Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Psikotes Lamaran Kerja

Contoh Soal Psikotes lamaran kerja dan Jawabannya menjadi salah satu bentuk seleksi untuk masuk pekerjaan atau salah satu syarat yang harus diikuti pelamar pekerjaan di salah satu perusahaan. Tes psikotes biasanya dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan watak calon karyawan yang diseleksi.

Hasil soal psikotes sendiri biasanya punya peran penting dan besar untuk menentukan apakah pelamar pekerjaan cocok untuk diterima bekerja di perusahaan yang dilamar. Sebagai catatan, tidak ada istilah benar atau salah dalam mengerjakan soal psikotes juga contoh soal psikotes.

Berikut Contoh Soal Psikotes Lamaran Kerja:

1. Tes Psikotes Verbal

Tes psikotes verbal meliputi sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kata), analogi dan korelasi makna.

Contoh soal tes psikotes sinonim

INSOMNIA =

  1. CEMAS
  2. SEDIH
  3. TIDAK BISA TIDUR
  4. REALITA

Jawabannya adalah: TIDAK BISA TIDUR

Contoh soal tes psikotes antonim

RETRO =

  1. BARU
  2. MODERN
  3. CANGGIH
  4. LAWAS

Jawabannya adalah: MODERN

Contoh soal tes psikotes analogi kata

… : WISUDA = PERTUNANGAN : …

  1. TOGA-CINCIN
  2. GELAR-PELAMINAN
  3. BERHASIL-CINTA
  4. KULIAH-PERNIKAHAN

Jawabannya adalah: KULIAH-PERNIKAHAN. Sebab tujuan akhir dari kuliah adalah wisuda, dan tujuan akhir dari pertunangan adalah pernikahan.

2. Tes Psikotes Wartegg

Selain itu, tujuan dari tes ini adalah untuk melihat kemampuan kamu dalam menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi, kemauan, dan lainnya.

Soal Psikotes Lamaran Kerja

Untuk menyelesaikan tes psikotes ini, jika kamu mengerjakannya secara berurutan dari kiri ke kanan, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang kaku atau konservatif. Namun jika kamu mengerjakannya secara acak, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang kreatif dan inovatif.

Bagi kamu yang berjenis kelamin pria, sebaiknya hindari menggambar kotak ke-5 (di bawah kotak atas pertama dari kiri). Hal ini bisa membuat para penguji menilai bahwa kamu memiliki kelainan pada orientasi seksual. Coba untuk menggambar benda hidup pada garis lengkung, dan benda mati untuk garis lurus.

3. Tes Psikotes Aritmatika

Tes psikotes aritmatika akan kamu jumpai jika kamu melamar pekerjaan yang berkaitan dengan angka dan hitung-hitungan. Seperti staf keuangan, data analyst, atau software engineer. Untuk mengerjakannya, dibutuhkan konsentrasi dan fokus penuh.

Nilai 260% dari 1 ¾ adalah …

  1. 2,45
  2. 4,35
  3. 4,55
  4. 24,5
  5. 455

Jawabannya adalah: 4,55

1, 6, 4, 11, 9, 16, 16, 21, …

  1. 25
  2. 26
  3. 27
  4. 29
  5. 28

Jawabannya adalah: 25

4. Tes Psikotes Menggambar Orang atau Pohon

Pada tes ini, kamu diminta untuk menggambar orang atau pohon. Kamu juga tidak diperbolehkan untuk menggambar pohon kelapa atau pohon berukuran kecil. Kamu harus menggambar pohon yang memiliki ranting.

Sama halnya jika kamu ingin menggambar orang. Kamu diharuskan menggambar manusia dengan anggota tubuh lengkap dan komposisi wajah yang seimbang. Pada tes psikotes ini, keindahan gambar tidak akan menjadi bahan penilaian oleh penguji.

Soal Psikotes Lamaran Kerja

5. Tes Psikotes Pengelompokan Kata

Pada tes psikotes kali ini, kamu diminta untuk memilih satu kata yang tidak sesuai dengan yang lainnya. contoh soal psikotesnya adalah:

  1. EFEKTIF
  2. EFFEKTIF
  3. EFEKTIP
  4. EPEKTIP
  5. EVEKTIF

Jawabannya adalah EFEKTIF. Sebab kata lainnya merupakan kumpulan kata yang tidak baku.

  1. BELA SUNGKAWA
  2. HALAL BIHALAL
  3. MATAHARI
  4. BEA SISWA
  5. DITEMUKAN

Jawabannya adalah: MATAHARI. Sebab kata lainnya ditulis secara salah.

6. Tes Psikotes Kraepelin/Pauli (Koran)

Satu lagi contoh soal psikotes yang sering kamu jumpai. Tes psikotes koran ini berisikan soal perhitungan sederhana. Tugas kamu adalah menjumlahkan deretan angka-angka dari mulai 0-9 yang tersusun secara vertikal.

Kamu harus mempersiapkan fisik untuk mengerjakan contoh soal tes psikotes ini. Sebab, tes psikotes ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan cukup melelahkan yang diakibatkan dari menghitung banyaknya jumlah angka yang berderet.

Soal Psikotes Lamaran Kerja

Posting Komentar untuk "Soal Psikotes Lamaran Kerja"