Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Kerja dan Bahan-Bahan Jaringan Komputer Yang Dibutuhkan

https://www.mediainformasionline.com/2018/01/alat-kerja-dan-bahan-bahan-jaringan.html
Jaringan Alat Kerja dan Bahan-Bahan Jaringan Komputer Yang Dibutuhkan

Media Jaringan


Media Jaringan adalah media yang terhubung dengan Jaringan dan Perangkat Keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah komputer baik hardware maupun software, yaitu minimal dua buah komputer, Network inteface card, serta perangkat lain seperti hub, repeater, router, bridge, file server, dan media tranmisi. Media transmisi yang digunakan jaringan komputer sebagai sarana penghubung ada dua macam, yaitu sebagai berikut :

Media Trasmisi dengan Kabel

Hampir semua jaringan komputer yang ada terhubung dengan menggunakan kabel sebagai media transmisi. Media trasmisi ini memiliki keterbatasan jangkauan dan tidak efisien karena banyak memakai tempat untuk jaringan kabel. Jaringan kabel ini biasanya digunakan dalam area lokal., misalnya dalam satu gedung atau antar gedung dalam satu lembaga pendidikan. Bila sumber data dan penerima memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, kabel yang sering digunakan sebagai media transmisi antara lain sebagai berikut :
  1. Twisted Pair
  2. Coaxiax
  3. Serat Optic, dll
Media Transmisi Tanpa Kabel

Media transmisi tanpa kabel merupakan komunikasi dalam jaringan komputer yang tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisi, melainkan berupa gelombang elektromagnetik.
Jaringan tanpa kabel ini memberikan keunggulan kepada pengguna untuk dapat mengakses setiap saat di manapun berada. Sedangkan kekurangan media transmisi ini adalah kemampuan trasfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel. Pada media transmisi ini, sering terjadi gangguan sehigga memungkin terjadinya kehilangan data. Jika sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh atau medannya sulit, maka dapat digunakan media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka berupa :
  1. Gelombang Mikro
  2. Gelombang Radio, dll

Untuk membangun jaringan komputer diperlukan beberapa media seperti alat dan bahan sehingga jaringan tersebut bisa berjalan dengan baik.

Berikut beberapa bahan yang diperlukan : 
  1. Komputer, kalau ingin membangun jaringan sederhara cukup disediakan PC atau Laptop minimal 2 unit.
  2. Netword Interface Card (NIC) / Lancard, Suatu perangkat antar muka untuk menghubungkan satu computer dengan computer lain.
  3. Kabel / wirelless, pastilah menggunakan kabel untuk menghubungkan beberapa computer, ada beberapa macam kabel yang biasa digunakan yaitu, UTP (Unshielded Twisted-Pair), Coaxial, Fiber Optic.
  4. Konektor, untuk membangun jaringan tanpa kabel diperlukan konektor untuk memasangkan pada NIC diantaranya ada konektor RJ 45, BNC.
  5. Switch atau Hub, perangkat yang digunakan sebagai terminal penghubung dari beberapa komputer.

Berikut beberapa alat pendukung : 
  1. Crimpting, alat untuk memasangkan konektor baik RJ11, RJ45, BNC
  2. Kabel Tester, alat untuk menguji koneksi kabel setelah dipasang konektor
  3. Tang Pemotong, alat untuk mengupas, memotong, dan merapihkan kabel

Berikut beberapa bahan tambahan apabila akan membangun jaringan yang lebih kompleks:
  1. Server, Komputer khusus atau computer yang dijadikan sebagai sentral untuk pengolahan data dan komunikasi lainnya, ex. Webmail, webserver, dll.
  2. Repeater, perangkat untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan signal asli pada segmen kabel LAN yang lain.
  3. Bridge, Perangkat untuk memisahkan jaringan yang luas menjadi sub jaringan yang lebih kecil, bridge juga digunakan untuk menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda.
  4. Router, perangkat yang akan melewatkan paket IP dari suatu jaringan ke jaringan yang lain, menggunakan metode addressing dan protocol tertentu untuk melewatkan paket data tersebut.
  5. Modem (Modulator Demulator), perangkat optional ini digunakan jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet, modem dikoneksikan dengan jaringan lain tergantung dari layanannya.

1 komentar untuk "Alat Kerja dan Bahan-Bahan Jaringan Komputer Yang Dibutuhkan"