Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Dalam pembuatan jarinan pada komputer yan bertujuan untuk menghubungkan perankat komputer yan satu dengan yan lainya, maka harus membuat perankat penhubung seperti kabel UTP atau lebih populer disebut dengan kabel jaringan.

Disini saya akan menguraikan bagaimana cara membuat kabel jaringan komputer. Dalam pembuatan kabel jaringan bisa menggunakan dua type yaitu menggunakan kabel Straight dan kabel Cross.

Pengertian Kabel Straight

Kabel straight adalah kabel yang dalam pembuatannya mempunyai susunan atau urutan dan cara pemasangannya sama antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya. Dengan demikian disaat kita membuat kabel jaringan dengan menggunakan kabel straight, maka harus diperhatikan susunan kabelnya antara ujung yang satu dengan yang lainnya harus memiliki susunan atau urutan yang sama.

Fungsi Kabel Straight

Fungsi utama dari kabel straight adalah menghubungkan dua perangkat atau lebih yang memiliki peranan dan fungsi yang berbeda, adapun fungsi lengkapnya seperti berikut ini :

  •  Menghubungkan komputer dengan router
  • Menghubungkan komputer dengan switch
  • Menghubungkan komputer deng modem
  • Menghubungkan router dengan switch
  • Menghubungkan router dengan access point
  • Menghubungkan switch dengan access point
  • Menghubungkan switch dengna modem, dan lain-lain.

Susunan Atau Urutan Kabel Straight

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa dalam membuat kabel straight diharuskan memiliki urutan atau susunan yang sama antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya. Terdapat 2 standar yang bisa Anda gunakan untuk menentukan susunan atau urutan dalam pembuatan kabel straight, yaitu sebagai berikut:

1. Standar T568A 2. Standar T568B
Urutan kabel untuk standar T568-A adalah sebagai berikut :
Pin 1 --> Putih Hijau
Pin 2 --> Hijau
Pin 3 --> Putih Orange
Pin 4 --> Biru
Pin 5 --> Putih Biru
Pin 6 --> Orange
Pin 7 --> Putih Coklat
Pin 8 --> Coklat
Urutan kabel untuk standar T568-B
bisanya yang paling banyak digunakan
termasuk saya sendiri selalu menggunakan
standar tersebut, adapun urutannya sebagai berikut :
Pin 1 --> Putih Orang
Pin 2 --> Orange
Pin 3 --> Putih Hijau
Pin 4 --> Biru
Pin 5 --> Putih Biru
Pin 6 --> Hijau
Pin 7 --> Putih Coklat
Pin 8 --> Coklat 

Pembuatan kabel straight yang perlu diperhatikan adalah cara pemasangan susunan kabelnya harus memiliki standar yang sama, misalkan ujung kabel yang satu menggunakan standar T568-A maka ujung kabel yang lainnya harus memiliki susunan dengan standar T568-A juga, begitupun kalau Anda menggunakan standar T568-B maka ujung kabel yang lainnya menggunakan standar T568-B juga. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


urutan kabel straight

Pengertian Kabel Cross

Kabel cross adalah kabel yang dalam pembuatannya mempunyai susunan atau urutan yang berbeda antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya.

Seperti yang saya bahas diatas bahwa ada dua standar untuk urutan kabel yaitu standar T568-A dan T568-B, dari dua standar tersebut masing-masing memiliki urutan kabel yang berbeda.

Fungsi Kabel Cross

Fungsi kabel cross kebalikan dari fungsi kabel straight yaitu berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lainnya dengan mempunyai peranan fungsi yang sama, adapun fungsi lengkapnya sebagai berikut :

  • Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  • Menghubungkan 2 buah switch
  • Menghubungkan 2 buah hub
  • Menghubungkan komputer dengan router, dan lain-lain. 

Susunan Atau Urutan Kabel Cross

Untuk susunan atau urutan kabel cross yaitu antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan yang berbeda atau memiliki standar yang berbeda. Seperti yang saya jelaskan diatas yang mana susunan kabel memliki 2 standar yaitu standar T568-A dan standar T-568B, misalkan untuk susunan kabel cross pada ujung yang satu menggunakan standar T-568A maka untuk ujung kabel yang lainnya menggunakan standar T-568B. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


urutan kabel cross

Demikian uraian singkat dari saya telah selesai tentang bagaimana cara membuat kabel straight dan cross, semoga apa yang sudah saya paparkan dapat bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kabel Straight dan Cross"