Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Cepat Memahami (Metode Belajar Tahap Lanjut)

 

Cara Belajar Cepat Memahami

Kenapa belajar tidak masuk ke otak? Belajar dengan sekedar membaca materi secara berulang-ulang merupakan salah satu penyebab belajar tidak masuk otak. Mungkin Anda akan mengingatnya, tetapi tidak permanen, sebab tidak dapat pemahamn apa dan bagaimana maksudnya serta sudah dipastikan akan bingung jika polanya dibolak balik.

Masalah inilah yang seringkali dihadapi pelajar saat merasa kesulitan dalam belajar di kondisi pandemi seperti sekarang, dimana proses belajar tatap muka jarang dilakukan dan harus mampu belajar memahami materi secara mandiri. Kebanyakan merasa bahwa kegiatan belajar sudah dilakukan dengan benar namun tetap saja nihil.

Cara agar cepat memahami sesuatu secara mandiri dan paling mudah diterapkan adalah dengan selalu membuat rangkuman, atau mind map dari apa yang sudah Anda baca. Anda juga bisa menandai materi penting pada buku dengan stabilo atau pulpen warna, dan untuk materi terapan sering-seringlah latihan mengerjakan soal.

Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat

1. Pahami Tiap Informasi yang Ada di Materi

Saat kita belajar, jangan berfikir jika hal itu identik dengan membaca, membaca dan membaca. Tidak, karena belajar yang sesungguhnya adalah memahami. Pahami tiap informasi yang ada dalam materi, lalu simpulkan dan ambil sebagai pengetahuan baru. Gunakan pena berwarna warni atau stabilo untuk menandai informasi yang Anda anggap penting.

Cara Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat yakni dengan memahami informasi yang Anda terima. Apabila Anda tidak bisa paham dengan materi yang ada, Anda bisa mencari materi lain serupa dari Internet atau dari jurnal serta karya tulis ilmiah, dengan demikian Anda akan menemukan pembahasan yang mudah Anda pahami.

2. Buat Kategori Pengelompokan Materi Pembelajaran

Apa itu pengelompokan materi? Jadi pengelompokan materi adalah suatu strategi menghafal sederhana dengan mengelompokan hal-hal yang mudah diingat kedalam satu kelompok atau bisa disebut juga dengan jembatan keledai (teknik mnemonic).

Mudahnya adalah membuat sebuah singkatan dari tiap suku kata. Salah satu contoh yang sudah Anda terapkan sejak kecil adalah singkatan warna pelangi. Anda lebih mudah mengingat singkatan "MeJiKuHiBiNiU" dan langsung auto hafal susunan warnanya. Contoh lain cobalah tebak rangkaian suku kata berikut " PA-MAn-KU WAKTU SU-buh INgat JUMilah"? bisa? klu nya pelajaran fisika.

3. Catat dan Hubungkan Informasi

Setelah Anda memahami dan membuat pengelompokan pada materi, praktik selanjutnya adalah, cobalah menulis untuk membuat rangkuman sesuai pemahaman yang Anda dapatkan. Hubungkan poin-poin penting dari informasi dan rangkailah menjadi sebuah kalimat yang akan Anda hafalkan.

Perluas pengetahuan anda dengan cara menghubungkan informasi yang lebih sulit dari referensi yang Anda dapatkan di Internet sebelumnya. Jika Anda bingung memikirkan bagaimana cara menghubungkan kedua materi tersebut. Caranya adalah Anda bisa meringkas intinya saja, tulis pada catatan kecil atau Anda bisa membuat Mind Mapping sehingga dapat mempermudah pemahaman dan hafalan.

4. Teknik Mengulang Kembali Materi

Apa yang dimaksud perulangan? perulangan adalah proses eksekusi kegiatan secara terus menurus hingga tujuan yang diinginkan tercapai. Ini merupakan metode belajar dan mengingat yang cukup ampuh. Seperti dijelaskan sebelumnya hanya dengan membaca materi berulang-ulang saja materi bisa masuk ke otak, ya walaupun sedikit. Teknik ini sudah terbukti membuat Anda ingat secara permanen dan menguatkan memori jangka panjang Anda.

Penerapan teknik ini sebaiknya dilakukan setelah Anda merangkum, atau minimal sudah memiliki poin-poin penting dari materi yang Anda pelajari. Anda bisa melakukannya dengan cara membaca rangkuman Anda berulang-ulang, atau dengan cara yang menarik seperti mengajak teman untuk saling memberikan soal dan pertanyaan yang terkait dengan apa yang sudah Anda pelajari.

5. Menerapkan teknik Pomodoro

Mencoba teknik pomodoro pada saat berlajar sangat berguna untuk menjaga pikiran Anda agar tetap fokus. Sebelumnya Apa itu teknik Pomodoro dalam belajar? Teknik pomodoro adalah teknik manajemen waktu dalam belajar dengan menerapkan interval waktu tertentu untuk fokus, dan interval waktu tertentu untuk istirahat.

Cobalah install aplikasi pomodoro pada handphone Anda, lalu set waktu fokus Anda selama 25 menit dan waktu break Anda 5 menit. Dengan menerapkan teknik pomodoro Anda dapat mempertahankan fokus Anda lebih lama dan menghindari kelelahan.

6. Istirahat dan Tidurlah Sebentar

Diketahui dari sebuah penelitian menunjukkan, apabila kita ingin memproses dan menyimpan informasi, maka cobalah untuk tidur selama beberapa menit. Karena dengan tidur, bisa dipastikan akan membantu otak Anda menyimpan materi pelajaran ke dalam memori.

Ingat tidak ada akhir yang indah pada sesuatu yang berlebihan dan dipaksakan, selain Anda menjaga fokus dengan teknik pomodoro, Anda juga harus istirahat jika sudah terasa lelah. Belajar adalah kegiatan mengulang dan konsisten, jadi yang dinilai bukan kerasnya, tapi seberapa konsisten dan seringnya Anda belajar.

7. Berlatih Menghafal di Depan Cermin

Tips selanjutnya adalah berlatih presentasi dari hafalan Anda di depan cermin. Pelu dicatat jika Anda bicara sendiri tanpa alasan jelas, wajar orang bilang “Gila”.

Tapi yang di maksud disini adalah berlatih presentasi dengan bicara sendiri di depan cermin. Anda bisa bermain imajinasi seolah menjadi guru, dan membayangkan banyak audience yang menunggu penjelasan dari Anda. Dengan latihan seperti materi yang sudah Anda rangkum akan lebih mudah untuk dihapal.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Cepat Memahami (Metode Belajar Tahap Lanjut)"