Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Server Beserta Fungsinya

mosbet az

Pengertian Server Beserta Fungsinya dan Jenisnya

Apa itu server? Untuk apa fungsinya? Dan ada berapa jenisnya? Berikut ulasan ringkas mengenai pengertian server beserta fungsi dan jenisnya.

Dalam sebuah jaringan yang terdiri dari lebih dari satu buah komputer, biasanya terdapat konsep klien dan server. Server dan klien adalah dua pihak yang saling berhubungan.

Sederhananya, server merupakan penyedia berbagai macam data, dokumen dan hal lainnya yang dibutuhkan oleh klien. Klien membutuhkan server untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau untuk meminta data / file yang terdapat pada server.

Server sendiri terdapat banyak jenisnya, tergantung penggunaan dan fungsinya. Untuk lebih memahami lagi seluk-beluk mengenai server, ada baiknya untuk menyimak artikel mengenai pengertian server, jenis-jenis server, fungsi server beserta manfaat dan cara kerja server dibawah ini.

Pengertian Server Beserta Fungsinya

Pengertian Server

Dikutip dari bagusal.com, pengertian server adalah sebuah tempat yang berfungsi untuk memberikan layanan kepada klien. Selain itu, server juga berfungsi sebagai tempat menyimpan data dan informasi.

Ada juga pendapat lain mengenai pengertian server, yaitu sebuah pengawasan akses setiap klien yang terhubung dengan jaringan komputer oleh layanan sistem komputer.

Sedangkan menurut Nugroho, server adalah sebuah pusat yang berfungsi sebagai pelayan untuk pendistribusian dan penerimaan data. Pengiriman dan penerimaan data antar komputer diatur oleh server.

Dari pengertian server diatas dapat kita simpulkan bahwa server adalah sebuah pusat data yang berisi berbagai macam informasi dan berperan sebagai penyedia data kepada klien atau pengguna.

Komponen server sendiri mencangkup beberapa perangkat keras dan lunak, diantaranya yaitu prosesor, RAM (Random Access Memory), dan sistem operasi jaringan.

Sebuah komputer dapat memiliki peran sebagai server, klien, atau bahkan keduanya. Misalnya saja, Anda memakai sebuah komputer A untuk mengakses website milik pengguna B, maka kini Anda berperan sebagai klien. Sebaliknya, jika pengguna B menggunakan komputernya untuk mengakses website Anda, maka Anda kini berperan sebagai server. Konsep tersebut lebih dikenal dengan sebutan konsep peer to peer.

Fungsi Server

Setelah membahas mengenai pengertian server, mari kita beralih ke fungsi server. Apa saja sih fungsi server itu? Berikut ini beberapa fungsi dari server :

  1. Tempat utama sebagai olah data yang dioperasikan pada semua komputer klien atau pengguna.
  2. empat pelayanan semua permintaan data dari komputer klien.
  3. ertindak sebagai pengatur lalu lintas data pada jaringan.
  4. emua data, file, aplikasi dan sebagainya tersimpan di server.
  5. emua permintaan dari komputer seperti informasi data, file, aplikasi dan lainnya tersedia di server.
  6. engatur hak akses pada suatu jaringan.

Jenis Server

Berdasarkan fungsinya, server terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Proxy Server

Jenis server yang pertama adalah proxy server. Proxy server berfungsi untuk membatasi server dan komputer lain dalam hal permintaan data, kecepatan koneksi dan berbagi file. Server ini yang menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan global (internet)

2. Virtual Server

Virtual server memiliki fungsi sebagai penghasil server fisik, sehingga terlihat terdapat beberapa server dalam satu jaringan.

3. Telnet Server

Jenis server yang selanjutnya adalah telnet server. Telnet server berperan sebagai koordinator pada komputer utama dalam proses masuk dan keluar data.

4. FTP Server

FTP server memiliki fungsi untuk mengatur perpindahan data pada suatu jaringan komputer.

5. Web Server

Web server berperan sebagai penyimpan konten sebuah website dan menjalankan komunikasi dengan HTTP.

6. Aplikasi server

Server ini berfungsi sebagai pengelola perintah yang dilakukan oleh klien dan menghubungkan ke database.

7. News Server

News server berfungsi sebagai penyalur segala jenis berita melalui jaringan berita yang dibuat.

8. Audio & Video Server

Jenis server ini berfungsi untuk menyimpan fitur multimedia seperti video atau audio pada sebuah website.

9. Mail Server

Jenis server yang terakhir adalah mail server. Mail server berfungsi untuk menangani atau melayani client dalam hal berkirim surat.

Manfaat Penggunaan Komputer Server

Dengan menggunakan sebuah komputer server, berbagai biaya dan juga waktu dapat dipangkas, sehingga sebuah kegiatan menjadi lebih ekonomis. Misalnya saja, jika di sebuah perusahaan terdapat sebuah komputer server yang terhubung ke semua komputer lain sebagai kliennya, maka sebuah data dapat dibagikan ke sesama klien dalam jaringan perusahaan tersebut.

Kemudian jika misalnya ada komputer klien yang ingin mencetak sebuah file, maka bisa langsung melalui komputer server, sehingga hanya dibutuhkan satu buah printer saja. Tentu jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan jika harus melakukan pemasangan printer untuk tiap komputer yang ada di perusahaan tersebut. Untuk membuat sebuah komputer server, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti :

RAM : kapasitas memori yang besar agar proses multitasking menjadi lebih cepat.

Processor : komputer sever sebaiknya memiliki kecepatan akses prosesor yang mumpuni agar kinerja tetap terjaga dan tidak down.

Hard Drive : berguna untuk menyimpan berbagai macam data komputer klien yang terpusat pada komputer server. Kebanyakan server canggih lebih memilih menggunakan SSD ketimbang hard drive atau harddisk karena performa atau kinerjanya lebih baik.

Cara Kerja Server

Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja, untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Untuk kasus lainnya, seperti server FTP, mungkin agak sedikit berbeda. Pada server FTP, Anda dapat mengunggah sebuah dokumen atau data menuju server FTP, sehingga dapat disimpan dalam server tersebut. Sebagai klien, Anda berhak untuk menyimpan data Anda di server FTP.

Nantinya, jika ada orang lain yang tergabung dalam jaringan server tersebut dan ingin mengunduh data atau dokumen Anda, maka server FTP akan menyediakan koneksi untuk klien lain tersebut. Secara umum, semua jenis server bekerja dengan menjalankan fungsi-fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, mulai dari melayani permintaan data dari klien hingga memberikan perlindungan pada komputer klien. Hanya saja, untuk jenis server yang berbeda, hal yang dilayani pun berbeda.

Posting Komentar untuk "Pengertian Server Beserta Fungsinya"