Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Spesifikasi dan Fungsi Graphical Adapter

Jenis Spesifikasi dan Fungsi Graphical Adapter
Gambar VGA ATI dan NVIDIA

Pengertian Fungsi, Jenis-Jenis dan Macam-Macam VGA Komputer.

Fungsi dan Jenis VGA Komputer - Perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama dibidang komputer, kini kita sudah tidak asing lagi dengan perangkat penting yang ada didalam suatu komputer contohnya VGA, RAM ataupun processor. Banyak pula diantara pengguna komputer yang belum mengetahui apa itu VGA? fungsi VGA pada komputer sebenarnya untuk apa? pertama-tama yang harus kita ketahui VGA (Virtual Graphic Array) memiliki sebutan atau nama lain diantaranya seperi Video Card, Video Adapter, Graphic Card, atau Graphic Adapter dan masih banyak lagi. 

Sekarang, apa Pengertian VGA itu sendiri? VGA adalah suatu standar yang ada pada tampilan komputer analog dan mempunyai kegunaan utama sebagai penerjemah keluaran komputer ke dalam suatu monitor. jika kita melakukan pekerjaan desain grafis ataupun bermain games di komputer, kita membutuhkan spesifikasi VGA berdaya tinggi guna mengimbangi tampilan output komputer ke monitor. Saat ini ada 2 produsen VGA yang sangat terkenal dikalangan pengguna komputer khusnya seorang desain grafis ataupun gamer yaitu NVIDIA dan ATI, dan perlu anda ketahui bahwa dulu VGA pertama kali dipasarkan oleh IBM tepatnya pada tahun 1987.

Memori VGA diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan memori yang digunakan, yaitu :
  1. DRAM (Dynamic RAM) adalah VGA card yang banyak digunakan pada kartu grafik 8 bit, 16 bit dan 32 bit yang memiliki kecepatan 80ns atau 70ns (nanosecond). Penggunaan DRAM ini diperuntukan untuk komputer tingkat entry level dimana tidak membutuhkan kecepatan yang tinggi dan jumlah warna yang banyak.
  2. EDO RAM (Extended Data Output) adalah jenis VGA card yang menggunakan memori EDO RAM dengan kapasitas kecepatan 60ns sampai 35ns, dan biasanya digunakan pada VGA card 64bit. 
  3. VRAM (Video RAM) adalah jenis VGA card yang menggunakan memori VRAM dengan kapasitas kecepatan berkisar antara 20ns dan 10ns yang dari kapasitas kecepatanya lebih unggul dari DRAM sehingga harganya pun jelas lebih mahal. Jenis VGA ini biasa digunakan pada pekerjaan desain grafis yang memerlukan kecepatan VGA card yang baik. Salah satu contoh VGA card yang menggunakan memori VRAM yaitu Diamond Stealth 64bit.
  4. SGRAM (Syncrhronous Graphic RAM) adalah jenis VGA card yang menggunakan memori SGRAM dengan kapasitas kecepatan kurang dari 10ns. Jenis VGA ini merupakan jenis kartu grafik  kelas atas yang mampu digunakan untuk 3D Accelerator. Salah satu contoh VGA card yang menggunakan memori SGRAM yaitu ATI Rage 3D Pro.
  5. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memori yang pertama kali dibuat pada tahun 1999 oleh perusahaan yang bernama Rambus. RDRAM mempunyai bandwidth yang menyamai kebutuhan bandwidth pada prosesor pentium 4 dan memiliki teknologi dual channel yang pertama kali diperkenalkan oleh RDRAM. Saat ini memori RDRAM tidak lagi digunakan pada komputer karena  harganya yang mahal dan kini ada opsi lain yang mampu menyamai kemampuan RDRAM yaitu DDR/DDR2.

Jenis Input dan Output VGA

Berikut ini adalah macam-macam bentuk fisik VGA  berdasarkan sistem Input dan Outputnya yaitu:

VGA ISA (Industry Standart Architecture). Adalah jenis VGA Card yang ditancapkan pada ekspansi slot ISA (Industry Standart Architecture) bus yang masih menggunakan sistem I/O 8 bit dan I/O 16 bit. kini jenis VGA card ini sudah tidak lagi digunakan karna kinerjanya yang lambat dan kombinasi warnanya masih sangat terbatas.
VGA ISA (Industry Standart Architecture)

VGA EISA (Extended Industry Standart Architecture). Adalah jenis VGA Card yang dipasang pada slot ekspansi EISA bus dan memiliki sitem I/O 32-bit. Sama dengan versi terdahulunya yaitu VGA ISA, kini jenis VGA ini sudah tidak lagi digunakan karna keterbatasan kecepatan dan kehalusan gambar dan warna yang dihasilkan. teknologi ini pertama diperkenalkan pada tahun 1988.
VGA EISA (Extended Industry Standart Architecture)

VGA PCI (Peripheral Component Interconnect). Adalah jenis VGA Card yang dipasang pada slot ekspansi PCI bus yang memiliki sistem I/O 32-bit dan 64-bit. Saat ini, jenis VGA ini sudah tidak digunakan lagi pada komputer karena keterbatasan kecepatan dan warnanya. dan jenis VGA ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993.
VGA PCI (Peripheral Component Interconnect)

VGA AGP (Accelerated Graphics Port). Adalah jenis VGA Card yang dipasang pada slot ekspansi AGP bus yang memiliki sistem I/O 128-bit dan 256-bit. Alasan pertama dibuatnya jenis VGA card ini adalah untuk meningkatkan transfer data kedalam memori secara signifikan dari komputer ke monitor. Ciri khas yang dimiliki oleh VGA Card jenis ini adalah bentuk pin yang vertikal yang menyerupai sarang lebah.
VGA AGP (Accelerated Graphics Port)

VGA PCIe (Peripheral Component Interconnect Express). Adalah jenis VGA Card yang dipasang pada slot ekspansi PCIe bus yang memiliki sistem I/O berangkai dan memiliki kecepatan 32GB/s. VGA Card ini merupakan pengembangan paling baru dari versi-versi terdahulunya yang memiliki kemampuan paling baik dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004.

VGA PCIe (Peripheral Component Interconnect Express)

Demikian penjelasan tentang fungsi dan jenis VGA komputer dari yang terdahulu hingga yang digunakan pada saat ini. Bagaimana? anda sudah bisa dapat gambaran singkat tentang fungsi dan perkembangan VGA bukan? Baiklah, saya cukupkan sampai disini artikel tentang Fungsi dan Jenis VGA Komputer semoga dapat bermanfaat bagi anda semua!

Materi Jenis Spesifikasi dan Fungsi Graphical Adapter Komputer dan Jaringan Dasar Semester 1

Posting Komentar untuk "Jenis Spesifikasi dan Fungsi Graphical Adapter"