Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis, Spesifikasi dan Fungsi memori

Jenis, Spesifikasi dan Fungsi memori
RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat elektronik yang ada dikomputer dan berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum atau sesudah data diproses oleh Processor, penyimpanan tersebut sifatnya sementara, jadi apabila komputer dimatikan ruang penyimpanan pada RAM akan kosong dan begitu komputer dinyalakan RAM akan terisi kembali.


Fungsi Dan Cara Kerja Memori RAM
Fungsi RAM sendiri adalah sebagai komponen yang membantu Processor untuk mempercepat proses pengolahan data, data yang akan diproses terlebih dahulu disimpan dalam RAM dan pada saat processor membutuhkan data tersebut baru RAM akan mengirim data tersebut untuk di proses dengan proses pengiriman yang sangat cepat. jadi apabila sobat mempunyai kapasitas penyimpanan RAM yang besar maka komputer sobat akan mampu memproses data lebih cepat juga. Dari sini sobat sudah memahami pengertian dan juga fungsi RAM komputer, kemudian bagaimana cara kerja RAM komputer ?

Cara kerja memori komputer yaitu pada saat komputer pertama kali dihidupkan, Processor membutuhkan data yang tersimpan dalam storage (Hard Disk) untuk diproses. Sementara Hard Disk sebagai tempat penyimpan data tidak mampu untuk melayani permintaan pengiriman data dengan kecepatan tinggi, hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan pada processor dan hard disk sangat berbeda. Processor dengan teknologi digital murni sementara Hard Disk menggunakan mekanis digital, hal ini menjadi masalah dan mengakibatkan "Bottle-Neck" yang sangat parah, sehinggga dibutuhkan komponen lain untuk menjebatani keduanya yaitu dengan menambahkan komponen RAM.

Teknologi RAM sendiri semakin hari semakin berkembang dan dibawah ini utopicomputers akan memberikan ulasan singkat mengenai macam - macam RAM komputer sesuai dengan teknologi yang digunakan.

1. DRAM
DRAM merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory yaitu sebuah jenis Memori RAM yang mempunyai teknologi penyimpanan data secara terpisah dalam sebuah kapasitor, Agar data tidak hilang jenis RAM ini memerlukan penyegaran yang dilakukan oleh CPU. Untuk stukturnya Memori RAM ini didesign dengan menggunakan satu kapasitor dan satu transistor per bitnya, sehingga mempunyai kepadatan yang tergolong tinggi.

2. SRAM
SRAM singkatan dari Static Random Access Memory yaitu jenis RAM yang didesign dengan tidak menggunakan kapasitor sehingga tidak memerlukan penyegaran secara berkala, teknologi ini menghasilkan kinerja yang sangat cepat. akan tetapi biaya untuk memproduksinya cukup besar, sehingga hanya digunakan untuk menangani bagian - bagian yang dianggap sangat penting saja.

3. EDORAM
EDORAM singkatan dari Extended Data Out Random Accses Memory yaitu jenis memori RAM dengan teknologi penyimpanan dan pengambilan data yang bisa dilakukan bersama - sama, sehingga kemampuan untuk membaca dan menulisnya lebih cepat. mempunyai bentuk yang lebih panjang dengan jumlah pin 72 pin. RAM jenis ini sangat cocok digunakan untuk semua komputer Pentium.

4. SDRAM
SDRAM singkatan dari Synchronous Dynamic Random Acces Memory merupakan jenis memori RAM yang mempunyai kecepatan cukup tinggi hingga 100 - 133 Mhz. Jenis RAM ini mempunyai 168 pin dengan kapasitas penyimpanan 16 MB hingga 1GB. SDRAM dapat diletakan pada slot jenis DIMM/SDRAM pada Motherboard.

 5. RDRAM
RDRAM merupakan singkata dari Rambus Dynamic Random Acces Memory yaitu jenis memori RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation. Tidak semua motherboard mampu mendukung memori ini karena teknologinya yang cukup canggih.

6. NVRAM
NVRAM  singkatan dari Non-Volatile Random Access Memory yaitu sebuah jenis RAM komputer yang dilengkapi dengan baterai Litium, sehingga apabila sobat mematikan komputer, data yang tersimpan di memori tidak hilang.

7. VGRAM
VGRAM singkatan dari Video Graphic Random Acces Memory merupakan jenis memori komputer yang dikhususkan untuk video adapter, besarnya kapasitas memori sangat menentukan sekali terhadap kualitas video yang dihasilkan

8. Flash RAM
Flash RAM merupakan jenis memori dengan kapasitas penyimpanan yang tergolong rendah, untuk dapat berkerja dengan optimal memori ini memerlukan refresh dengan daya kecil. Biasanya momori komputer ini banyak digunakan untuk perangkat elektronik seperti ponsel - ponsel lama, VCR dan juga TV.

9. DDR SDRAM
DDR SDRAM singkatan dari Double Date Rate SDRAM yaitu sebuah jenis RAM komputer yang mampu menjalankan dua intruksi sekaligus dalam waktu yang sama. Daya yang diperlukan oleh RAM ini juga sangat kecil sehingga banyak dipakai oleh banyak perangkat saat ini. Kapasitas momori yang dapat ditampung per chip mencapai 4GB.

10. SO-DIMM
SO-DIMM merupakan singkatan dari Small Outline Dual in-line Memory Module yaitu jenis RAM komputer yang banyak digunakan untuk perangkat laptop atau notebook. Walaupun ukurannya cukup kecil akan tetapi kapasitas penyimpanannya sangat besar.
Materi Jenis, Spesifikasi dan Fungsi memori Komputer dan Jaringan Dasar Semester 1
Sumber : https://www.utopicomputers.com

Posting Komentar untuk "Jenis, Spesifikasi dan Fungsi memori"