupakan software Animasi Professional untuk Perfilman, Periklanan, Persentasi dan lain-lain, After effect berisi tool tool untuk mengedit Video Fx dalam bentun 2D dan 3D, juga sering digunakan dalam pembuatan Text Effect dan juga Motion Graphics.

5.Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro merupakan Software Video dan juga Audio editing profesional yang banyak dipakai di Rumah produksi & Pertelevisian (Broadcast), Adobe Premiere Pro mempunyai banyak effect Video walaupun tidak sebanyak Adobe After Effect, Adobe Premier Pro juga berfungsi untuk merangkai Gambar, Audio, Teks dan Video menjadi Karya yang luar biasa.

6. Adobe Flash Professional/Macromedia Flash
Adobe Flash Professional/Macromedia Flash adalah Software Animasi 2D dengan format vector, Flash berfungsi membuat Animasi 2D, Membuat media Interaktif, Animasi Stop Motion dan lain lain, hasil Flash juga cocok untuk animasi halaman web karena ukuran file yang dihasilkannya kecil. 

7. Adobe Photoshop Lighroom
Adobe Photoshop Lighroom adalah software pengolah foto yang cocok digunakan oleh para Fotografer Pemula ataupun  Professional, Adobe Photoshop Lightroom berbeda dengan Adobe Photoshop. Adobe Photoshop biasa digunakan untuk Desain Grafis, Manipulasi, Coloring dan lain-lain, sementara Adobe Photoshop Lightroom lebih ke Retouch foto dan permainan warna. Selain itu Adobe Photoshop Lightroom mempunyai fitur-fitur yang sangat cocok untuk fotografi, dapat dihubungkan secara langsung dengan Kamera, Warna & Efeknya dan Lain-lain.

8. Adobe Ilustrator
Adobe Ilustrator adalah Software Desain Grafis Vector buatan Adobe, software ini mempunyai fungsi yang sama dengan CorelDRAW, Adobe Ilustrator & CorelDRAW diibaratkan itu seperti Rivals abadi karena masing-masing software ini mempunyai keunggulan dan juga kekurangan , Adobe Ilustrator juga banyak digunakan di Percetakan, Periklanan, Media Cetak dan lain-lain.

9. Adobe Audition
Adobe Audition adalah software multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan audio. dengan Adobe Audition kita dapat merekam audio, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan di Studio rekaman, radio dan lain-lain. 

10. Adobe Dreamwever/Macromedia Dreamweaver
Adobe Dreamwever/Macromedia Dreamweaver merupakan software yang digunakan untuk mendesain WEB. Dengan software ini kita dapat dengan mudah membuat WEB sesuka hati kita tanpa harus terfokus pada Script HTML. Software ini banyak digunakan oleh para Programer, Desainer & develover WEB, Penulis Blog dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "Pengertian Software Aplikasi"