Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profesi dan Sertifikasi Rekayasa Perangkat Lunak

 

Profesi dan Sertifikasi

Profesi sebagai seorang Software Engineer mungkin masih terasa asing di telinga orang Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia mungkin lebih familiar dengan sebutan Ahli Teknologi Informasi, Analis Sistem Informasi, Programmer, Operator atau sebutan profesi lainnya. Hal ini karena adanya kerancuan tentang istilah RPL seperti telah disebutkan di awal bab. Namun di negara-negara yang maju dalam bidang teknologi informasi, sebutan Software Engineer telah mulai banyak digunakan.

Sertifikasi kompetensi dalam bidang RPL, saat ini masih menjadi perdebatan di kalangan ahli dan penyedia perangkat lunak. Sebagian besar sertifikasi dalam industri perangkat lunak biasanya sangat spesifik untuk perangkat lunak tertentu. Sebagai contoh, perusahaan perangkat lunak seperti Redhat Linux Inc., Adobe Inc., Oracle, atau Microsoft, memberikan sertifikasi kemampuan pada seseorang yang menguasai perangkat lunak yang diproduksinya.

ACM (Association for Computing Machinery) pernah menyelenggarakan sertifikasi untuk program Software Engineer pada tahun 1980an, namun dihentikan karena kurangnya peminat. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) telah mengeluarkan lebih dari 500 sertifikat profesi perangkat lunak. Di Canada, telah dikeluarkan sebuah sertifikat legal untuk RPL yang disebut sebagai ISP (Information Systems Profesional).

Saat ini, sertifikasi untuk RPL di Indonesia juga belum tersedia, namun telah disusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia untuk Bidang Programmer Komputer. Meskipun belum memenuhi cakupan bidang RPL secara keseluruhan, namun paling tidak dapat digunakan sebagai pendekatan sertifikasi bidang RPL.

Sertifikasi : Tujuan dan Manfaat

Sertifikasi Tingkat bertujuan agar mendapatkan pengakuan yang bisa dipakai di dunia kerja khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Sertifikasi Tingkat akan mengantarkan  lulusan  menjadi  ahli  serta  trampil  dalam merancang,  membangun,  memelihara  dan  memperbaiki  sistem di bidang IT yang dihargai  di  dunia  dan  secara umum telah menjadi standar recruitment perusahaan IT .

Manfaat dengan adanya Sertifikasi Tingkat yaitu :

1. Percepatan lulusan diterima kerja dapat terus meningkat.

Pemenuhan kompetensi lulusan agar sesuai dengan kebutuhan pasar melalui Sertifikasi Tingkat akan menyebabkan lulusan cepat mendapatkan kerja. Hal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian akreditasi prodi pada poin 3.4.3 yaitu “Masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan pertama”. Poin tersebut akan dinyatakan sangat baik jika prodi memiliki rata-rata masa tunggu lulusan < 6 bulan.

2. Tingkat kepuasan pengguna lulusan (industri)

Manfaat lain dengan adanya Sertifikasi Tingkat yaitu kepuasan pengguna terhadap mutu lulusan mengalami peningkatan. Hal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian akreditasi prodi pada poin 3.4.1.3 yaitu “Pendapat pengguna (employer) lulusan terhadap mutu alumni”. Poin tersebut akan dinyatakan sangat baik jika prodi mendapatkan skor 24-28 untuk 7 parameter penilaian alumni, yaitu : integritas (etika dan moral), keahlian berdasarkan bidang ilmu (kompetensi utama), bahasa inggris, penggunaan teknologi informasi, komunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri.

Sertifikasi Pengembang Perangkat Lunak

Teknologi Informasi (TI) mewujudkan komponen digital termasuk perangkat lunak, komputasi awan, data, perangkat keras, dan teknologi komunikasi. TI mencakup program-program yang terus merevolusi semua bagian aktivitas manusia. Untuk menjadi pengembang perangkat lunak yang efisien, Anda memerlukan sertifikasi tertentu.

Sejauh ini, TI memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ekonomi, dan kemajuannya telah membuat pengembangan dan pemanfaatan berbagai produk menjadi lebih murah bagi pedagang dan klien mereka. Sekaligus memberikan kesempatan kerja baru bagi masyarakat.

Permintaan untuk profesional TI tinggi dan berkembang, dan orang-orang yang mempertimbangkan industri TI, memiliki banyak pilihan jalur karir untuk dipilih. Salah satu sektor TI yang dicari adalah pengembangan dan rekayasa perangkat lunak.

Rekayasa dan pengembangan perangkat lunak memainkan peran penting dalam Teknologi Informasi dengan merancang dan berinovasi aplikasi perangkat lunak.

Insinyur dan pengembang perangkat lunak memiliki banyak relevansi. Informasi tersedia di ujung jari kita hari ini karena upaya progresif dari para insinyur dan pengembang perangkat lunak karena perangkat lunak menyederhanakan pengambilan keputusan, berkontribusi pada produktivitas, dan meningkatkan keamanan data.

Jika Anda tertarik pada inovasi, teka-teki teknologi, memiliki sifat ingin tahu dan memiliki keterampilan teknis yang baik, atau Anda senang mencoba gadget baru, kemungkinan besar Anda akan menjadi insinyur atau pengembang perangkat lunak.

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Mendapatkan Sertifikasi Sebagai Pengembang Perangkat Lunak?

Sebagai seseorang yang tertarik dengan pengembangan perangkat lunak, Anda perlu memiliki pelatihan dasar dalam pengembangan perangkat lunak, baik dari kursus online atau pelatihan fisik. Kemudian, untuk terus berlatih Anda memerlukan akses ke sistem komputer dan koneksi internet yang stabil.

Singkatnya, alat yang Anda butuhkan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai pengembang perangkat lunak meliputi:

1. Pengetahuan tentang pengembangan perangkat lunak

Pengembangan perangkat lunak tidak serumit dan sulit dipelajari seperti yang dibayangkan banyak orang. Tidak seperti sebelumnya, ada banyak alat yang menyederhanakan proses pembelajaran yang membawa Anda melalui dasar-dasar yang berbeda sebelum mencapai aspek kunci lain dari pengembangan perangkat lunak.

Proses pengembangan atau pembelajaran Anda dapat berlangsung dari minggu ke bulan tergantung pada tingkat minat Anda dan jumlah waktu yang Anda investasikan untuk belajar.

Sebelum melanjutkan untuk mendapatkan sertifikasi dalam pengembangan perangkat lunak, Anda harus mendapatkan pengetahuan lanjutan tentang pengembangan perangkat lunak dengan mengambil kursus yang pasti telah membawa Anda melalui dasar-dasar pengembangan perangkat lunak.

2. Derajat

Derajat memverifikasi bahwa Anda telah mempelajari dasar-dasar program apa pun. Dan gelar pengembangan perangkat lunak tidak ditemukan di banyak institusi tradisional.

Untuk mendapatkan sertifikasi dalam pengembangan perangkat lunak, mendapatkan gelar dari institusi mana pun yang menawarkan program sebagai jurusan akan menjadi kepentingan terbaik Anda. 

3. Ponsel, Tablet, atau Komputer

Perangkat telah menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia bersama-sama menggunakan kekuatan internet.

Pengembangan perangkat lunak tidak dapat dilakukan secara manual – Anda akan memerlukan semua perangkat yang dapat Anda peroleh untuk membantu pelatihan dan latihan Anda.

Itu selalu disarankan untuk mendapatkan berbagai perangkat yang berbeda sehingga Anda dapat melihat bagaimana perangkat lunak Anda bermain di setiap skenario.

Secara meyakinkan, ini merupakan salah satu materi terpenting yang harus Anda miliki ketika mempertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi untuk pengembang perangkat lunak. Salah satu perangkat ini bertindak seperti landasan peluncuran dari mana dunia diakses.

4. Koneksi Internet Stabil

Internet memainkan peran kunci dalam pendidikan dan penyebaran informasi mengenai semua jenis pekerjaan sama sekali. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memanfaatkan kekuatan internet sebagai pengembang perangkat lunak.

Tanpa koneksi jaringan yang stabil, sangat tidak mungkin untuk secara efisien mengeksplorasi, melakukan penelitian, dan mencari informasi tentang bagaimana dan di mana Anda bisa mendapatkan sertifikasi. Koneksi Internet yang stabil lebih seperti saluran di mana Anda dapat mengakses setiap informasi yang relevan secara online.

Untuk menjadi software engineer bersertifikat, berikut adalah langkah-langkah:

Langkah 1: Tentukan tujuan akhir Anda

Beberapa orang memasuki pengembangan perangkat lunak hanya dengan keinginan dan impian. Sering kali, mereka tidak membaca untuk membangun pengetahuan tentang pentingnya dan aspek pengembangan perangkat lunak yang dapat mereka gunakan secara menguntungkan.

Langkah pertama untuk menjadi insinyur perangkat lunak bersertifikat adalah Anda harus memiliki tujuan yang ditetapkan. Ini akan membantu Anda menghindari gangguan dan tetap berkomitmen pada jangka waktu yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri.

Langkah 2: Mendaftar di program gelar

Ada kemungkinan besar bahwa tidak ada yang akan percaya bahwa Anda adalah seorang pengembang perangkat lunak, terutama ketika Anda belum memiliki kesempatan untuk mencoba sampai Anda menunjukkan sertifikasi dari lembaga atau badan yang disegani.

Sebagai seorang profesional di bidang ini, Anda harus memiliki sesuatu untuk menunjukkan bahwa Anda telah melalui dasar-dasar rekayasa perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak adalah permainan yang sangat luas, dan sertifikasi hanya dapat diperoleh setelah Anda mempelajari dasar-dasar rekayasa perangkat lunak.

Derajat adalah bukti nyata yang menunjukkan bahwa Anda sudah mengetahui unsur-unsur rekayasa perangkat lunak. Salah satu hal penting yang Anda butuhkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak bersertifikat adalah gelar.

Langkah 3: Magang

Untuk menjadi lebih baik dalam segala hal, Anda perlu menginvestasikan jumlah jam minimum yang diperlukan untuk penguasaan.

Sertifikasi untuk pengembang perangkat lunak

Teknologi Informasi (TI) mewujudkan komponen digital termasuk perangkat lunak, komputasi awan, data, perangkat keras, dan teknologi komunikasi. TI mencakup program-program yang terus merevolusi semua bagian aktivitas manusia. Untuk menjadi pengembang perangkat lunak yang efisien, Anda memerlukan sertifikasi tertentu.

Sejauh ini, TI memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ekonomi, dan kemajuannya telah membuat pengembangan dan pemanfaatan berbagai produk menjadi lebih murah bagi pedagang dan klien mereka. Sekaligus memberikan kesempatan kerja baru bagi masyarakat.

Permintaan untuk profesional TI tinggi dan berkembang, dan orang-orang yang mempertimbangkan industri TI, memiliki banyak pilihan jalur karir untuk dipilih. Salah satu sektor TI yang dicari adalah pengembangan dan rekayasa perangkat lunak.

Rekayasa dan pengembangan perangkat lunak memainkan peran penting dalam Teknologi Informasi dengan merancang dan berinovasi aplikasi perangkat lunak.

Insinyur dan pengembang perangkat lunak memiliki banyak relevansi. Informasi tersedia di ujung jari kita hari ini karena upaya progresif dari para insinyur dan pengembang perangkat lunak karena perangkat lunak menyederhanakan pengambilan keputusan, berkontribusi pada produktivitas, dan meningkatkan keamanan data.

Jika Anda tertarik pada inovasi, teka-teki teknologi, memiliki sifat ingin tahu dan memiliki keterampilan teknis yang baik, atau Anda senang mencoba gadget baru, kemungkinan besar Anda akan menjadi insinyur atau pengembang perangkat lunak.

Anda bahkan mungkin memiliki orientasi dasar pengembangan perangkat lunak, tetapi ingin mendapatkan lebih banyak pengetahuan melalui sertifikasi profesional untuk kemajuan karir Anda, maka, Anda ingin fokus pada posting ini. Karena dalam posting ini Anda akan menemukan informasi akurat tentang rekayasa dan pengembangan perangkat lunak, Di sini, Anda juga akan menemukan sertifikasi teratas untuk pengembang dan insinyur perangkat lunak.

Apakah Ada Sertifikasi Untuk Pengembang Perangkat Lunak?

Ya, ada banyak sertifikasi untuk pengembang perangkat lunak yang tersedia secara online dan offline. Di kolom berikutnya dari posting ini, sertifikasi ini akan dibuat jelas.

Berapa Sertifikasi Untuk Pengembang Perangkat Lunak?

Biaya program rekayasa perangkat lunak bervariasi, tergantung pada struktur kursus sekolah, dan negara tempat program tersebut tersedia.

Di beberapa sekolah, dibutuhkan waktu kurang dari satu tahun untuk menyelesaikan program sertifikat rekayasa perangkat lunak, jadi sebaiknya hubungi sekolah satu per satu untuk memastikan biaya program. Namun, Anda dapat menemukan beberapa program rekayasa perangkat lunak online gratis yang mungkin datang dengan atau tanpa sertifikasi.

Apa yang Anda Butuhkan Untuk Mendapatkan Sertifikasi Sebagai Pengembang Perangkat Lunak?

Sebagai seseorang yang tertarik dengan pengembangan perangkat lunak, Anda perlu memiliki pelatihan dasar dalam pengembangan perangkat lunak, baik dari kursus online atau pelatihan fisik. Kemudian, untuk terus berlatih Anda memerlukan akses ke sistem komputer dan koneksi internet yang stabil.

Singkatnya, alat yang Anda butuhkan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai pengembang perangkat lunak meliputi:

1. Pengetahuan tentang pengembangan perangkat lunak

Pengembangan perangkat lunak tidak serumit dan sulit dipelajari seperti yang dibayangkan banyak orang. Tidak seperti sebelumnya, ada banyak alat yang menyederhanakan proses pembelajaran yang membawa Anda melalui dasar-dasar yang berbeda sebelum mencapai aspek kunci lain dari pengembangan perangkat lunak.

Proses pengembangan atau pembelajaran Anda dapat berlangsung dari minggu ke bulan tergantung pada tingkat minat Anda dan jumlah waktu yang Anda investasikan untuk belajar.

Sebelum melanjutkan untuk mendapatkan sertifikasi dalam pengembangan perangkat lunak, Anda harus mendapatkan pengetahuan lanjutan tentang pengembangan perangkat lunak dengan mengambil kursus yang pasti telah membawa Anda melalui dasar-dasar pengembangan perangkat lunak.

2. Derajat

Derajat memverifikasi bahwa Anda telah mempelajari dasar-dasar program apa pun. Dan gelar pengembangan perangkat lunak tidak ditemukan di banyak institusi tradisional.

Untuk mendapatkan sertifikasi dalam pengembangan perangkat lunak, mendapatkan gelar dari institusi mana pun yang menawarkan program sebagai jurusan akan menjadi kepentingan terbaik Anda. 

3. Ponsel, Tablet, atau Komputer

Perangkat telah menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia bersama-sama menggunakan kekuatan internet.

Pengembangan perangkat lunak tidak dapat dilakukan secara manual – Anda akan memerlukan semua perangkat yang dapat Anda peroleh untuk membantu pelatihan dan latihan Anda.

Itu selalu disarankan untuk mendapatkan berbagai perangkat yang berbeda sehingga Anda dapat melihat bagaimana perangkat lunak Anda bermain di setiap skenario.

Secara meyakinkan, ini merupakan salah satu materi terpenting yang harus Anda miliki ketika mempertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi untuk pengembang perangkat lunak. Salah satu perangkat ini bertindak seperti landasan peluncuran dari mana dunia diakses.

4. Koneksi Internet Stabil

Internet memainkan peran kunci dalam pendidikan dan penyebaran informasi mengenai semua jenis pekerjaan sama sekali. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda sepenuhnya memanfaatkan kekuatan internet sebagai pengembang perangkat lunak.

Tanpa koneksi jaringan yang stabil, sangat tidak mungkin untuk secara efisien mengeksplorasi, melakukan penelitian, dan mencari informasi tentang bagaimana dan di mana Anda bisa mendapatkan sertifikasi. Koneksi Internet yang stabil lebih seperti saluran di mana Anda dapat mengakses setiap informasi yang relevan secara online.

Bagaimana Anda Menjadi Insinyur Perangkat Lunak Bersertifikat?

Salah satu industri yang tumbuh paling cepat dan berkembang pesat adalah Teknologi Informasi, dan sebagai akibat dari sifatnya yang dinamis, seseorang harus sepenuhnya mengenal teknologi terbaru saat mereka berkembang, untuk mendapatkan titik masuk ke industri ini.

Tanpa basa-basi lagi, untuk menjadi software engineer bersertifikat, berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Tentukan tujuan akhir Anda

Beberapa orang memasuki pengembangan perangkat lunak hanya dengan keinginan dan impian. Sering kali, mereka tidak membaca untuk membangun pengetahuan tentang pentingnya dan aspek pengembangan perangkat lunak yang dapat mereka gunakan secara menguntungkan.

Langkah pertama untuk menjadi insinyur perangkat lunak bersertifikat adalah Anda harus memiliki tujuan yang ditetapkan. Ini akan membantu Anda menghindari gangguan dan tetap berkomitmen pada jangka waktu yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri.

Langkah 2: Mendaftar di program gelar

Ada kemungkinan besar bahwa tidak ada yang akan percaya bahwa Anda adalah seorang pengembang perangkat lunak, terutama ketika Anda belum memiliki kesempatan untuk mencoba sampai Anda menunjukkan sertifikasi dari lembaga atau badan yang disegani.

Sebagai seorang profesional di bidang ini, Anda harus memiliki sesuatu untuk menunjukkan bahwa Anda telah melalui dasar-dasar rekayasa perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak adalah permainan yang sangat luas, dan sertifikasi hanya dapat diperoleh setelah Anda mempelajari dasar-dasar rekayasa perangkat lunak.

Derajat adalah bukti nyata yang menunjukkan bahwa Anda sudah mengetahui unsur-unsur rekayasa perangkat lunak. Salah satu hal penting yang Anda butuhkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak bersertifikat adalah gelar.

Langkah 3: Magang

Untuk menjadi lebih baik dalam segala hal, Anda perlu menginvestasikan jumlah jam minimum yang diperlukan untuk penguasaan.

Seperti yang dikatakan Gladwell, aturannya seperti ini: dibutuhkan 10,000 jam latihan intensif untuk mencapai penguasaan keterampilan dan materi yang kompleks. Dan Anda tidak dapat menemukan waktu latihan seperti itu ketika Anda tidak secara aktif mengerjakan sebuah proyek atau sesuatu yang serupa.

Bekerja di institusi di mana Anda dapat mempraktikkan pengetahuan Anda tidak dapat diremehkan. Kesukarelawanan mungkin tidak datang dengan keuntungan uang, tetapi akan datang dengan pengalaman langsung, dan pengalaman ini akhirnya mempercepat kemampuan Anda untuk memahami dan dengan mudah menafsirkan dan menerapkan istilah perangkat lunak.

Langkah 5: Bergabunglah dengan komunitas online insinyur perangkat lunak

Pengembangan perangkat lunak terus tumbuh selama bertahun-tahun mengumpulkan minat dari ribuan hingga jutaan individu dari seluruh dunia.

Dengan angka-angka ini, organisasi besar menjadi tuan rumah kamp pelatihan pengembangan perangkat lunak dan konferensi di mana pengembang perangkat lunak berkumpul untuk berinteraksi mengenai masalah di bidang pengembangan perangkat lunak untuk menemukan solusi bagi mereka.

Pertemuan-pertemuan ini telah menghasilkan hasil yang luar biasa selama bertahun-tahun, tetapi pandemi menunjukkan bahwa bentuk pertemuan ini tidak berkelanjutan yang mengarah pada penciptaan komunitas online.

Tidak seperti pertemuan fisik, pertemuan online menarik orang-orang dari berbagai belahan dunia ke dalam satu platform terpadu. Dalam komunitas online ini, para pengembang perangkat lunak ini berinteraksi, terhubung, dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang keahlian mereka.

Sebagai pengembang perangkat lunak, Anda dapat menjadi bagian dari komunitas online sebanyak mungkin, terutama yang tidak memiliki persyaratan masuk yang ketat.

Langkah 6: Ikuti kursus lanjutan

Pengetahuan tentang pengembangan perangkat lunak terus meningkat seiring semakin banyak penelitian yang dilakukan dan inovasi diperkenalkan. Sebagai pemula dalam pengembangan perangkat lunak, penting untuk dicatat bahwa perjalanan Anda masih panjang.

Tentu saja, beberapa kursus lanjutan di bidang ini diajarkan di universitas oleh para peneliti dan pengembang perangkat lunak yang berpengalaman, tetapi sebagian besar dapat diperoleh dari interaksi tunggal dengan para ahli di bidang pengembangan perangkat lunak.

Apa pun cara yang cocok untuk Anda, pastikan Anda tidak pernah berhenti mengambil kursus lanjutan di bidang ini. Itu tidak hanya akan membuat Anda lebih baik, tetapi Anda pasti akan menjadi otoritas di bidang Anda.

Sertifikasi Terbaik untuk pengembang perangkat lunak

Menjadi insinyur atau pengembang perangkat lunak bersertifikat adalah cara yang bagus bagi Anda untuk memposisikan diri Anda sebagai seorang profesional di bidang ini. Sertifikasi adalah indikator bahwa Anda akan dibayar tinggi dan Anda bahkan dapat mulai melihat kemungkinan memulai perjalanan kewirausahaan Anda setelah melalui kursus lanjutan yang komprehensif.

Jika Anda mempertimbangkan sertifikasi rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan daya jual Anda, ini adalah yang terbaik.

1. Profesional Keamanan Sistem Informasi Bersertifikat (CISSP)

Sertifikasi ini dianggap sebagai salah satu sertifikasi pengembang perangkat lunak terbaik di dunia, dan mencapai sertifikasi ini bukanlah hal yang mudah. Karena persyaratannya yang sangat teknis, kursus ini paling cocok untuk orang-orang yang sudah berkecimpung di bidang keamanan siber.

2. Profesional Keamanan Cloud Bersertifikat (CCSP)

CCSP menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan teknis tingkat lanjut dalam merancang, mengelola, dan mengamankan aplikasi cloud.

Kursus ini adalah pilihan yang sangat baik untuk administrator keamanan informasi yang peduli dengan pengelolaan dan pengamanan desain dan operasi cloud. 

3. Solusi Azure Bersertifikat Microsoft

Microsoft Azure sering disebut sebagai Azure, adalah aplikasi yang dipilih sebagian besar perusahaan untuk kebutuhan cloud mereka.

Sertifikasi dari Microsoft adalah beberapa yang paling dikenal di industri TI. Jalur Microsoft Azure mencakup layanan cloud untuk memenuhi tantangan organisasi bisnis. Dengan Azure, Anda akan membangun, mengelola, dan menerapkan aplikasi web.

Sertifikasi Microsoft Azure mengharuskan Anda untuk lulus ujian desain arsitek dan ujian teknologi arsitek lainnya untuk dianggap sebagai ahli.

4. Peretas Etis Bersertifikat (CEH)

Bahkan saat kemajuan teknologi positif sedang berlangsung, para ahli yang berspesialisasi dalam mencuri atau menghancurkan data sama-sama menghasilkan perangkat lunak yang secara efektif membantu tujuan mereka.

Sertifikasi Peretas Etis Bersertifikat adalah salah satu sertifikasi pengembang perangkat lunak terbaik yang diberikan secara profesional kepada kandidat yang memiliki pengalaman luar biasa dalam keamanan teknologi.

Banyak lowongan pekerjaan keamanan memerlukan sertifikasi CEH, membuat mereka yang memegang sertifikasi ini sangat relevan di industri ini.

5. Microsoft (MTA)

Sertifikasi MTA ditujukan untuk siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, atau siapa saja yang merupakan pengembang web tingkat pemula.

Pengembang MTA mencakup banyak bidang, termasuk pengembangan Windows, pengembangan perangkat lunak, seluler, permainan, dan banyak lagi. Anda dapat memperoleh sertifikasi dalam satu bidang studi atau lebih.

6. Pengembang Bersertifikasi Cloudera untuk Hadoop (CCDH)

Jika Anda menyukai superkomputer yang dikenal mampu mengolah data berukuran besar, maka Anda akan menyukai Cloudera. Cloudera menawarkan perangkat lunak berbasis Apache Hadoop untuk membantu perusahaan memecahkan kumpulan data besar.

Setelah Anda mencapai sertifikasi Cloudera Certified Developer for Apache Hadoop (CCDH), Anda dapat menemukan, mempertahankan, dan meningkatkan proyek pengembangan Apache Hadoop.

Ujian mencakup infrastruktur Hadoop, manajemen data, mekanika pekerjaan, dan kueri. Tidak ada prasyarat di sini juga.

7. Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C dianggap sebagai salah satu sertifikasi terbaik untuk pengembang dan insinyur perangkat lunak. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat intrinsik untuk pengembang dan insinyur perangkat lunak.

C adalah bagian mendasar dari pemrograman, mengingat beberapa sertifikasi progresif mengaitkan persyaratan berat pada sertifikasi di C++, oleh karena itu, mendapatkan sertifikasi adalah cara cerdas untuk mulai mengasah keterampilan Anda.

8. Peramal

Oracle adalah platform cloud dan penyedia aplikasi yang menawarkan sertifikasi untuk memperkuat kapasitas dengan produknya.

Ini adalah platform yang sangat dikenal, dan insinyur perangkat lunak dapat mengambil manfaat dari mengambil sertifikasi Oracle di Java, pengembangan basis data, sistem dan simulasi, dan banyak lagi.

9 Layanan Web Amazon (AWS)

Jika Anda mencari pekerjaan pengembang perangkat lunak di mana Anda menggunakan platform Amazon Web Services untuk mengembangkan aplikasi web, pertimbangkan untuk mengambil sertifikasi Pengembang Bersertifikat AWS. 

Dasar-dasar AWS mencakup praktik terbaik untuk arsitektur AWS, dukungan pengguna, pengembangan dan penerapan web, debugging, dan manajemen siklus hidup perangkat lunak.

10. Profesional Pengembangan Perangkat Lunak Bersertifikat

Ujian Certified Software Development Professional (CSDP) dari Institute of Electrical and Electronics Engineers. Ini adalah salah satu sertifikasi industri standar untuk pengembang perangkat lunak.

Sertifikasi ini untuk software engineer yang memiliki pengalaman dan membutuhkan setidaknya dua tahun pengalaman profesional atau pendidikan ilmu komputer.

11. Profesional Web Internet Bersertifikat (CIWP)

CIW adalah IT populer di Amerika Serikat.

Perusahaan sertifikasi ini menawarkan sertifikat di beberapa trek. Seri pengembangan web mereka sangat berguna untuk insinyur perangkat lunak yang ingin menampilkan pengetahuan mereka tentang pemrograman, rekayasa basis data, dan keterampilan pengembangan web lainnya.

Sama seperti sertifikasi lainnya, CIW tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, namun, kandidat tetap diperbarui melalui ujian berkala yang diselenggarakan oleh platform.

12. Certified Secure Software Lifecycle Professional (CSSLP)

CSSLP adalah salah satu sertifikasi pengembang perangkat lunak terbaik dan mengukur keterampilan kandidat dalam praktik keselamatan dan keamanan pengembangan perangkat lunak.

Sertifikasi ini dijunjung tinggi dan persyaratannya di atas rata-rata. CSSLP dirancang untuk membantu kandidat mengejar efisiensi dalam keamanan dan keragaman aplikasi.

13. Tenaga Pemasaran

Salesforce adalah perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan yang produktif. Desainnya sedemikian rupa untuk menawarkan sertifikat untuk menyetujui kemampuan merancang aplikasi pada pengaturan berbasis cloud mereka.

Sertifikasi Salesforce Anda dapat membantu Anda mendapatkan perhatian di perusahaan mana pun yang menggunakan Salesforce untuk melakukan bisnis.

14. Auditor Sistem Informasi Bersertifikat (CISA)

CISA adalah salah satu sertifikasi rekayasa perangkat lunak terbaik.

Akreditasinya menyetujui keamanan siber, keterampilan manajemen risiko antara lain.

Sertifikat tersebut menegaskan bahwa pemegangnya dapat mengelola dan mengamankan aset bisnis dengan baik.

15. Manajer Keamanan Informasi Bersertifikat (CISM)

Sertifikasi ini sebanding dengan sertifikasi CISSP, dalam arti keduanya membutuhkan keakraban yang intens dan pengalaman beberapa tahun di bidang keamanan siber.

Ini jurusan akreditasi terkait keamanan. Di sisi lain, CISM secara luas diproyeksikan terhadap individu yang tertarik untuk mengejar posisi manajerial di bidang teknologi.

Kesimpulan

Teknologi informasi mencakup semua aktivitas vital mulai dari urusan individu, perusahaan, lembaga pemerintah, dunia kedokteran, dan setiap entitas lainnya. Dunia tidak bisa eksis tanpa IT.

Teknologi informasi adalah bidang luas yang terus berkembang, memotong batasan perbatasan, dan menyediakan lapangan kerja bagi jumlah orang yang relatif besar.

Seringkali, dinding baru penemuan teknologi retak terbuka dan bidang ini menyebarkan signifikansi dan pergeseran di alam dengan demikian, menyerukan perlunya lebih banyak otak dan tangan di bidang TI.

Jika Anda telah memikirkan untuk menjadi seorang insinyur perangkat lunak atau kemungkinan untuk bergabung dengan bidang TI, sekarang adalah waktu terbaik bagi Anda untuk mengambil langkah dan mewujudkan pemikiran Anda.

Secara meyakinkan, jika Anda memutuskan untuk mengikuti salah satu sertifikasi untuk pengembang perangkat lunak, itu akan menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah Anda buat. Pentingnya menjadi pengembang perangkat lunak bersertifikat tidak dapat diremehkan.

Posting Komentar untuk "Profesi dan Sertifikasi Rekayasa Perangkat Lunak"