Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Teknik Pengolahan Video : Editing Sederhana Adobe Pemiere Cs6

Materi Teknik Pengolahan Video : Editing Sederhana Adobe Pemiere Cs6
Editing Sederhana Adobe Pemiere Cs6

Pada kesempatan pertemuan ke 5 ini akan menjelaskan pembahasan mata pelajaran teknik pengolahan video pada kelas XII SMK dengan kompetensi keahlian multimedia sesuai kurikulum 2013 revisi. Materi pembelajaran yang sesuai dengan RPP dengan pembahasan yaitu: editing sederhana dengan alokasi waktu 4 jam pembelajaran kali 45 menit dan 1 kali pertemuan.

Pembahasan :
Adobe Premiere Pro memiliki fitur - fitur penting, antara lain Capture (perekam video) Monitor, Trim (alat pemotong klip) Monitor, dan Titler (Pembuat teks judul) Monitor. Pada efek-efek video Adobe Premiere Pro terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Pada Titler, anda bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Tahap terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Langkah Editing sederhana Adobe Pemiere Cs6 

Langkah pertama adalah jalankan aplikasi Adoabe Premier Pro Cs6, Maka akan muncul tampilan sebagai berikut: Klik New Project jika ingin memulai edit video, dan klik Open Project jika ingin memulai kembali pengeditan video.


Setelah memilih “New Project”, kita akan melihat tampilan sebagai berikut, disinilah dimana kita memilih jenis video yang akan di edit, jangan dulu klik Ok, karena akan kita setting pengaturannya: 


Nah, disini kita akan mengatur “Frame Size” dan “Timebase”.  Maka langkah selanjutnya melihat “Frame Size” dan “Timebase” pada video yang telah kita rekam. Caranya kita tinggal buka video yang akan kita edit, buka video tersebut lewat aplikasi VLC, lalu buka opsi “TOOLS” dan buka “CODEC INFORMATION”. Lalu kita tinggal samakan saja settingannya seperti gambar dibawah ini. Setelah itu pilih opsi “OK”.


Selanjutnya akan muncul area kerja Adobe Premier Pro,disini terdapat 4 layar yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. 


Penjelasan Area Kerja Adobe Pemiere Cs6 

1. Project
Project adalah dimana tempat kita untuk melihat daftar list video maupun musik yang kita masukkan kedalam adobe premiere cs6 ini.
2. Source
Source adalah layar dimana kita akan mengedit video mentahan kita yang berada pada layar pertama yaitu pada layar Project.
3. Timeline
Timeline adalah layar dimana tempat untuk kita menyimpan hasil list video dan musik yang telah kita edot di layar Project.
4. Program
Program adalah layar dimana tempat kita untuk melihat hasil dari editan kita.

Selanjutnya memasukkan file video anda klik  menu FILE dipojok KIRI ATAS dan pilih IMPORT (CTRL + I). Atau bisa juga dengan mendrag file video ke project Adobe Premir Pro Cs6


Selanjutnya akan ada file pada area “Project” dan klik 2x maka akan muncul video pada area “Soure” selanjutnya kita akan mendrag video yang ada pada area “Source” ke “Timeline”, sebelumnya kita akan memotong video yang diperlukan dan langkah pada slide selanjutnya.


Pada posisi ini kita memotong video mana yang diperlukan seret tanda panah berwarna hijau ke kiri dan kanan untuk melihat posisi video, jika sudah pilih Mark In pada lingkaran biru untuk memotong video, lalu Mark Out pada lingkaran kuning memotong akhir dari video. Selanjutnya pada slide berikut:


Setelah video usai dipotong, maka seret video yang ada pada “Source” ke “Timeline” maka file yang ada di Timeline akan tampil pada Program. Selanjutnya tambahkan video ke 2 yang ada di Project dan ulang cara seperti semula untuk ditambahkan video ke Timeline.


Sesudah video yang telah digabungkan pada Timeline, maka selanjutnya video yang telah digabungkan  untuk di simpan, caranya dalah Klik File yang ada pada Menu pojok kiri atas dan klik Export –Media lalu klik export kembali maka file video yang telah digabungkan selesai.


Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai pembahasan mata pelajaran teknik pengolahan video pertemuan ke 5 pada kelas XII SMK dengan kompetensi keahlian multimedia sesuai kurikulum 2013 revisi dengan pembasan  Editing Sederhana Adobe Pemiere Cs6 dengan alokasi waktu 4 jam pembelajaran kali 45 menit dan 1 kali pertemuan.

Posting Komentar untuk "Materi Teknik Pengolahan Video : Editing Sederhana Adobe Pemiere Cs6"