Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Istilah Olah Raga Golf

 

Istilah Olah Raga Golf

Definisi Olahraga Golf

Olahraga golf adalah salah satu cabang dari olahraga bola kecil. Permainan golf bertujuan memasukkan bola kecil menggunakan stick kedalam lubang-lubang yang telah disiapkan.


Sejarah Olahraga Golf

Golf memiliki sejarah tersendiri dari awal munculnya sampai dengan saat ini. Apakah kamu sudah tahu sebagian atau belum sama sekali tentang sejarah olahraga golf.

Golf di akui oleh para ahli sejarah atau sejarawan dunia berasal dari negara Skotlandia. Pengakuan ini bukan hanya candaan belaka melainkan berdasarkan fakta dan bukti yang ditemukan.

Penemuan beberapa bukti seperti lapangan golf pertama di dunia yang ditemukan di Skotlandia. Fakta berupa nama golf yang diambil dari bahasa Skotlandia. Sampai klub golf yang pertama kali sampai pertandingan golf pertama kali itu adanya di Skotlandia.

Diperkirakan olahraga ini ditemukan sendiri oleh orang Skotlandia pada abad ke 15 M. Pada abad ini masyarakat sudah memainkan golf menggunakan pemukul dari kayu dan bola dari karet. Bahkan permainan sudah dilakukan menggunakan lapangan luas.

Namun sayangnya permainan golf sempat dilarang oleh pemerintah Skotlandia karena dianggap dapat mengganggu jalannya pemerintahan. Pada akhirnya golf dibawa ke benua Eropa yaitu negara Inggris.

Dari inggrislah permainan golf diterima dan berkembang pesat sampai ke negara-negara Eropa lainnya. Tercatat pada tahun 1958 dibentuklah International Golf Federation (IGF). Pembentukkan IGF bertujuan untuk mengatur dan menangani seluruh masalah golf yang ada di dunia.

Sampai saat ini tercatat anggota negara yang bergabung dengan IGF sejumah 126 negara. IGF sendiri berpusat di Switzerland.

Cara Bermain Golf

Sama halnya dengan bermain olahraga yang lain, golf juga memiliki cara bermainnya sendiri. Berikut ini cara bermain olahraga golf.

  • Pukulan untuk memulai pertandingan (pukulan pertama) harus dilakukan dari teeing ground.

  • Pemenang adalah pemain atau atlet yang berhasil memasukkan bola ke lubang dengan pukulan paling sedikit.

  • Pemain golf harus berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya, hal ini dilakukan setiap pemain melakukan pukulan.

  • Dalam lapangan saat pertandingan berlangsung, pemain bisa menganggap bola tidak dapat dimainkan dalam posisi apapun.

  • Saat pemain mendapatkan penalti maka pemain diizinkan untuk membersihkan, mengangkat dan mengganti bola.

Istilah Pukulan dalam Golf

Istilah Pukulan dalam Golf

Olahraga golf identik dengan memukul bola menggunakan stik. Pukulan-pukulan yang dilakukan dalam permainan gol memiliki beberapa istilah sebagai berikut:

Punch

Merupakan teknik pukulan yang dilakukan pemain jika angina yang ada saat permainan berlangsung sedang berhembus kencang.

Hole In One

Termasuk pukulan yang hebat dan sulit dilakukan. Pukulan yang dilakukan oleh pemain saat berhasil memasukkan bola dari teeing ground ke lubang dalam sekali pukul saja.

Tee

Tee shot adalah pukulan yang dilakukan pertama kali saat memulai permainan golf. Pukulan ini sama halnya dengan pukulan servis pada permainan bola voli.

Chip In

Pukulan yang dilakukan oleh pemain saat berhasil memasukkan bola ke lubang bukan dari area green.

Fairway

Biasanya pukulan ini dilakukan para pemain setelah melakukan tee shot. Bentuk pukulan berupa pukulan keras atau kuat saat bola berada jauh dari lubang.

Approach

Pukulan yang bertujuan untuk mendekatkan bola ke area green. Biasanya dilakukan dengan jarak yang sedang sampai pendek.

Putting

Termasuk ke dalam jenis pukulan yang sulit untuk dilakukan. Karena  pukulan yang dilakukan saat posisi bola berada sudah dekat dengan lubang. Saat melakukan pukulan putting, pemain harus menggunakan alat bantu yang disebut putter.

Bunker

Pemain dapat melakukan pukulan ini saat bola keluar dari area atau ketika bola jatuh di atas bunker.

Punch atau Knockdown

Dimasukkan ke dalam jenis pukulan approach shot. Pemain melakukan pukulan ini untuk menghindari dahan, ranting atau pepohonan. Pukulan rendah yang dilakukan dengan jarak pendek.

Teknik Bermain Golf

Teknik dasar pada permainan golf terbagi menjadi tiga teknik yang  dapat kamu lihat dibawah ini.

Teknik  Memegang

Hal ini adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan saat bermain golf. Berikut ini adalah teknik memegang dalam olahraga golf.

Overlapping Golf Grip

Teknik yang dilakukan seperti memegang stik pada permainan baseball. Hanya saja tangan kanan agak sedikit ke atas. Sehingga jari kelingking tangan kanan pemain berada di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.

Baseball Grip

Tangan kiri berada di bawah tangan kanan sama persis seperti kamu memegang stik pada permainan baseball.

Interlocking Golf Grip

Cara memegang sama dengan teknik baseball grip hanya saja pemain mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk tangan kiri.

Teknik Mengayun

Dalam teknik mengayun kamu dapat menggunakan dua jenis teknik yaitu backswing dan downswing.

Teknik Memukul

Terdapat lebih dari 5 cara yang digunakan dalam teknik memukul. Teknik ini seperti tee shot, hole in one, approach, fair way, punch dan bunker.

Tipe pukulan dalam golf

Tee shot adalah pukulan pertama dari teeing ground. Tee shot biasanya dilakukan dengan menggunakan driver (misalnya 1-wood) untuk hole yang panjang atau iron pada hole yang lebih pendek.

Fairway shot Stik golf jenis iron atau wedge biasa digunakan untuk melakukan pukulan ini.

Bunker shot Pukulan ini dilakukan jika bola mendarat di atas bunker. Pukulan ini biasanya menggunakan sand wedge.

Punch atau knockdown adalah pukulan rendah yang dilakukan untuk menghindari cabang pohon atau angin yang kuat di atas.

Putting adalah pukulan yang dilakukan di atas green dan menggunakan putter dan bagi sebagian besar pegolf merupakan pukulan tersulit.

Approach shot adalah pukulan yang dilakukan untuk mendekatkan bola ke green. Pukulan ini biasanya dilakukan pada jarak yang sedang atau dekat. Tipe approach shot terdiri dari 3 jenis:

Pitch adalah approach shot yang menerbangkan bola ke atas green atau dekat green. Pitch shot biasa dilakukan dengan menggunakan iron 6 hingga lob wedge.

Flop adalah approach shot yang lebih tinggi lagi dan langsung berhenti sesaat setelah menghantam tanah. Pukulan ini dilakukan ketika pemain harus menghadapi rintangan untuk mencapai green. Flop biasa dilakukan dengan menggunakan stik golf sand wedge atau lob wedge.

Chip adalah approach shot yang rendah ketika bola terbang rendah dan kemudian bergulir mengarah ke green.

Posting Komentar untuk "Istilah Istilah Olah Raga Golf"